Beranda » Wisata Indonesia » 23 Tempat Wisata Lombok Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

23 Tempat Wisata Lombok Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

T Diposting oleh pada 6 Juni 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 96 kali

Wisata Lombok – Pulau ini merupakan salah satu surga wisata terindah yang ada di Indonesia, meskipun nama lombok island tidak se populer pulau tetangga (Bali) namun menurut saya destinasi wisata yang ada di Lombok lebih bagus daripada Bali karena masih terlihat sangat asri dan virgin seperti belum tersentuh oleh banyak orang, salah satu nilai plus dari Pulau Lombok adalah memiliki banyak tempat wisata selain pantai yang cukup banyak jadi kamu bisa mempunyai pilihan yang lebih banyak jika bosan dengan laut. Mulai dari Kabupaten Lombok Timur, Tengah, Barat, Utara, Selatan hingga Ntb Mataram semuanya memiliki potensi wisata yang tiada duanya dan menurut kami Lombok layak di jadikan primadona wisata yang wajib di kunjungi oleh semua traveller.

Memiliki daftar tempat wisata alam yang paling indah, terkenal, murah dan sangat banyak, oleh karena itu banyak backpacker dari berbagai daerah dari sabang hingga merauke rela mengunjungi Pulau ini. Saat perjalanan sebaiknya kamu membawa peta atau melihat goole maps agar tidak tersesat saat mencari tempat wisata. Kalau kamu naik pesawat sebaiknya kunjungi lokasi wisata yang ada di dekat bandara dulu. Berikut ini info destinasi wisata yang di rekomendasikan oleh tim Balazha untuk kamu jelajahi, mulau dari tempat wisata taman, candi prasejarah, pantai, gili dan berbagai lokasi menarik lainnya yang ada di daerah Lombok.

  1. Pantai Senggigi

Siapa yang tak kenal pantai yang satu ini. pantai yang sudah cukup terkenal di Lombok dan sekitarnya bahkan tak jarang pula orang- orang pulau jawa juga menganal pantai Senggigi ini. Letak pantai sengigi ini berada di bagian barat pesisir pulau Lombok. Hampir mirip dengan pantai Kuta yang ada di Bali, namun pantai sengigi ini tidak teerlalu besar. Keindahannya pun juga tak kalah oleh pantai kuta yang ada di bali. Hembusan angin yang kencang membuat ombak yang ada di sana sangat menarik namun saat tiba di pantai ombak tidak begitu besar karena terdapat beberapa batu karang yang ada di tengah- tengah laut. Selain menawarkan indahnya perpaduan pasir pantai dan air laut serta langit yang cerah, ada lagi keindahan yang di tawarkan kepada wisatawan yang datang, yaitu snorkeling. Bagi kalian yang suka menyelam memandangi dan bermain dengan biota laut kalian bisa coba untuk snorkeling di pantai senggigi ini. cukup aman kok buat yalian yang tidak terlalu mahir karena ombak disini tidak begitu besar dan patut untuk dicoba buat kalian yang senang menyelam.

  1. Gunung Rinjani

Gunung rinjani ini merupakan gunung merapi yang terbesar kedua yang ada di Indonesia. Letaknya ada di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian 3,726 mdpl terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT. Keindahan gunung ini menjadi favorit para pendaki local maupun pendaki mancanegara. Dan beberapa kisah yang ada pun membuat para pendaki dan wisatawan penasaran dengan rute dan perjalanan menuju puncak gunung rinjani ini.  Ada beberapa jalur pula saat ingin mendaki ke puncak gunung antaralain jalur Sembalun, Senaru, Timba Nuh, dan Torean. Diantara beberapa jalur tersebut terdapat jalur yang paling mudah dilewati dan memang menjadi rute perjalanan bagi para pendaki, jalur itu adalah jalur pendakian Sembalun. Jalur pendakian sembalun ini dapat dibilang mudah karena kalian akam melewati padang savanna, sangat penting untuk kalian menggunakan sunblock karena panasnya matahari semakin siang akan semakin panas namun jika semakin sore tidak terlalu panas. Disarankan membawa air secukupnya karena tidak semua pos penjagaan terdapat mata air. Saat tiba di puncak tidak akan ada kata- kata yang dapat mengungkapkan keindahannya baik di pagi hari, siang hari, sore hari, serta malam hari, pesona Gunung Rinjani selalu terlihat dengan megahnya. Ada lagi yang bisa kalian kunjungi selain menikmati puncaknya yaitu adanya segara anak. Untuk mencapai danau segara anak memerlukan waktu 8 jam dengan jalur Sembalun dan 7 jam dengan jalur senaru. Biasanya kegiatan berkemah, berendam air belerang, memancing ikan dilakukan di danau segara anak ini. dengan perjalanan dan waktu yang cukup menguras tenaga, kalian tidak akan pernah menyesal pernah melaluinya.

