Beranda » Wisata Indonesia » 24 Tempat Wisata di Surabaya Saat Malam & Pagi Hari Terbaru

24 Tempat Wisata di Surabaya Saat Malam & Pagi Hari Terbaru

T Diposting oleh pada 31 Mei 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 5295 kali

Wisata di Surabaya – Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang paling di nantikan oleh semua orang mulai dari orang tua, remaja, anak – anak dan semua kalangan masyarakat. Ketika anda berkunjung ke kota Pahlawan ternyata banyak jugaloh lokasi wisata yang ada disini mulai dari wisata alam, wisata rasa jemursari, wisata lendir, kuliner surabaya, wisata edukasi, wahana permainan dan berbagai destinasi menarik dan terbaru lainnya. Jika kita telusuri mulai dari Surabaya Utara, Selatan, Barat, Timur dan Pusat ternyata memiliki tempat unik masing – masing yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Anda bisa memilih objek wisata saat pagi hingga malam hari banyak juga pilihan tempat terbaru seperti Surabaya North Quay, Surabaya Carnival, Trans 7, Suramadu Tanjung Perak, House of Sampoerna dan berbagai lokasi lainnya yang terdekat, gratis, murah meriah dan menarik, selain itu ada banyak kota yang berdekatan dengan daerah Surabaya Jawa Timur seperti Sidoarjo, Malang, Bali yang memiliki obyek wisata yang sangat cocok untuk traveller seperti kamu.Salah satu daftar pantai yang cukup terkenal di Surabaya adalah Kenjeran. Berikut ini beberapa tempat wisata pilihan tim Balazha.com yang wajib kamu ketahui saat berkunjung di kota Pahlawan.

  1. Jalan Tunjungan

Salah satu nama jalan di kota Surabaya yang sangat terkenal dengan sejarannya ini telah menjadi tempat hits untuk para remaja dan pecinta foto untuk nongkrong dan berfoto ria. Ya jalan Tunjungan, dimana terdapat hotel Majapahit yang dulunya bernama hotel Orange dengan sejarahnya yang sangat terkenal dan kini bisa kalian jadikan destinasi kunjungan jika kalian berada di Surabaya. Sepanjang jalan Tunjungan kini telah di restorasi oleh pemerintah setempat dan telah menjadi jalan yang tetap dengan keadaannya namun terlihat istimewah dengan mengikuti jaman serta seiring berjalannya waktu seperti lampu kota dengan bentuk yang antik berjejer di sepanjang trotoar jalan Tunjungan dan menjadikan tempat ini menjadi modern dan kekinian. Jalan ini menjadi salah satu ikon juga di Surabaya untuk itu beberapa event di Surabaya akan diselenggarakan di jalan Tunjungan ini. Event yang paling rutin diadakan adalah ulang tahun kota Surabaya, Jadi jika kalian berada di Surabaya pada bulan Mei maka jangan sampai kalian melewatkan beberapa event di Surabaya yang akan di laksanakan di sepanjang jalan Tunjungan.

  1. Museum Surabaya

Masih terletak di jalan tunjungan kota Surabaya, terdapat satu lagi bangunan lama yang kini telah di renovasi serta dialaih fungsikan yaitu gedung Siola. Gedung siola dibangun pada tahun 1877 oleh investor kebangsaan Inggris dengan nama“Het Engelsche Warenhuis” Toko Serba Ada Inggris. Seiring berjalannya waktu dan setelah kemerdekaan gedung siola ini diperbaiki dan dikelola oleh pemkot surabaya dan dinamakan dengan Siola. Kemudian Siola menjadi mall pertama di Surabaya dan mall Siola ini pun hanya bertahan 28 tahun dan kemudian tutup dan berganti alih fungsi. Namun kegagalan terus terjadi, tidak ada tempat dan fungsi yang pas untuk gedung Siola ini agar tetap berjaya dan berfungsi dengan semestinya. Hingga kini pengurusannya kembali ke pemkot surabaya dan kemudian menjadikan museum Surabaya pada lantai dasar gedung Siola. Koleksi museum ini cukup banyak mulai dari wali kota pertama hingga wali kota tahun 2017 ini. Benda bebda yang ada bukan hanya yang ada disurabaya melainkan termasuk segala benda yang berhubungan dengan sejarah Kota Surabaya. Jika kalian ingin tahu lebih banyak barang barang apa sajakah yang disuguhkan di Museum ini maka silahkann kunjungi Museum Surabaya di gedung eks Siola jalan tunjungan.

