Beranda » Wisata Indonesia » 24 Tempat Wisata Semarang dan Sekitarnya Yang Terbaru + Romantis

24 Tempat Wisata Semarang dan Sekitarnya Yang Terbaru + Romantis

T Diposting oleh pada 5 Juni 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 203 kali

Wisata Semarang – Travelling Yuk Bos! Kalo udah jalan – jalan rasanya semua jadi menyenangkan, oiya ngomongin soal traveling ternyata sekarang ada banyak tempat wisata di kota Semarang Jawa Tengah dan sekitarnya yang terbaru, lagi hits, plus romantis pastinya. Ada berbagai macam destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi saat pagi, siang hari hingga malam hari. Mulai dari Objek wisata alam, edukasi, kuliner hingga wisata adrenalin. Semua sangat beragam karena kota Semarang Barat ini memiliki potensi atau daya tarik tersendiri. Kalo kamu naik kereta kamu bisa mencari lokasi wisata yang ada di dekat stasiun kabupaten Semarang, karena memang letak obyek wisata yang terdekat di daerah stasiun memang cukup banyak, untuk alamatnya detilnya silahkan kamu search di google maps. Beberapa rekomendasi wisata ala Balazha yang wajib kamu kunjungi adalah sebagai berikut.

  1. Lawang Sewu

Lawang Sewu ini termasuk salah satu dari gedung-gedung bersejarah peninggalan belanda di Semarang, Jawa Tengah. Bangunan ini berlokasi di Komplek Tugu Muda Jl Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang. Lawang sewu ini termasuk bangunan yang ikonik di Semarang, bangunan ini mempunyai dua menara kubah yang menjulang dan membuat bangunan ini terlihat mewah, indah dan megah. Disebut lawang sewu karena bangunan ini mempunyai banyak pintu yang konon katanya pintu pintu didalam gedung berjumlah seribu. Tapi jika ingin menghitungnya dengan benar maka hanya akan terdapat 600 pintu saja disana, namun karena jendela jendela yang besar khas bangunan belanda ini lah yang bisa dihitung pula untuk menggenapi jumlah kekurangan pintu. Bangunan Lawang Sewu ini sangat terkenal dengan sejarahnya yang misteri. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai dibangun oleh pemerintah colonial belanda pada tahun 1907. Bangunan ini sebenarnya difungsikan sebagai kantor swasta milik Belanda. Pada saat Jepang menguasai Semarang tahun 1940an bangunan ini berubah fungsi menjadi tempat istirahat tentara jepang sedangan ruang bawah tanah di bangunan ini difungsikan untuk lading pembantaian penduduk pribumi. Kekejaman tentara jepang yang telah menyiksa dan membantai pemuda-pemuda saat itu lah yang membuat bangunan ini menjadi saksi bisu. Kisah kisah misteri ini lah yang menjadi daya tarik Lawang Sewu. Sudah kah anda mengunjungi bangunan ini? jika belum kunjungilah saat anda mampir ke Semarang.

  1. Simpang Lima Semarang

Salah satu wisata malam yang bisa dikunjungi di Semarang adalah Alun Alun Simpang lima semarang. Lapangan simpang lima INI merupakan pertemuan dari 5 JALAN YANG menyatu YAITU JL PANDANARAN, jl ahmad yani, jl gajah mada, dan JL dahlan. Selain bisa nongkrong dan berfoto ria diarea ini, beberapa musim akan ada pasar rakyat yang diselenggarakan disana. jika saat anda berkunjung tidak menjumpai pasar rakyat jangan khawatir karena masih ada para pedagang pedagang yang menjajakan dagangannya dekat dengan alun alun simpang lima ini. alun alun simpang lima ini memiliki fungsi yang cukup banyak dengan seiring berjalannya waktu antara lain seperti tempat upacara, taman rekreasi, tempat diadakannya pertunjukan, hingga adanya pasar pasar rakyat yang diselenggarakan pada waktu waktu yang sudah di tentukan. banyaknya acara-acara yang sering diadakan di alun-alun ini yang membuat tempat ini semakin menjadi tempat nongkrong yang paling populer di semarang. karena memang fungsi awal simpang lima ini adalah pusat keramaian kota semarang maka banyak orang yang memanfaatkan itu dengan cara membuka banyak tempat perbelanjaan di sekitaran sana yang membuat para wisatawan yang datang semkin tertarik. jadi bagi kalian yang mau mencari oleh oleh dari semarang mungkin kalian bisa berkeliling tempat ini untuk mencari oleh oleh atau hanya sekedar berfoto ria sebagai kenang kenangan dari kota semarang.