  1. Pantai Kutha

Tidak hanya di pulau Bali, Pulau Lombok pun juga mempunyai pantai kuta. Pantai ini terletak di selatan Pulau Lombok , pantai yang indah dengan hamparan pasir putih memikat hati dihiasi garis pantai yang bergelombang dengan panjang 7,2 km serta jajaran terumbu karang yang sehat membuat pantai ini lengkap untuk dinikmati. Adanya bukit yang bernama mandalika ini membuat pantai ini menjadi sempurna ditambah lagi cerita legenda dari bukit Mandalika ini. kalian dapat menaiki bukit ini dan menikmati pantai kuta dari atass bukit keindahan yang tiada tara dengan eloknya terumbu karang yang bisa kalian lihat dari atas bukit juga menambah eksotisme tempat ini. Lakukan snorkeling, berselancar atau sekedar bermain pasir dan air laut sekalian menantikan sunset yang akan hadir. Pantai ini cukup terkenal di Lombok dan sekitarnya maka tak kaget jika sudah ada penginapan di dekat pantai ini. jadi sudah tidak perlu cemas lagi jika berada di pantai ini karena sudah banyak fasilitas disana.

  1. Pantai Selong Belanak

Pantai selong belanak ini sudah menjadi salah satu pilihan destinasi yang dapat kalian kunjungi di pulau Lombok ini. Pantai Selong Belanak terletak sekitar 49 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Pantai selong belanak terkenal karena keindahan, keasrian serta kebersihan di daerah pantai. Garis pantai dari selong belanak ini berpentuk bulan sabit yang cukup panjang dengan bukut di ujung ujung sabit. Tepian pantai ini memiliki panjang sejauh 1 kilometer dan berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Disisi selatan pantai ini terdapat pemukiman penduduk, kurang lebih terdapat 40 keluarga nelayan yang tinggal di area pantai ini. jadi jika kalian ingin berenang sepertinya tidak begitu asyik karena banyak kapal- kapal nelayan yang lalu lalang di area pantai tersebut. Tapi jangan khawatir pergilah ke bagian utara pantai ini disana kalian bisa menikmati air beserta pasir dan ombak dengan puas karena tempat ini masih tergolong pantai yang sepi pengunjung. Karena pantai selong belanak ini merupakan pantai yang terkenal maka fasilitas di pantai ini juga sedah memadai seperti warung dan penginapan juga ada disana.

  1. Gili (Gili Trawangan, Gili meno, Gili Air)
  • Gili Trawangan

Ketiga gili ini berlokasi sama, ketiganya berjejer dan bersebelahan di laut yang sama. Gili trawangan ini merupakan gili yang pulaunya paling besar antara 3 gili yang ada. Gili Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya berada di atas permukaan laut cukup signifikan dengan panjang 3 km dan lebar 2 km. Sejarah gili trawangan ini dulunya adalah tempat pembuangan narapidana, karena pada saat itu penjara sudah penuh akirnya raja yang sedang berkuasa kala itu membuang 350 pemberontak ke pulau ini. namun akhirnya sekitar tahun 1970 pulau ini menjadi persinggahan orang bugis dari Sulawesi dan turun temurun tinggal disana bersama warga sasak dan bali.

  • Gili Meno

Gili ini berada diantara gili trawangan dan gili air dan bisa dibilang gili ini paling kecil karena hanya butuh 90 menit untuk dapat mengelilingi luasnya Gili Meno ini. jika berada di gili ini selalu merasa seperti pulau pribadi karena pulau ini sangat sepi. mobil ataupun motor tidak ada di Gili ini maka sudah dapat dipastikan bahwa pulau ini jauh dari polusi dan memiliki udara yang sangat alami dan asri. Meskipun sunyi gili ini di huni oleh kurang lebih 400 orang. Dan mayoritas orang yang tinggal disana menggunakan obor atau lilin untuk penerangan. Tapi di vila yang ada sudah menggunakan generator kok.

  • Gili Air

Gili Air ini letaknya paling dekat dengan pulau Lombok. Ketiga gili ini menyuguhkan keindahan pantai yang tiada tara. Wisatawan paling sering mengunjungi gili ini walaupun semua fasilitas yang disuguhkan di ketiga gili ini sama rata karena keindahannya pun sama. Kalian dapat snorkeling, berenang atau hanya menikmati pantai serta pasir putihnya. Lokasi Gili ini tepatnya teletak di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Biar adil, kunjungi semua gili ya dan nikmati semua keindahan yang disuguhkan di ketiga gili ini. ketiga gili ini memiliki pemandu wisata kok agar kalian tidak kebingungan saat disana.

  1. Pantai Sekotong

Pantai sekotong ini memang tidak sepopuler dan terkenalnya pantai kuta dan pantai senggigi tapi keindahan yang disuguhkan di pantai ini tidak kalah cantik dengan kedua pantai tersebut. Lembutnya pasir putih dengan ombak yang pelan serta cerahnya langit biru yang menghiasi lengkap indahnya pantai ini.  daerah sekotong ini juga masih memiliki banyak pantai yang belum memiliki nama. Dan dari pantai sekotong ini kalian bisa melihat serta menyebrangi laut untuk berada di gili Nanggu.  Pantai ini cukup mudah dijangkau kok jika dari mataram, untuk dapat sampai ke pantai ini hanya memerlukan waktu sekitar dua jam dengan jarak tempuh sekitar 60 km aja. Nah kalo kalian nggak pake kendaraan pribadi, tenang aja ada angkot kok yang bisa nganter kalian sampe ke pantai sekotong ini. nikmati sunset dan sunrise ketika berada di pantai ini sinaran warna kuning yang cerah dengan latar belakang perbukitan hijau menambah keunikan pantai ini apalagi dengan adanya karang karang di tepian pantai.  Nikmati juga pemandangan biota laut di bawah air pantai sekotong, karena biota laut disini memang dibududayakan oleh Balai Bududaya Laut di Lombok atas wewenang Direktorat Jendral Perikanan Budidaya. Yuk ikut menjaga dan melestarikan biota biota laut dengan tidak membuang sampah sembarangan.