  1. Surabaya Nort Quay

Tempat ini terbilang cukup baru untuk beberapa orang karena tempat ini diresmikan pada bulan februari 2015 lalu. Dulu memang tempat ini tidak dibuka untuk umum melainkan hanya para penumpang yang berada di pelabuhan. Letak Surabaya Nort Quay ini persis berada di Perak dekat dengan pelabuhan. Surabaya Nort Quay ini adalah salah satu tempat dimana jika terdapat kapal pesiar atau kapal apapun yang berukuran besar dan sedang sandar di Surabaya, kalian dapat melihatnya dari dekat.  Namun hanya pada beberapa waktu tertentu saja dan jika kalian sedang beruntung. Tapi jika tidak ada kapal pesiar yang sandar di tempat ini, kalian juga tetap bisa mengunjungi Surabaya Nort Quay kok, disana tetap dibuka setiap harinya. Jadi kapan pun kalian ingin datang kalian bisa datang. Di Surabaya Nort Quay ini lah kalian bisa melihat sunset diantara lautan lepas, Karena tempat ini tepat beradah di pinggir laut dan disana pula kalian bisa lihat jembatan suramadu dari jarak jauh. Nikmati tempat ini bersama teman atau keluarga untuk menghabiskan sore kalian di kota Surabaya.

  1. Dipo Lokomotif Sidotopo

Dipo lokomotif sidotopo atau stasiun sidotopo ini difungsikan sebagai perawatan kereta api dan menjadi tempat parkirnya kereta api yang masih terpakai ataupun yang sudah tidak terpakai. Alasan tidak terpakainya gerbong kereta api disana sangat bermacam macam ada yang memang tidak layak digunakan hingga tidak memiliki ijin untuk beroperasi. Mulai dari gerbong yang masih bagus sampai yang sudah aus pun masih ada dan tertata disana. Gerbong gerbong yang sudah aus ditumpuk  keatas hingga beberapa gerbong. Pemandangan itu lah yang membuat dipo lokomotif sidotopo ini menjadi daya tarik bagi mereka pecinta fotografi. Berbagai warna dan bentuk kereta yang tersusun secara acak menjadi pemandangan yang artistik. Dipo lokomotif sidotopo ini masih beroprasi selayaknya hingga kini. Jadi untuk kalian yang ingin mengunjungi dipo lokomotif sidotopo kalian harus ijin terlebih dahulu pada pihak penjaga. Karena memang dipo lokomotif sidotopo ini masih beroperasi setiap harinya. Ijinnya cukup mudah dengan menyerahkan ktp dan membuat surat pernyataan di kantor dipo lokomotif sidotopo. Memang tidak gratis, tapi tergantung dengan kepentingan yang akan kalian lakukan disana. Dipo lokomotif sidotopo ini berada di kecamatan Simokerto kota Surabaya. Lokasinya tidak begitu sulit karena berada dekat dengan jalan raya. Jadi sipkan buget dan surat ijin jika kalian ingin menuju lokasi untuk berfoto ria atau melakukan preweding.

  1. Jembatan Suroboyo

Yuk bermalam minggu di Surabaya! Sekarang jika ingin bermalam minggu di surabaya tidak berasa kelabu lagi, Apakah malam minggu ini akan berwarna? Yaa lebih terasa berwarna ketika kalian ke Jembatan Suroboyo. Ada apa dengan Jembatan Suroboyo?  Mari kita bahas sedikit. Jembatan Suroboyo diresmikan tahun 2016 oleh wali kota Surabaya yaitu ibu Tri Rismaharini. Jembatan Suroboyo ini dibangun untuk menghubungkan jalan Merr dan jalan Laguna surabaya untuk lebih mendekatkan jalan tersebut dengan pantai hiburan kenjeran. Nah yang membuat malam minggu kalian berwarna adalah saat kalian berada di Jembatan Suroboyo saat malam minggu,  kalian akan disuguhkan oleh indahnya air mancur menari yang disorot lampu werwarna warni. Jembatan ini dibuka untuk kalian yang ingin lewat menggunakan kendaraan bermotor mobil atau pun motor. Namun jangan khawatir jika kalian ingin berfoto dan berhenti di jembatan Suroboyo ini karena disana juga disediakan tempat parkir bagi kalian yang ingin berjalan jalan dan berfoto disana. Air mancur akan dinyalakan setiap sabtu malam minggu untuk menghibur warga Surabaya dan pengunjung kenjeran.  Jika kalian tidak bisa kesana saat malam,  jangan khawatir karena kalian bisa menikmati semilir angin di jembatan Suroboyo yang melintang diatas pantai kenjeran ini setiap harinya. Pada pagi hingga sore hari kalian bisa menikmati jembatan dengan pemangdangan pantai kenjeran serta kampung warna warni dimana rumah penduduk yang berada di bawah dan dekat dengan jembatan itu tembok dan atap di cat dengan warna yang berbeda beda. Penasaran bagaimana keunikannya kunjungilah pantai ria kenjeran lama disana kalian akan menemukan Jembatan Suroboyo melintang di dekatnya.