  1. Kota Lama Semarang

Semarang juga mempunyai sejarah dan budaya yang masih kental di junjung dan dijaga kelestariannya oleh warga semarang. Salah satunya adalah Kota Tua Semarang. Di Kota Tua ini dulunya adalah sentra perekonomian, budaya, dan pusat pemerintahan pada zaman hindia belanda. Dari zaman dahulu semua etnis hidup dalam satu kesatuan bisa dilihat dari bagian utara kota lama terdapat kampung melayu yang merupakan basis agama islam adapun peninggalannya adalah Masjid Menara yang masih berdiri hingga saat ini. Pada bagian barat terdapat kawasan Jawa Islam adapun peninggalannya adalah Masjid Kauman Semarang. Untuk sisi bagian selatan terdapat pemukiman China yang sering disebut kawasan Pencinaan. Dan pada bagian dalam kota lama berdiri bangunan yang sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai Gereja Blenduk dengan desain bangunan yang sangat megah. Bagi anda yang mengunjungi Semarang, mampirlah ke Kota Lama Semarang.  Terdapat spot spot menarik yang dapat anda abadikan sebagai kenang kenangan anda telah berkunjung ke semarang. Adapun spot spot yang menarik untuk di kunjungi antara lain Gereja Bleduk dimana bangunan ini berusia lebih dari 200 tahun dan telah menjadi ikon di Kota Semarang. Stasiun Tawang berada tepat di jalan taman tawang. Pabrik Rokok Praoe Layar, pabrik ini masih aktif hingga sekarang letaknya berada di kawasan Polder yang berlokasi di jalan Merak kawasan Kota Lama Semarang. Dan area tengah kota lama dimana jika anda menyukai fotografi kurang lengkap jika anda kesemarang tidak mampir ke kawasan ini yang letaknya tepat pada perempatan jalan antara jalan Garuda, Glatik dan Jendral Soeparto.

  1. Klenteng Tay Kak Sie

Nama Tay Kak Sie tertulis pada papan nama besar yang ada di pintu Klenteng, dengan catatan tahun 1821-1850 pada masa pemerintahan kaisar Dao Guang dari dinasti qing. Klenteng Tay Kak Sie artinya kuil kesadaran agung yang telah dibangun pada tahun 1771. Klenteng Tay Kak Sie berada diatas kebun Lombok dan membuat klenteng ini sering disebut dan dikenal sebagai klenteng Gang Lombok. Adanya kuil ini disana membuat suasana di sekitar kuil menjadi hidup dan ramai. Seiring berjalannya waktu klenteng Tay Kak Sie ini menjadi salah satu objek wisata religi. Klenteng Tay Kak Sie ini  merupakan klenteng terbesar dan terlengkap di kawasan pencinaan semarang. Mulanya masyarakat tionghoa di kota Semarang ini jika akan mengadakan upacara sembahyang harus bersusah payah pergi ke klenteng Batu. Lalu karena banyak peristiwa yang terjadi pada masa itu dengan berbagai pembicaraan yang terus dilakukan maka atas petunjuk dari ahli fengshui dibangunlah klenteng Tay Kak Sie ini. Dewa dewi yang di puja di klenteng ini antara lain Sam Koan Tay te, Sam Po Hud, Thian Siang Seng Boo, Sam Po Tay Jin, Cap Pwee Lo Han, Po Seng Tay Te, Seng Hong Lo Ya, Kong Tik Cung Ong dan masih banyak lagi karena klenteng yang merupakan klenteng terbesar ini mempunyai maksud klenteng yang memiliki banyak dewata di kota semarang.

  1. Vihara Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong diresmikan pada tahun 2006 silam dan sekaligus dinyatakan sebagai pagoda tertinggi yang ada di Indonesia dalam MURI. Vihara Buddhagaya memiliki pagoda yang menjadi ikon dan lambing dari vihara ini adalah Pagoda Acalokitesvara atau yang sering dikenal dengan nama Metakuruna. Pagoda ini memiliki arti sebagai pagoda yang memiliki cinta serta kasih sayang. Pagoda ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat yang dipercaya sebagai dewi kasih sayang. Pada bagian puncak di pagoda ini terdapat patung dari Amitabha guru besar para dewa dan juga manusia. Didalam pagoda Acalokitesvara terdapat patung yang berjumlah 30 buah, dan pada bagian depan pagoda terdapat patung dewi Welas beserta sang Buddha yang sedang berada pada posisi duduk di bawah pohon Bodi. Bangunan yang menyita perhatian pula adalah bangunan Dhammasalah karena disekeliling Dhammasalah terdapat pagar dengan ukiran relif serta Paticca Samuppada yaitu proses kehidupan manusia dari lahir hingga meninggal dunia. Jika ingin memasuki vihara terdapat ritual khusus yaitu menginjak relief ayam, ular dan babi. Dimana menurut keyakinan ayam merupakan symbol keserakahan, ular symbol kebencian dan babi symbol kemalasan. Sengan menginjak symbol tersebut diharapkan umat akan terhindar dari karakter tersebut. Di depan vihara terdapat cottage untuk menginap yang telah disediakan oleh pengurus vihara. Jika anda tertarik mengunjungi anda dapat membayar retribusi seikhlasnya dengan jam buka kunjungan jam 07.00 hingga 21.00 WIB. Jika ingin mengunjuni anda diwajibkan untuk memakai baju tertutup dab berbicara dengan sopan.