  1. Air Terjun Sendang Gile

Nah selain pantai kuta, pantai senggigi serta ketiga paket Gili tadi masih ada juga tempat yang menjadi spot terbaik buat kalian yang ingin wisata di Lombok. Salah satunya adalah Air Terjun Sendang Gile. Nikmati suara gemuru air terjun serta cipratan- cipratan air yang membasahi tubuh dan dapat menenangkan pikiran setelah banyak bekerja selama sepekan. Letak air terjun sendang gile ini tepatnya berada di kecamatan Bayan daerah Kabupaten Lombok Utara. Air terjun yang mengalir disini terasa murni dan sejuk karena berasal dari mata air Gunung Rinjani. Untuk dapat mengunjungi tempat ini hanya diperlukan waktu selama 3 jam perjalanan dari kota Mataram karena jaraknya kurang lebih 60 km saja. Asal muasal nama Sendang Gile ini adalah ketika tidak sengaja seorang warga mengejar seekor singa gila yang meresahkan kampung. Lalu kemudian mereka menemukan air terjun nan indah ini kemudian mereka menamakan air terjun ini dengan Sengang Gile namun lama kelamaan pelafalan Sengang Gile menjadi Sendang Gile, mungkin agar lebih mudah kali yaa hehehe. Cobalah diam di bawah guyuran air terjun ini mungkin awalnya sakit namun lama kemalaan pasti kalian akan merasakan enaknya pijatan alami dari jatuhnya air ini, dan nikmatnya akan membuat lelah perjalanan kalian terbayar lunas disana. karena selain pemandangan air terjun yang segar sekeliling air terjung yang berupa tebing serta hutan begitu hijau nan sejuk menambah kenyamanan yang tak terlupakan.

  1. Batu Bolong Lombok

Pulau Lombok kini terkenal sebagai pulau dengan keindahan bahari dan tempat wisata bernuansa alam yang memukau. Pulau ini di dominasi masyarakat hindu dan suku sasak. Suku sasak memang mayoritas beragama muslim, namun suku sasak ini tak pernah meninggalkan tradisi dan khasnya suku mereka. Salah satu tradisi yang masih dianut sampai kini adalah Wettu Telu yang diperuntukkan Dewi Anjeni. Dewi Anjeni ini dipercaya sebagai penunggu gunung rinjani. Sedangkan masyarakat hindu sendiri selalu kental dengan agamanya, salah satu tempat beribadah masyarakat hindu ini sendiri ada di Pura Batu Bolong. Pura batung bolong di lombok memiliki desain bangunan suci yang relatif sama dengan bangunan suci di Bali. Menurut umat hindu di pulau Lombok ini, beribadah di Pura Batu Bolong memiliki keunikan tersendiri karena para umat hindu dapat merasakan ketenangan jiwa dengan berdoa sambil mendengar suara deburan ombak yang datang silih berganti menghantam karang. Pura batu bolong ini sendiri sangat dijaga kesuciannya, untuk itu bagi para wisatawan yang ingin masuk ke kawasan Pura diharuskan untuk menggunakan kamen, yaitu sebuah kain yang di gulungkan dari pinggang hingga ke kaki yang mirip sebuah rok. Kamen ini merupakan pakaian adat ke pura yang wajib digunakan oleh setiap orang yang masuk ke kawasan pura baik pria maupun wanita. Dan khusus untuk kaum wanita, sangat dilarang memasuki kawasan pura jika mengalami halangan (datang bulan) untuk menjaga kesucian pura. Salah satu yang tidak boleh sama sekali kalian lewatkan jika berada disini adalah suasana sunset yang dapat kita lihat secara langsung dari sini batu bolong. Tepat di sore hari, menjelang matahari mulai menenggelamkan dirinya, warna langit akan mulai berubah menjadi orange kemerah-merahan. Disituasi itulah para wisatawan akan berlomba lomba mengabadikan keindahan alam. Untuk menuju ke Pura Batu Bolong ini, kalian hanya perlu menumpang ojek dari mataram dengan jarak tempuh hanya sekitar 12 Kilometer.

  1. Batu Layar Lombok

Batu layar, salah satu desa yang ada di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Batun layar ini juga salah satu destinasi wisata religi. Terdapat satu makam yang ada di desa batu layar ini makam tersebut adalah makam seorang pemuka agama Islam di Lombok yakni Sayid Duhri Al Hadad Al Hadrami. Beliau adalah pemuka agama Islam di pulau Lombok, khususnya desa Batu Layar, memang bukan jasadnya yang dimakamkan, tapi makam disini hanya menunjuk tempat dimana beliau pernah singgah di desa batu layar ini. Beliau adalah seorang tokoh penyebar agama Islam dan pernah tinggal di Lombok ini namun tidak dalam waktu lama karena beliau harus menyelesaikan misinya. Catatan yang penting adalah jangan sampai warisan budaya pulau Lombok ini yang awalnya menjadi tempat ziarah disalah gunakan untuk tempat tiyarah. Di dekat makam batu layar ini juga terdapat pantainya loh, pantai ini pun masih jadi satu lokasi di daerah batu layar. Untuk pantai ini sediri sebenarnya bukan termasuk salah satu tujuan wisata favorit di Lombok, karena di pinggir pantai merupakan padat pemukiman penduduk yang mayoritas warganya bermata pencaharian menjadi seorang nelayan. Tak salah juga menjajal indahnya pantai ini sembari kalian berwisata religi ke makam batu layar. Menikmati ombak dan sunset juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang dapat kalian lakukan seusai berziarah.

  1. Pantai Pink

Pesona pulau Lombok emang nggak ada duanya. Biasanya kita ke pantai akan hanya menemukan pasir pantai yang berwarna putih, coklat atau hitam, tapi tidak jika kalian ke Lombok. Lombok punya pantai yang istimewah dengan pasir pantainya yang berwarna Pink. Pantai ini lebih sering disebut dengan pantai ping, walaupun sebenarnya nama pantai ini adalah pantai Tangsi. Pantai ini terletak di Desa Sekaroh, kecamatan jerowaru, Lombok timur. Sebenarnya pantai ini sama seperti pantai pada umumnya yang memiliki pasir pantai berwarna putih, namun pasir pasir disini  bercampur dengan serpihan serpihan terumbu karang yang halis dan berwarna kemerahan, makanya pasir di pantai ini seperti memiliki pasir yang berwarna pink. Dan lagi warna pink ini akan terlihat lebih jelas ketika terkena air laut apalagi dengan cuaca yang yang sangat cerah. Selain pasir berwarna pink yang khas, pantai ini juga memiliki keindahan lain. Pantai ini memiliki panjang sekitar 1,5 Km dengan luas bibir pantai 6 meter dengan di kelilingi perbukitan yang membentuk teluk-teluk kecil dan di lautnya terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang di sebut gili. Wisatawan yang datang ke Pantai Pink ini dapat melakukan banyak kegiatan, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan air seperti snorkeling, memancing, dan menyelam. Untuk snorkeling kalian harus membawa perlengkapan sendiri, karena tidak ada yang menyewakan peralatan. Selain bermain air kalian juga dapat menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi gugusan pulau-pulau kecil yang berjarak hanya 2 km dari tepi pantai dan tidak jauh dari sekitaran pantai, dan dapat pula menjelajahi goa peninggalan Jepang.

  1. Bukit Malimbu

Jika kita berkunjung ke Pulau Lombok, memang ada banyak tempat untuk menikmati pemandangan sunset atau sunrise setiap harinya. Namun Bukit Malimbu juga bisa menjadi pilihan utama kalian untuk menikmati pemandangan sunset di Pulau Lombok. Bukit Malimbu merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat yang berjarak kira-kira 24 kilometer dari kota Mataram, jika di waktukan kurang lebih hanya perjalanan satu jam dengan menggunakan mobil. Bukit Malimbu terletak sekitar 24 Kilometer dari pusat Kota Mataram, atau sekitar 10 Kilometer sebelah Utara Pantai Senggigi. Jalan untuk mencapai bukit ini cukup juga menantang, sehingga kalian akan menempuh perjalanan sekitar 45 Menit dengan kendaraan pribadi. Bukit Malimbu sebenarnya hanyalah sebuah tikungan kecil, namun di Bukit Malimbu kita disajikan dengan berbagai hamparan panorama indah diantaranya adalah Gunung Agung Bali dan Pantai Gili yang terlihat dari kejauhan, dan Pantai Malimbu di bawahnya. Perpaduan sempurna antara gunung, pantai, dan pepohonan rindang. Tapi hanya satu yang indah adalah adanya panorama warna jingga yang semburat di langit, keindahan garis pantai Senggigi jelas terlihat dari puncak bukit Malimbu. Nikmati bukit malimbu ini bersama teman, pacar atau keluarga kamu. Tak akanada duanya jika kalian bisa singgah di tempat ini. karena saat kalian memesan paket tour wisata bukitmalimbu ini akan selalu ada dan hadir disetiap list paket liburan.

  1. Bukit Pergasingan

Bukit pergasingan memiliki ketinggian 1670 mdpl, di bukit pergasingan ini menawarkan pemandangan kotak-kotak sawah desa sembalun yang berwarna warni. Selain sawah desa sembalun, kita akan melihat gunung rinjani berdiri kokoh didepan mata, ditambah lagi sunrise di puncak bukit pergasingan juga tak kalah indahnya. Di bukit pergasingan ini para pendaki melakukan Pendakian Bukit Pergasingan dengan menempuh perjalanan dalam dua hari satu malam perjalanan. Idealnya para pendaki mengejar matahari terbit di ufuk timur yang langsung muncul dari arah laut. Pendakian umumnya dimulai ketika dini hari pukul 02.00 WITA dan tiba sebelum fajar menyingsing. Setiap pegunungan atau perbukitan di beberapa daerah harusnya memeliki izin atau pemandu agar tidak menimbulkan suatu keadaan yang tidak diinginkan. Untuk perizinan dan pemandu pendakian di bukit pergasingan ini, pendaki dapat menghubungi komunitas lokal yaitu Pusat Pengembangan Masyarakat Sembalun. Bukit pergasingan ini memang satu lokasi dengan gunung rinjani, makanya jika kalian berada di bukit pergasingan ini kalian dapat melihat gunung rinjani dari dekat. Jika kalian ingin menikmati sunrise di bukit pergasingan ini kalian harus menyiapkan tenaga yang ekstra, karena setelah kalian menaiki kendaraan umum atau kendaraan pribadi agar dapat sampai ke bukit maka kalian juga harus menaiki 70 anak tangga untuk mencapai spot foto atau pemandangan Rinjani pertama hingga kalian mencapai puncak bukit pergasingan. Jadi jika kalian merupakan anak pendaki kalian pasti akan bahagia saat berada disana, walaupun kalian seorang pendaki pemula pun juga pendakian ini bisa jadi referensi jika kalian ingin mendaki.