  1. Gereja Blenduk

Gereja ini dibangun pada tahun 1753 merupakan ikon kota semarang karena letaknya yang ada di tengah kota dengan desain arsitektur yang indah dan bergaya neo-klasik. Gereja ini masih aktif digunakan untuk peribadatan setiap hari minggunya namun gereja Blenduk ini bisa anda kunjungi untuk melihat interior dalam gereja dengan harga tiket sebesar 10.000 rupiah dengan jam berkunjung setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore. Kubah yang terbuat dari tembaga, deretan bangku yang masih orisinil hingga pintu ganda berpanel kayu serta bingkai jendela yang megah membuat pengunjung menjadikan bagian tersebut sebagai spot foto yang sering diabadikan. Jika anda ingin mengujungi gereja ini anda dapat melakukan perjalanan menuju Kota Lama Semarang. Jika anda menemukan bangunan dengan desain bangunan berkuba dan mendapati pilar didepannya maka itulah gereja Blenduk yang merupakan salah satu landmarknya kota Semarang. Bagian depan gereja sangat instagramable untuk anda yang senang berfoto ria mengabadikan setiap momen kunjungan anda.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah (Masjid Agung Semarang)

Jika ke kota Semarang belum lengkap jika anda yg berumat muslim belum mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah ini untuk melakukan ibadah di tengah perjalanan anda. Atau jika anda memang sudah berencana ke semarang jangan lupa untuk menjadikan masjid ini menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata anda. Masjid Agung ini berarsitektur yang tinggi dan unik, perpaduan gaya arsitektur Jawa, Arab dan Yunani begitu identik pada bangunan Masjid Agung ini. Atap dan tiang dasar masjid dibuat dengan penuh motif batik yang menunjukan khas Jawa. Lalu dibagian dinding terdapat kaligrafi dan kubah besar dikelilingi 4 menara yang menunjukan khas Timur Tengah. Sedangkan pada pelataran masjid agung ini di sisi depannya terdapat pilar-pilar yang disuguhkan dalam gaya arsitektur mirip dengan Colloseum Roma. Terdapat 25 pilar yang melambangkan jumlah nabi dan rasul yang dipercaya umat islam ada pula payung elektronik yang berukuran raksasa berjumlah 6 buah yang melambangkan symbol rukun iman. Payung payung tersebut memang mirip dan terinspirasi dari masjid Nabawi yang ada di Saudi Arabia. Jika anda memasuki masjid ini anda akan melihat Alquran raksasa, terdapat pula menara Al Husna atau sering disebut Al Husna Tower yang menonjol karena memiliki tinggi 99 meter yang menjadi perwakilan Asmaul Husna. Dari puncak menara anda dapat menimakmati pemandangan kota Semarang, selain melihat dengan mata telanjang di puncak menara ini juga disediakan 5 teropong agar anda dapat melihat Kota Semarang dari dekat. Masjid Agung ini memang dibangun untuk peribadatan dan dipersiapkan sebagai objek wisata religious.

  1. Brown Canyon Semarang

Brown canyon terletak di perbatasan antara kabupaten Demak dan Kota Semarang. Ketika anda ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya siapkan waktu yang pas mungkin bisa jadi alternafif jika anda kesana pada pada pagi atau sore hari. Mengapa demikian, Karena Brown Canyon ini masih menjadi tempat aktif penambangan tanah dan batu material bangunan. Selain karena banyaknya truk pengangkut material yang berlalu lalang jika anda datang pada siang hari lokasi disana sangatlah panas dan ramai. Disarankan jika anda kesana gunkan masker dan sepatu karena kawasannya memang berdebu. Tapi Brown Canyon ini tempat seperti apa? Jika anda pernah mendengar Grand Canyon di Amerika Serikat dan Green Canyon di Pangandaran, maka di Semarang memiliki tempat yang tidak jauh berbeda dengan tempat itu yaitu Brown canyon. Brown Canyon sendiri dulunya adalah area perbukitan yang dikeruk tanahnya oleh para penambang agar mendapatkan material. Struktur tanah yang bervariasi, serta peralatan tambang yang lama dan tidak dapat menembus tanah yang keras, maka terbentuklah tanah tanah yang menjulang tinggi. Dan proses pengerukan tanah yang tidak beraturan meninggalkan ukiran ukiran bada bukit yang membuat kawasan ini menjadi lebih indah. Maka jika kalian seorang pecinta fotografi, kunjungilah tempat ini karena terdapat spot spot yang menjadikannya surga bagi para pecinta dan penikmat fotografi.

  1. Goa Kreo

Penamaan Goa Kreo diambil dari kata Mangreho atau Ngreho yang mempunyai arti menjaga atau memelihara. Lokasi goa Kreo ini sangat mudah tepatnya lokasi goa ini di daerah perbukitan krincing  Dukuh Talun Kacang kelurahan Kandri kecamatan Mijen.  Lokasi goa ini sangat asri karena dikelilingi waduk jatibarang yang terbentang luas. Selain itu terdapat fasititas yang lain yaitu berupa tempat bermain untuk anak anak seperti ayunan papan luncur dan lainlain. Wisata di tempat ini cukup mengasyikan udara yang sejuk karena dekat waduk membuat nyaman jika anda dan keluarga dapat bersantai di kawasan ini agar tidak bosan anda dapat mencoba speedboat atau memancing. Jika ingin mencapai lokasi goa anda harus berjalan kaki melewati jembatan dengan banyak anak tangga. Tidak perlu khawatir merasa capek karena melihat sekitaran yang segar dan asri membuat anda tidak akan merasa lelah. Namun jangan kaget jika anda menemukan banyak kera yang berkeliaran bebas disana. karena menurut legenda memang Sunan Kalijaga memerintahkan kera yang telah membantunya untuk tetap tinggal, memelihara dan menjaga Goa Kreo ini.