  1. Pantai Semeti

Pantai semeti adalah pantai berpasir putih sama seperti Pantai Kuta Lombok, namun ada beberapa yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya yakni diantaranya adalah bebatuan karang dan birunya air laut menjadi salah satu daya pikat bagi para wisatawan lokal maupun asing. Di pantai ini terdapat hamparan batu karang yang luas membuat kita akan berlama-lama karena kita akan fokus mencari binatang-binatang laut yang tersesat di antara batu karang tersebut sungguh kegiatan yang mengasyikan bukan. Selain nikmatnya bermain pasir dengan air yang datang dari ombak, kita juga dapat menikmati akuarium alam di pantai semeti ini. Akuarium alam yang dipenuhi oleh terumbu- terumbu karang dengan ikan- ikan kecil yang selalu menemaninya. Begitu ombak besar datang, maka akuarium akuarium itu penuh dengan air laut. Kemudian air laut keluar melewati celah- celah akuarium alam itu. ikan- ikan kecil pun berhamburan bercampur dengan busa-busa ombak. begitu busa-busa itu menghilang, nampak ikan-ikan kecil yang berenang di Akuarium alam. Untuk menuju ke Pantai Semeti Lombok, dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dari jantung kota Mataram. Jalanan yang dilalui pun masih tergolong kurang layak karena di penghujung jalan hanya berbentuk jalanan tanah dan tidak lebih bagus dari jalan menuju Pantai Mawi di sebelahnya. Tidak ada penduduk yang bermukim di dekat pantai ini, sangat sepi dan masih perawan nan alami, benar-benar seperti syurga yang ada di bumi.

  1. Air Terjun Mangku Sakti

Air terjun mangku sakti, menurut warga sekitar asal mula nama air terjun mangku sakti ini adalah dahulu kala ada seorang mangku bernama titi kastura yang bertugas menjadi juru kunci dikaki gunung rinjani. Pada waktu itu warga menjulukinya dengan nama mangku gunung yang dalam bahasa indonesia berarti penjaga gunung. Mangku gunung tersebut ditemani oleh seekor kuda yg oleh warga sekitar kuda tersebut bernama kuda sembrani. Kemudian setelah mangku tersebut meninggal, warga menemukan sebuah air terjun di kaki gunung rinjani di desa sajang, sebuah air terjun ini  kiri kanannya di apit oleh bebatuan. Konon, saat warga menemukan air terjun tersebut, di sisi kiri air terjun yang tersusun oleh bebatuan membentuk sebuah wajah, yang tak lain oleh para warga sekitar diyakini sebagai wajah sang mangku, oleh karena itu air terjun tersebut kemudian di namakan sbg air terjun mangku sakti. Air terjun mangku sakti ini ada di sembalun, jika ingin kesana kalian cukup ke arah gunung rinjani dengan rute sembalun. Setelah kalian ada di rute sembalun untuk menuju rinjani, kalian akan ditukukan oleh beberapa papan petunjuk agar dapat sampai ke tujuan. Air terjun ini hanya setinggi 40 m dengan kanan da kiri air terjun adalah bukit bukit. Aliran air dari air terjun ini berwarna hijau toska dengan berbagai batu batu besar yang berserakan tak beraturan dialiran sungai tersebut. Warna air yang hijau toska membuat beberapa bebatuan dan dasar sungai berwarna kekuningan. Pasalnya air terjun ini mengandung belerang. Walaupun mengandung belerang namun air terjun ini juga masih bisa kalian buat berenang dan hebatnya belerangnya bisa dibuat luluran hehe.