  1. Goa Rong

Goa Rong adalah sebuah destinasi perbukitan yang dapat anda eksplore keindahannya. Yang menjadi salah satu daya tarik tempat ini bukanlah Goa nya melainkan gardu pandang yang sangat indah. Goa ini terletak di Tungtang kabupaten Semarang Jawa tengah. Untuk menuju ke tempat ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi namun anda berlu waspada dan berhati hati karena jika menuju lokasi ini jalanan yang akan anda lalui akan semakin menanjak dengan dikelilingi jurang yang curam. Namun ketika anda sudah berada adi daerah perbukitannya anda akan dapat melihat hamparan rawa pening dan pegunungan salah satu gunung yang dapat anda lihat dari lokasi ini adalah Gunung Merapi. Dari atas pula anda bisa menikmati keramaian jalan raya daerah Salatiga. Di bukit ini anda dapat duduk duduk bersantai melihat pemandangan ala ala piknik bersama keluarga dan jika membawa anak kecil anda juga tidak perlu cemas karena ada beberapa mainan seperti ayunan, jungkat jungkit dan lain lain. Jika namanya saja Goa, dimanakah letak goanya? Goa ini berada dibawah perbukitan, jika anda ingin mengunjungi goa ini maka anda harus berjalan kaki menyusuri banyaknya anak tangga terlebih dahulu. Berhati hatilah saat anda berjalan menuruni anak tangga ini, karena tangga disana sanggat curam dan belum ada pengaman seperti pegangan atau penyangga. Goa ini memang tidak terlalu besar hanya dapat dimasuki oleh beberapa orang saja. Namun ada pohon besar yang usianya sudah sangat tua, kerena sudah tua maka terdsapat akar akar pohon yang menggantung. Tempat ini memang dapat dijadikan destinasi untuk anda yang senang bersantai dan beradrenalin untuk menuju goa.

  1. Candi Gedong Songo

Sesuai dengan namanya candi gedong songo ini  memiliki 9 bangunan candi yang tersebar di komplek kawasan wisata alam yang luas dan mempesona. Selain menjadi tempat wisata alam candi gedong songo ini juga menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang ada dikabupaten Semarang. Letak satu candi dengan candi yang lain tidak berdekatan, sehingga jika anda ingin mengunjungi satu persatu anda akan membutuhkan tenaga ekstra karena jarak antara candi hingga ratusan meter. Di komplek wisata candi ini terdapat tempat untuk beristirahat sambil mandi dengan air hangat, terdapat kepunden gunung dengan sumber air panas yang mengandung belerang cukup tinggi letaknya antara candi gedung 3 dan candi gedung 4. Menurut penelitian jaman dahulu candi gedong songo ini merupkan bangunan peninggalan budaya hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke 9. Jarak tempuh candi gedong songo ini hanya perlu 45 km dari kota Semarang. Pada objek wisata candi gedong songo ini hanya dikenakan tiket masuk sebesar 6000 rupian untuk orang dewasa atau usia 5 tahun keatas pada hari biasa. Jika anda ingin mengelilingi semua candi tanpa jalan kaki, wisata candi gedong songo ini juga menyediakan jasa naik kuda dengan beberapa paket yang sudah disediakan oleh petugas.

  1. Candi Tugu

Candi Tugu ini dulunya dikenal sebagai Watu Tugu. Karena bentuknya yang menyerupai stupa candi maka kebanyakan orang menyebutnya dengan candi Tugu. Posisi candi Tugu ini berada di jalan Mangkang Km 11 yaitu sekitar 2 KM dari kampus IAIN Walisongo. Lokas candi Tugu ini masih jarang di jamah oleh banyak wisatawan luar karena memang lokasinya jauh dari perkotaan dan tidak memiliki akses masuk jadi jika anda ingin kesana anda dapat menggunakan kendaraan pribadi tanpa pengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Namun mungkin ada warga sekitar yang meminta uang keamanan atau parkir disekitar lokasi. Sampai saat ini masih keberadaan candi Tugu ini memiliki banyak pemahaman. Seperti para ilmuan yang mmeyakini bahwa adanya candi adalah batas antara dua kerajaan yaitu Majapahit dan Pajajaran. Namun dari masyarakat sekitar masi mengaitkan dengan temuan besi jangkar kapal di lokasi, sehingga mayarakat meyakini bahwa dulunya merupakan dermaga atau pelabuhan. Karena keadaan geologi sudah tidak memungkinkan untuk penelitian dikarenakan struktur tanah yang sudah berubah maka asal mula adanya Candi Tugu ini masih belum bisa diketahui. Jika anda penasran dengan candi Tugu ini maka jadikan tempat ini salah satu destinasi kunjungan untuk berfoto dan mengabadikan momen saat anda berasa di Semarang.