  1. Air terjun benang kelambu

Air Terjun Benang Kelambu adalah air terjun yang paling terkenal di Pulau Lombok. Wisata alam air terjun ini berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Disebut dengan nama Air Terjun Benang Kelambu karena airnya menyerupai kelambu sangat tipis dan lembut, sehingga gemericik air yang dihasilkan tidak terlalu bising, air yang jatuh menyerupai tirai yang dalam bahasa setempat dinamakan kelambu. Air Terjun ini merupakan tetangga dari Air Terjun Benang Stokel. Air terjun benang kelambu ini terjun seolah olah keluar dari rimbunan tumbuhan. Sumber air terjun ini berasal dari mata air yang keluar langsung dari celah celah tebing. Dan tebing tebing itu subur ditumbuhi oleh tumbuh tumbuhan yang rimbun, maka jika dilihat air terjun ini seperti keluar dari kerumunan tumbuhan. Air terjun benang kelambu ini memiliki 4 tingkat dan yang paling tinggi hanya sekitar 40 meter dan yang paling rendah sekitar 5 meter saja. Rasakan segarnya pijatan lembut yang berasal dari jatuhnya air, air tersebut terasa segar dan dinginnya akan semakin terasa karena adanya tumbuhan tumbuhan disekeliling kita. Air terjun ini yang berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Untuk berkunjung ke tempat wisata ini tidak terlalu sulit dan dapat ditempuh sekitar 30 km dari Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  1. Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun tiu kelep ini masih bertetangga dekat dengan air terjun sendang gile. Air terjun tiu kelep ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dengan sumber airnya berasal dari Danau Segara Anak di puncak gunung Rinjani. Nama Air terjun tiu kelep ini berasal dari bahasa sasak, yaitu bahasa yang digunakan sehari hari di Lombok dengan arti kata tiu adalah kolam sedangkan kelep berarti terbang. Jika diterjemahkan dengan kata kata untuk lebih memahaminya tiu kelep ini mempunyai arti kolam tempat bui bui air berterbangan. Karena pada saat-saat tertentu,butiran air yang berterbangangan ini mamunculkan pelangi diujung air terjun. Air terjun tiu kelep ini memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat tingkat. Terjunan air di tiu kelep ini cukup deras dan besar dengan kolam yang terbentuk di bawahnya yang tidak begitu dalam hanya sepinggang orang dewasa. Dasar kolamya pun lembut, jadi kalian bisa menikmati berenang di kolam itu. Oh iya, di air terjun ini juga memiliki mitos lhoo dari jaman kejaman, mitos itu adalah jikalau mandi di air terjun ini akan menyebabkan awet muda. Percaya gak percaya ya, tapi kalian bisa coba sendiri untuk berendam di kolam air asal terjunnya tiu kelep.

  1. Gunung Tunak

Lombok memang jadi wisata penuh makna, gimana tidak hampir semua wisata alam yang dimiliki Lombok punya keindahan yang sempurna. Hampir semua wisatanya menyediakan syurga dunia yang patut untuk di jelajahi. Tapi buat ke surga itu emang gak ada yang gampang, semua harus melewati berbagai proses kesulitan sama halnya kalo kita lagi berwisata, mungkin emang seluruh perjalanan bikin suram,cape dan hampir nyerah. Tapi kalo kita uda sampe ke tujuan keindahannya tuh sampe ga bisa diungkapin pake kata kata. Salah satunya ya di Lombok ini, tepatnya di gunung tunak. Namanya saja sudah gunung bisa dibayangin kan gimana repotnya mendaki. Tapi gunung tunak nggak senyeremein itu kok, ya memang diawal kalian akan disuguhi oleh jalan jalan setapak, kemudian kalian disuguhi juga oleh pemandangan padang rumput yang hijau, hingga sampe sampe kalian akan menikmati indahnya pantai unak disana. sebenernya gunung tunak ini lebih berkesan seperti bukit, tapi tempat ini memang termasuk lokasi wisata alam gunung. Nah kalo kepuncaknya nih kalian kudu tracking atau yaa mendaki tipis tipis lah yaa hehehe. Karena keindahan itu juga gak cukup kalo harus kalian nikmati gutu aja dengan mudahnya hehe. Taman Wisata Alam Gunung Tunak yang sungguh sangat indah ini berlokasi di Dusun Tunak, Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Bagi kalian yang ingin menelusuri keindahan yang ditawarkan oleh Taman Wisata Alam yang satu ini kalian  bisa menggunakan kendaraan bermotor baik motor ataupun mobil menuju ke lokasinya hanya dalam waktu 2 jam saja.

  1. Pantai Tebing

Pantai Tebing terletak di Dusun Luk Desa Sambik Bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, tepatnya ada di belakang SMPN 2 Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Namanya aja udah pantai tebing, so pantai ini dikelilingi oleh tebing tebing tinggi. Tingginya tebing tebing disana mencapai 20 hingga 25 meter. Jika kalian mengendarai motor dari kota Mataram, maka dapat diperkirakan kurang lebih 1,5 jam untuk dapat sampai ke lokasi pantai Tebing Lombok. Namun sedikit disayangkan, belum ada penginapan di sekitar sana. Padahal hotel di Lombok cukup banyak. Oh iya, Jika kalian berangkat dari kota Mataram, ada dua jalur yang bisa kalaian lalui nih, yang pertama adalah melalui jalur Pusuk, tentu saja di jalur ini kalian akan ditemani dengan suasana hijau. Dan yang kedua melalui jalur Senggigi, tentu saja kalian bisa memanjakan mata dengan panorama yang sangat cantik. Menikmati pesisir pantai, birunya laut, gulungan ombak. Dari jalur ini tentu saja bisa melihat 3 Gili cantik yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan dari kejauhan. Hijaunya perbukitan juga memanjakan mata, kontras sekali antara laut dan bukit dalam satu frame perjalanan. Hamparan bukit, petakan sawah, dan tentu saja juga rindangnya pepohonan. Dari beberapa informasi dikatakan bahwa tebing kapur putih yang ada di pantai tebing ini merupakan “monumen” dari letusan gunung Samalas atau gunung Rinjani Tua atau yang sekarang dikenal sebagai gunung Baru Jari.