  1. Pantai Maron

Jika anda ke kota Semarang, kemudian ingin berlibur ke Pantai jangan Khawatir, Semarang mempunyai beberapa pantai yang dapat dikunjungi juga walaupun tidak sebanyak Kudus atau koat kota lain. Salah satu pantai di Semarang yang dapat anda kunjungi adalah pantai Maron. Pantai ini lumayan mudah untuk diakses karena letaknya yang dekat dengan bandara Ahmad Yani Semarang. Namun jika kalian ingin kesana wajib berhati hati dalam berkendara, selain belum adanya angkutan umum untuk menuju lokasi tersebut,  jalanan menuju pantai Maron ini agak bergelombang dan jika hujan turun kondisi tanah kan licin dan lembek. Untuk itu kalian disarankan agar membawa kendaraan pribadi. Tapi jangan khawatir ketika anda menuju lokasi ini anda akan melihat pemandangan tambak petani bandeng yang berjejer begitu luas serta pemandangan kali banger yang mengalir dari pinggiran kota hingga ujung Pantai Maron. Harga tiket masuk ke pantai Maron ini cukup terjangkau anda hanya bayar 3000 rupiah saja namun belum termasuk parkir ya. Setelah anda sampai di Pantai Maron ini anda akan puas dan tertarik untuk berenang atau sekedar bermain air di pantai Maron ini. Pantai Maron ini termasuk pantai utara jawa  yang termasuk gugusan pantai landai dan datar, jadi jika anada ingin berenang di pantai Maron ini masih cukup aman karena ombaknya juga tidak besar dan hanya sebatas angin semilir yang anda rasakan. Pantai ini cocok untuk anda nikmati bersama teman atau keluarga, mungkin hanya sekedar berfoto, atau duduk duduk santai menikmati semilir angin yang sejuk.

  1. Pantai Marina

Pantai Marina adalah salah satu Pantai yang tekenal di kota Semarang selain karena akses yang sangat mudah dan hanya berjarak sejauh 7 KM ke barat daya Pusat Kota Semarang keindahan pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Garis pantai yang berbentuk cekungan dan menjorok kedaratan atau yang biasa disebut teluk ini tidak berhadapan langsung dengan samudera yang luas sehingga ombak yang ada di pantai Marina ini tidaklah tinggi jadi cukup aman untuk anda bermain air atau berenang di pantai Marina ini. Pantai Marina ini berada di wilayah utara Semarang dan berada di sebelah barat pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Karena letaknya sangat dekat dengan bandara Ahmad Yani anda sebagai pengunjung akan sering melihat pesawat yang sedang terbang, landing ataupun take off dari pantai ini, dan itu pula yang menjadi keasyikan dan ketertarikan untuk berada di pantai Marina ini. Suasana di pantai Marina ini sangatlah nyaman, karena disepanjang pantai tumbuh pepohonan yang rindang dan tidak membuat anda kepanasaan saat berada di pantai ini. Selain itu disepanjang bibir pantai jalanan sudah di paving blok yang cukup nyaman untuk anda berolahraga atau sekedar jalan jalan menikmati indahnya dan semilir angin di pantai Ini. buat anda yang ingin naik perahu mengelilingi pantai juga bisa dilakukan, karena terdapat fasilitas persewaan perahu untuk anda yang ingin berkeliling via laut. Tarif yang dikenakan cukup murah hanya 5000 rupiah saja perorangnya.

  1. Pantai Tirang

Salah satu pantai yang ada di Semarang yang berdekatan dengan pantai Marion dan hanya di pisahkan olah muara sungai silandak ini masih jarang dijamah dan dikunjungi wisatawan. Karena jarang dikunjungi oleh wisatawan pantai ini seperti pantai yang tidak terawat, dan dapat dilihat dari masih banyaknya sampah yang datang dari laut dan terdampar di pantai ini. kurangnya pengelolahan untuk pantai ini membuat pantai belum seberapa terkenal. Pengunjung di pantai Tirang ini masih sangat sedikit mungkinn hanya beberapa warga sekitar yang ingin menikmati semilir angin dan deburan ombak yang dapat menyejukkan hati. Bagi anda yang ingin kesana tempat ini bisamenjadi pantai privat untuk anda bersama keluarga atau teman teman. Pantai ini tidak begitu punya fasilitas seperti yang ada di pantai lain karena masih kurangnya pengelolaan dari dinas pariwisata kota Semarang. Tapi tak perlu khawatir pantai ini masih menjadi pantai yang rekomended untuk dikunjungi karena tempatnya yang menyejukan dengan adanya pepohonan dan rerumputan di sekitar pantai yang membuat anda merasa sejuk dan santai saat berada disana. Akses menuju pantai Tirang ini juga masih tidak mudah karena jalanan yang sempit, berbatu dan berdebu. Anda harus masuk kedalam satu kawasan perumahan untuk menuju pantai Tirang ini. Namun berdasarkan beberapa informasi yang datang rencananya akan dibangun sebuah jembatan yang menghubungkan dua sisi timur dan barat pantai yaitu pantai Tirang dan Pantai Maron. Untuk itu pada masa akan datang destinasi ini akan menjadi destinasi yang menjanjikan untu anda dan keluarga berrekreasi.

  1. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu air terjun yang ada di kabupaten Semarang yang dapat kalian kunjungi. Sering banyak yang menyebut bahwa air terjun kali pancur ini adalah air terjun yang tertinggi bagaimana tidak ketinggian air terjun ini mencapai 100 meter dan letaknya berada di 900 meter dari permukaan laut. Air terjun kali pancur ini berada di lembah yang diapit oleh dua bukit yang membuat tempat ini semakin indah dan memukau, pintu gerbang masuknya ke air terjun kali pancur adalah di desa Nogosaren yang letaknya berada di 1100 meter diatas permukaan laut dan tempatnya yang ada diatas bukit. Ketika anda sudah berada di atas bukit anda akan melihat indanya pemandangan rawa pening dari ketinggian, udara yang begitu sejuk dan dingin lansung terasa saat berada disana, nuasna pedesaan dan jauh dari keramaian serta kebisingan kota dapat anda rasakan dan nikmati. Dan jika anda menuju ke bawah air terjun anda harus mempersiapan fisik ekstra karena anda akan menuruni sekitar 800 anak tangga yang sudah disiapkan oleh pengelolah tempat ini. Air terjun kali pancur ini tidak dikelolah oleh pemerintah melainkan oleh warga setempat jadi hasil dari pembayaran masuk akan digunakan untuk perbaikan kawasan wisata ini. tak perlu khawarir karena anak tangga yang disediakan ini sudah bagus namun anda juga perlu berhati hati karena tangga tangga disana masih dalam keadaan yang curam oleh perbukitan disekitar.

  1. Curug Lawe

Salah satu objek wisata alam yang ada di Semarang dan baru baru ini sedang hits dan ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Curug Lawe. Apa itu Curug Lawe? Curug adalah air terjun dan Lawe adalah benang benang putih jadi dapat diartikan bahwa curug lawe adalah air terjun yang bersih seperti benang benang putih. Namun dalam versi lain menjelaskan bahwa nama Curug Lawe karena konon katanya jumlah air terjun yang ada baik dari besar sampai yang terkecil berjumlah 25 buah yang dalam bahasa jawa Selawe. Pemandangan air terjun ini bisa dibilang unik karena air terjun ini berupa sebuah cekungan dengan aliran air yang jatuh tepat ditengahnya. Curug Lawe ini berlokasi di desa Kalisidi, Gunung Pati kecamatan Ungaran Barat, dan jaraknya hanya berkiasar 12 KM dari kota Semarang. Ada banyak spot foto untuk anda yang senang berfoto atau hanya sekedar mengabadikan momen yang bahagia karena sedang berada di Semarang, Curug Lawe ini juga menjadi destinasi wisata alam yang rekomended untuk anda kunjungi. Akses menuju tempat ini tidak begitu susah namun anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk menuju lokasi air terjun ini dengan kondisi jalan setapak yang relative datar.

  1. Curug Benowo

Lereng gunung Ungaran menjadi destinasi yang dapat dikunjungi karena adanya beberapa air terjun atau yang dalam bahasa jawa adalah Curug. Salah satu curug di lereng gunung Ungaran Semarang ini adalah Curug Benowo. Curug Benowo ini sangat eksotis sehingga mungkin masih sulit untuk dicapai oleh kebanyakan orang karena tempatnya yang masih benar benar alami dengan jalan setapak, naik turun dan mungkin hanya direkomendasikan para para pecinta alam atau untuk mereka yang menyukai tantangan. Namun dibalik ke sulitan medan dan lelahnya raga menyusuri jalan setapak akan terbayar lunas oleh keindahan dan pesona alam serta air terjun yang ada. Sebenarnya curug Benowo ini berada dalam satu lokasi dengan Curug Lawe. Akses menuju curug pun sebenarnya sama memerlukan 30 menit berjalan kaki menuju lokasi hanya saja jika ingin ke curug Benowo anda harus belok kekanan. Tapi jangan khawatir seiring berjalannya waktu ini jika anda sudah berada di curug Lawe sebaiknya anda mampir juga di Curug Benowo ini karena dari dalam Curug Lawe anda hanya memerlukan waktu 10 menit menyusuri jalan setapak untuk menuju ke Curug Benowo ini.

  1. Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Bagi anda seorang pecinta alam atau seseorang yang senang dengan tantangan. Rekreasilah anda bersama teman teman anda ke Air Terjun Umbul Songo Kopeng ini. Tempat wisata ini sangatlah cocok bagi anda yang suka berpetualang dan mempunyai fisik kuat. Karena untuk menuji air terjun umbul sonho kopeng ini belum tersedia jalan dengan track yang bagus sehingga bagi anda yang ingin berpetualang tentunya tempat ini akan menjadi suatu tempat yang menantang dan cukup menguras adrenalin. Tapi jangan khawatir semua perjuangan tidak akan ada yang sia-sia bagaimana tidak kelelahan saat anda melakukan perjalanan yang sangat menguras tenaga untuk dapat menuju ke tempat ini akan terbayar lunas ketika anda telah melihat indahnya air terjun umbul songo kopeng ini. Air terjun umbul songo kopeng ini terletak di desa Kopeng, kecamatan Getasan, kabupaten Semarang dengan jarak sejauh 54 KM dari kota Semarang. Keindahan air terjun umbul songo kopeng ini kerena air terjun ini diapit oleh gunung Telomoyo, Andong dan Merbabu, berada di ketinggian 1450 meter diatas permukaan laut. Sejarah yang dianut dari beberapa cerita adalah dimana air terjun umbul songo ini adalah bukti kekuasaan Allah SWT ketika para walisongo berdoa karena kesulitan mengambil air untuk bersuci. Maka Allah SWT mengabulkan doa mereka dengan mengeluarkan mata air yang sampai sekarang disebut sebagai air terjun walisongo.