  1. Sumber Air Panas Aik Kalak

Aik Kalak adalah nama dari sumberair panas di daerah pegunungan rinjani. Nama Aik Kalak bukanlah nama asing bagi sebagian besar masyarakat pulau Lombok, aik kalak yang berarti air mendidih adalah Sumber air panas tersebut dipercaya bahwa dulunya merupakan merupakan pemandian dari Jayengrana. Jayengrana merupakan tokoh utama dari pewayangan yang popular dikenal dikalangan Gumi Sasak. Sesuai namanya yang berarti tempat untuk mencelupkan kaki, kolam ini biasa digunakan untuk berendam. Airnya yang mengepulkan uap hangat dikenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain encok dan penyakit kulit. Warga sekitar yakin berendam di Aik Kalak bisa menajamkan kelima panca indera, menyejukkan jiwa, serta menjadikan awet muda. Mereka bahkan membuat obat tradisional dari air di sini. Air panas yang berkhasiat dicampurkan dengan santan kental dan jadilah Siu Satunggal, minyak mujarab yang mampu menyembuhkan seribu macam penyakit.

  1. Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun sebenarnya memiliki pesona yang cukup memadai untuk menjadi tempat wisata pantai. Pantai di Pulau Lombok ini merupakan bagian dari teluk. Garis pantainya berbentuk seperti tapal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat. Pantainya juga berpasir putih, serta bertekstur lembut di pantai bagian tengah. Sedangkan di bagian sisi Barat, pasirnya bertekstur lebih kasar dan bercampur dengan pecahan karang. Pantai Mawun terletak sekitar 60 Kilometer dari Kota Mataram. Lokasi Pantai Mawun sungguh cukup tersembunyi juga cukup jauh kalau mesti ditempuh dari kota Mataram. Kalian bisa mengunjungi Pantai Mawun dengan kendaraan pribadi, kira- kira sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Kalian bisa menempuh rute Mataram- Cakranegara- Kediri- Praya- Penujak- Selong Belanak- Mawun, atau rute Mataram- Cakranegara- Kediri- Praya- Batunyale- Sengkol- Rambitan- Sade- Kuta- Mawun. Karakteristik ombak yang ada di Pantai Mawun memang tidak terlalu besar, hal tersebut sebab pantai itu ada di sebuah teluk pada akhirnya ombak besar tak sampai pada tepi pantai. Pantai Mawun Lombok juga merupakan pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan panorama alam yang sangat menakjubkan dengan air laut yang sangat jernih berwarna biru dan ombak yang sangat tenang. Jika kalian ingin berenang di pantai ini juga tidak ada larangan namun waspada cukup perlu apa lagi mengingat air laut ini menjorok kedalam. Dan tepian pantai pun hampir tak kerlihat. Tapi mungkin sebaiknya tidak berenang namun hanya main air saja untuk melepaskan penat kota.

  1. Pantai Seger

Pantai pantai di Lombok ini memang tak ada duanya. Salah satunya adalah pantai seger, dimana kalian akan merasakan segar saat ada di pantai ini. pantai ini berdekatan dengan pantai kuta Lombok, hanya sekitar 15 menit menyusuri jalan kalian akan mendapati pantai ini. Di salah satu sudut pantai ini terdapat monumen Putri Mandalika, seorang putri yang merupakan cerita legenda Suku Sasak (Suku yang mendiami pulau Lombok). Seperti pantai pantai lainnya di Lombok bagian utara, pantai ini juga masih sangat asli dan sangat minim pengunjung. Tak hanya pemandangan alamnya yang masih asri nan indah, tapi kita juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Seperti aktivitas pantai lainnya, kita bisa bisa melakukan berbagai aktivitas pantai tersebut di pantai seger Lombok ini, seperti berjemur, berenang, selancar dan tentunya kita bisa melihat matahari tenggelam. Pantai Seger adalah sebuah pantai yang masih alami dan unik karena selain berpasir putih dan memiliki panorama perbukitan khas pantai-pantai Lombok tengah bagian selatan, pantai ini juga menampilkan panorama batu karang yang menyembul dari tengah laut yang kerap kali disebut dengan Batu Tengkong (batu jamur) yang dapat di capai oleh pengunjung saat air laut surut. Dan dari mitosnya putri mandalika hingga Pantai Seger dikenal oleh masyarakat Lombok Tengah sebagai tempat melompatnya sang Putri Mandalika yang kemudian diyakini menjelma menjadi Nyale (cacing). Setiap bulan Februari, tepatnya tanggal 20 dalam penanggalan sasak kuno, masyarakat Lombok akan berbondong-bondong memadati Pantai Seger untuk menangkap nyale. Ritual tiap tahun ini dikenal dengan istilah “Bau Nyale”.