  1. Danau Rawa Pening

Legenda dari Danau Rawa Pening ini konon katanya berasal dari bekas cabutan lidi yang dilakukan oleh Baru Klinting yang tidak diterima oleh penduduk sekitar dimana dia tinggal. Bekas cabutan lidi yang dilakukan Baru Kliting tersebutlah yang menimbulkan keluarnya muntahan air yang mengalir hingga membentuk Rawa Pening ini. Rawa Pening ini sendiri memiliki arti rawa yang bening dan sekarang telah menjadi objek wisata danau yang berada di Semarang. Pemandangan di danau ini sangatlah indah karena anda dapat melihat bukit di sekeliling danau yang luas ini. jika anda berkunjung di danau ini anda dapat menikmati keindahan danau dengan memancing atau berkeliling di area danau pengunjung dapat menyewa perahu yang telah disediakan oleh pengurus setempat. Jika tak ingin berkeliling anda dapat bersantai menikmati semilir angin dan melihat beningnya air danau yang cukup menyegarkan mata. Bersantailah hingga sore hari tiba kerena di danau ini anda bisa melihat indahnya matahari tenggelam namun jika anda ingin menikmati romantisnya matahari terbit maka anda dapat mengunjungi bukit cinta yang letaknya berdekatan di sisi wilayah objek wisata Rawa Pening ini. Lengkap bukan? Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang anda lakukan jika berrekreasi bersama teman dan keluarga. Danau ini sangat rekomended untuk anda yang ingin bersantai menikmati udara sejuk dan menghilangkan jenuh dari penatnya kota.

  1. Museum Ranggawarsita Jawa Tengah

Jika anda ke kota semarang tak lengkap jika anda tidak mengunjungi museum-museum yang ada di semarang. Dikenal sebagai kota yang masih kental akan budaya dan tradisi di Semarang ini juga masih banyak museum museum yang berdiri kokoh dan dapat dikunjungi oleh wisatawan local maupun luar. Salah satu museum yang rekomended untuk anda kunjungi bersama keluarga dan memperkenalkan budaya serta sejarah ke keturuan yang paling muda. Museum Jawa Tengah Ranggawarsita ini merupakan museum yang menyimpan dan memamerkan berbagai warisan budaya serta benda benda budaya Jawa Tengah. Museum ini terletak di Semarang dan diresmikan pada tanggal 5 juli tahun 1989 dan memiliki koleksi sebanyak 59784 item. Bangunan museum ini memiliki 4 gedung yang masing masing memiliki cerita sejarah yang berbeda. Yang pertama adalah gedung A pada lantai satu menyimpan wahana Geologi dan Geografi sedangkan untuk lantai dua menyajikan wahana tentang panteologi. Untuk Gedung B pada lantai satu berisikan peninggalan budaya dan kerajinan dari peradaban Hindu Budha seperti aptung dewa, archa, candi-candi dan lain sebagainya sedangkan pada lantai dua terdapat kerajinan wahana keramik dan batik. Gedung yang ketiga adalah gedung C untuk lantai satu terdapat ruang bersejarah untuk menyimpan senjata dan benda benda yang dipakai saat perang serta ditampilkannya diodrama pertempuran sedangkan pada lantai dua adalah koleksi teknologi transportasi tradisional. Dan yang terakir adalah gedung D yang memamerkan tentang pembangunan dan ruang kesenian. Lokasi museum ini terletak di jalan Abdul Rahman saleh no 1 Kalibanteng Kulon Semarang.

  1. Museum Mandala Bhakti

Selain museum Ranggawarsita, museum yang dapat anda kunjungi adalah mseum Mandala Bhakti. Museum ini merupakan museum perjuangan TNI yang terletak di jalan Soegijapranata dan tepat berhadapan dengan monument Tugu Muda.bangunan museum ini dirancang oleh arsitek belanda yang bernama I Kuhr E dan Van Leeuwen. Dulu pada awalnya bangunan ini digunakan untuk pengadilan tinggi bagi golongan rakyat eropa di Semarang. Bangunan ini diperkirakan dibangun pada tahun 1930 an kemudian seiring berjalannya waktu bangunan ini digunakan oleh Kodam IV/ Diponegoro sebagai Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II kemudian resmi menjadi museum pada tahun 1985 dan menyimpan koleksi tentang data, dokumentasi serta persenjataan TNI baik yang tradisional maupun persenjataan modern. Museum ini termasuk jenis museum militer dan sejarah karena seluruh koleksi yang tersimpan di museum ini merupakan bukti fisik dan faktualdari perjalanan sejarah Kodam ini.pada depan museum ini terdapat  senjata berat 25 PDR Filed Gun yang kondisinya masih baik.  Museum ini memiliki dua lantai dengan orientasi bangunan yang menghadap ke arah utrara. Museum ini dibuka untuk umum dari hari selasa hingga kamis pukul 8 sampai 18, pada hari jumat pukul 8 sampai 10.30, minggu pukul 8 sampai 12 dan untuk hari sabtu serta hari besar tutup.