  1. Pantai Surga

Pantai Surga ini terletak di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, berdekatan dengan Teluk Ekas. Pantai Surga Lombok terletak sekitar 72 Kilometer dari Kota Mataram. kalian bisa mencapai pantai surga dengan menggunakan kendaraan pribadi, dengan lama perjalanan kira kira sekitar 1,5 jam. Tapi kalo kalian tidak menggunakan pribadi, kalian akan kebingungan, soalnya kendaraan umun belum tersedia yang langsung menuju pantai surga ini. Dari namanya saja sudah pantai surga, tak mampu membayangkan bagaimana keindahannya kan. Berada di ujung teluk, Pantai Surga Lombok relatif terpencil letaknya. Namun pesonanya melebihi pantai-pantai yang ada di Pulau Lombok. Pantai ini diapit oleh dua tebing yang tinggi, sedangkan pantai utamanya terletak tepat diengah-tengah dua tebing tersebut. Pantai Surga membentang tak lebih dari 600 Meter. Bentuknya seperti huruf U, dengan tepi pantai yang keseluruhannya tertutup oleh pasir putih. Kalian bisa menikmati pantai ini dengan beberapa kegiatan seperti bersantai, bermain pasir, hingga istirahat di gazebo/ berugak dan menikmati indahnya pantai dari ketinggian, tapi nggak Cuma itu kalian bisa nikmati pantai ini karena kalian bisa selancar. Banyak peselancar yang akan ada disana apa lagi pada bulan juli karena ombak dibulan sangat cantik.

  1. Tanjung ringgit

Tanjung ringgit, terletak di wilayah Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Tanjung Ringgit terpisah sejauh 85 Kilometer dari Kota Mataram. Untuk dapat ke tanjung riggit ini kalian harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umun yang bisa kalian tumpangi untuk dapat menuju tanjung ringgit ini. Letak tanjung ringgit ini sesudah Pantai Tangsi (pink), karena memang arah. Untuk melalui jalan disana kalian tak perlu khawatir karena jalanannya masih kondusif dilalui kendaraan. Tak perlu juga takut tersasar, karena jalannya hanya satu jalur saja (tidak bercabang) dan mentok di Tanjung Ringgit, karena memang lokasi ini merupakan ujung daratan bagian tenggara Lombok. Pemandangan yang indah di tanjung ini akan melengkapi liburan kalian. Selain keindahannya tanjung ringgit ini, di kawasan ini juga terdapat beberapa situs peninggalan tentara Jepang jaman perang dunia II dulu. Tak jauh kok dari rambu suar pintu masik tanjung ringgit ini jaraknya hanya kira kira 500 meter tapi kalian harus mencarinya dengan berjalan kaki setelah menyusuri jalan utama karena blm ada marka yan bertanda disana. Adapun peninggalan yang ada antara lain  ada beberapa Meriam yang tersebar, ada pula sebuah goa peninggalan jepang juga dapat kalian temui dibalik meriam tersebut. Namun goa ini ditutup untuk menghindari hal hal yang tidak dinginkan karena konon katanya goa tersebut dikenal panjang bahkan bisa menembus hingga ke mulut goa lainnya yang letaknya di tebing bawah dekat laut.

Belum ada Komentar untuk 23 Tempat Wisata Lombok Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 23 Tempat Wisata Lombok Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

Obyek Tempat Wisata Semarang Romantis

24 Tempat Wisata Semarang dan Sekitarnya Yang Terbaru + Romantis

T 5 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata Semarang – Travelling Yuk Bos! Kalo udah jalan – jalan rasanya semua jadi menyenangkan, oiya ngomongin soal traveling ternyata sekarang ada banyak tempat wisata di kota Semarang Jawa Tengah dan sekitarnya yang terbaru, lagi hits, plus romantis pastinya. Ada... Selengkapnya

Tempat Wisata Malang Batu dan Sekitarnya Yang Terbaru Murah dan Gratis

24 Tempat Wisata Malang Batu Yang Terbaru Gratis & Murah

T 3 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata Malang – Liburan adalah salah satu hal yang paling di tunggu oleh semua orang baik itu anak – anak, remaja, orang dewasa, hingga abg tuapun juga suka kalo udah denger kata holiday. Apalagi kalo liburannya di tempat yang adem... Selengkapnya

Info Tempat Wisata Lembang Bandung Yang Terbaru & Murah

23 Tempat Wisata Lembang Bandung Yang Terbaru & Murah

T 8 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata Lembang – Hai gaes kali ini kami akan sedikit membahas sedikit lokasi yang sangat menarik, kali ini tim Balazha akan memberikan info tempat wisata di kota Lembang Bandung Jawa Barat yang terpopuler, terbaru, paling romantis, paling bagus untuk spot... Selengkapnya

+ SIDEBAR

About Us

Tentang Kami Balazha.com merupakan sebuah situs dari perusahaan Tour & Travel yang menyediakan Paket Wisata, Sewa Mobil, Sewa Bus, Sewa Motor, Sewa Penginapan, Catering dan berbagai hal yang berhubungan dengan Travelling (Liburan). Saat ini kantor pusat Balazha.com berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga & orang - orang terdekat silahkan hubungi team kami untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mempermudah proses liburan anda. Selengkapnya Tentang Kami.

Contact Us

Halo buat kamu yang ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak kami di bawah ini, untuk pemesanan berbagai layanan Balazha.com juga bisa melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Ada pertanyaan khusus seputar Kerjasama & layanan kami? Jangan pernah sungkan untuk kontak kami sekarang juga, karena team kami sangat senang sekali membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan Balazha Indonesia secara online. Lihat Kontak Kami.