  1. Menara Syahbandar

Menara Syahbandar adalah menara yang menjadi saksi bisu perdaganagan yang ada di Semarang pada era colonial Belanda pada abad ke 19. Banyaknya kontak perdagangan yang terjadi, kemudian kegiatan ekspor maupun impor maka dibangunlah menara syahbandar dengan fungsi sebagai menara pengawas. Dengan model bangunan yang cukup luas, selain sebagai menara pengawas menara ini juga dijadikan tempat persinggahan bagi meraka seorang pedagang yang sedang melakukan kegiatan ekspor impor. Namun seiring berjalannja waktu menara ini dialih fungsikan sebagai pabrik gas Pabrik gas ini pun berfungsi untuk memenuhi kebutuhan listrik kota. Seiring berjalannya waktu pabrik ini dinamakan PT PN GAS dan digunakan sebagai mes tabung tabung gas. Hingga akir tahun 2000an menara ini masih dijaga dan dirawat hingga akirnya si penjaga tempat tersebut pensiun, dan mulailah tempat ini terabaikan. Bangunan menara syahbandar kini sudah tidak terawat, dengan keadaan dinding batu bata yang sudah rapun dan tidak beratap lagi. Namun bagi para fotografer dan anak muda pada eranya, tempat ini telah menjadi salah satu surga bagi pecinta fotografi. Tempat dan lokasinya yang masih sangat alami dan antic membuat para pemuja foto membuat tempat ini seolah tetap indah dengan keadaannya yang sekarang.

  1. Art Galery di Semarang

Di semarang terdapat beberapa galeri kesenian antara lain galeri seni kontemporer dan old city 3D pada kali ini kami akan membahas dua tempat tersebut. Yang pertama kami akan bahas galeri Art Contemporer terlebih dahulu. Dibangun dan didirikan pada tahun 2001, dengan komitmen untuk mendedikasikan galeri ini sebagai media pengenalan karya karya seni dari seniman seniman Asia kontemporer terutama yang berasal dari Indonesia. Galeri ini telah berhasil mempromosikan para seniman muda yang ada di Indonesia melalui pameran pameran karya seni yang dilakukan di tempat ini. namun pada tahun 2008 Galeri semarang art kontemporer ini di pindah ke area warisan budaya di kota Semarang. Dan yang kedua adalah old city 3D dimana kalian anak anak muda yang sedeng eksis di dunia perfotoan kalian bisa kunjungi old city ini karena disana kalian akan disuguhi oleh lukisan lukisan maupun foto berbentuk 3 dimensi yang terlihat cukup nyata karena disajikan dengan sentuhan seni modern. Untuk lokasi old art 3D ini berbeda dengan Art contemporer yaitu di jalan letjen Suprapto no 26 Semarang Utara kota Semarang.

Belum ada Komentar untuk 24 Tempat Wisata Semarang dan Sekitarnya Yang Terbaru + Romantis

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 24 Tempat Wisata Semarang dan Sekitarnya Yang Terbaru + Romantis

Objek Tempat Wisata Lombok Yang Wajib Dikunjungi dan Menarik

23 Tempat Wisata Lombok Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

T 6 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata Lombok – Pulau ini merupakan salah satu surga wisata terindah yang ada di Indonesia, meskipun nama lombok island tidak se populer pulau tetangga (Bali) namun menurut saya destinasi wisata yang ada di Lombok lebih bagus daripada Bali karena masih... Selengkapnya

Info Tempat Wisata Lembang Bandung Yang Terbaru & Murah

23 Tempat Wisata Lembang Bandung Yang Terbaru & Murah

T 8 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata Lembang – Hai gaes kali ini kami akan sedikit membahas sedikit lokasi yang sangat menarik, kali ini tim Balazha akan memberikan info tempat wisata di kota Lembang Bandung Jawa Barat yang terpopuler, terbaru, paling romantis, paling bagus untuk spot... Selengkapnya

Tempat Wisata di Surabaya Saat Malam & Pagi Hari Terbaru

24 Tempat Wisata di Surabaya Saat Malam & Pagi Hari Terbaru

T 31 Mei 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata di Surabaya – Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang paling di nantikan oleh semua orang mulai dari orang tua, remaja, anak – anak dan semua kalangan masyarakat. Ketika anda berkunjung ke kota Pahlawan ternyata banyak jugaloh lokasi wisata yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

About Us

Tentang Kami Balazha.com merupakan sebuah situs dari perusahaan Tour & Travel yang menyediakan Paket Wisata, Sewa Mobil, Sewa Bus, Sewa Motor, Sewa Penginapan, Catering dan berbagai hal yang berhubungan dengan Travelling (Liburan). Saat ini kantor pusat Balazha.com berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga & orang - orang terdekat silahkan hubungi team kami untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mempermudah proses liburan anda. Selengkapnya Tentang Kami.

Contact Us

Halo buat kamu yang ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak kami di bawah ini, untuk pemesanan berbagai layanan Balazha.com juga bisa melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Ada pertanyaan khusus seputar Kerjasama & layanan kami? Jangan pernah sungkan untuk kontak kami sekarang juga, karena team kami sangat senang sekali membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan Balazha Indonesia secara online. Lihat Kontak Kami.