  1. Pantai Ria Kenjeran

Masih membahas soal Kenjeran yuk. Kenjeran adalah salah satu destinasi yang tidak ada matinya di Surabaya. Pemerintah kota Surabaya pun selalu memperbaiki dan terus memperbaiki tempat ini, tempat yang selalu dikenal oleh warga surabaya dan sekitarnya dari masa ke masa adalah Pantai Ria Kenjeran. Jadi siapa bilang Surabaya tidak punya pantai, surabaya punya pantai kok walau tidak begitu seindah pantai pantai yang ada di kota dan kabupaten lain di pantai ria kenjeran ini kalian tetap bisa menikmati pasir,  air laut dan udara sejuk agak panas seperti pantai pada umumnya.  Menikmati sunset bersama keluarga dan piknik dengan menikmati es degan atau lontong kupang bisa kalian lakukan di Pantai Ria Kenjeran ini. Dari pantai ini kalian bisa liat indahnya jembatan suroboyo lho. Kalian bisa berfoto ria dan melakukan preweding di tempat ini karena sunset dan sunrise di tempat ini juga sempurna. Menikamti pagi dan sore pun menjadi tempat santai yang rekomended saat kalian berada di surabaya. Jadi yuk ke ke pantai ria kenjeran biar kalian tau tempat rekreasi warga surabaya yang masi menjadi wisata alam ini, dan dari jaman dahulu sampai saat ini masih terjaga malah semakin di perbaharui oleh pemerintah kota Surabaya.

  1. Kenjeran Park

Nah masih di kenjeran nih, setelah adanya wisata alam pantai ria kenjeran,  pengelolah wisata kenjeran membangun Kenjeran Park dengan konsep taman wisata. Kalian cukup membayar satu kali tiket masuk dan kalian akan menikmati beberapa spot tempat yang bisa kalian lakukan untuk bersantai maupun berfoto. Terdapat taman bermain didalamnya bagi kalian yang bersama adik atau anak bisa kalian ajak untuk bermain disana seperti ayunan prosotan hingga naik kuda berkeliling taman bermain. Nah kalau buat kalian yang senang berfoto atau hobi fotografi kenjeran park bisa jadi salah satu destinasi yang bisa kalian kunjungi untuk menambah koleksi kenangan tentang kota surabaya. Adapun spot cantik yang bisa kalian kunjungi adalah Pagoda Tan Li yang berdiri tegak di hamparan rerumputan, kemudian ada pula patung Dewi Kuan In yang berada di klenteng sanggar agung dan posisinya tepat di sisi laut dan ada pula patung Budha dengan kepala empat sisi. Cahaya saat sunset di ketiga lokasi tadi adalah momen yang pas untuk kalian yang menyukai fotografi. Pencahayaan dari matahari saat siang hari tidak akan membuat foto kamu semakin kontras karena walaupun Kenjeran Park terbuka tempat terbuka, banyak pepohonan yang tumbuh disana hingga udara yang berhembus tidak terlalu panas. Nah namun ada yang baru di kenjeran park ini yaitu Atlantis tempat berenang yang baru di bangun disana karena dulunya memang ada tempat renang disana namun sekarang bergantikan atlantis dan terdapat banyak permainan air di kolam renang ini. Tapi kalian harus bersabar yaa, karena Atlantis akan segeresmi dibuka.

  1. Jembatan Suramadu

Siapa yang tak kenal ikon kota surabaya yang satu ini. Yaa jembatan Suramadu,  jembatan yang menghubungkan kota surabaya dengan pulau madura. Jembatan yang melintang diatas selat ini merupakan jembatan yang paling panjang di Indonesia. Jembatan Suramadu ini di prakarsai oleh ibu Megawati Soekarno Putri selaku presiden kelima Republik Indonesia. Panjang jembatan ini mencapai 5,500 meter dan telah mengalahkan panjang jembatan yang ada di Bandung. Jembantan Suromadu ini dibangun untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur dan perekonomian Madura karena setelah adanya evaluasi kota serta kabupaten di pulau Madura sangat tertinggal dalam perekonomian dan infrastuktur padahal madura masih menjadi provinsi Jawa Timur untuk itulah jembatan suramadu ini dibangun agar dapat memperbaiki kota serta kabupaten di pulau Madura. Selesainya pembangunan jembatan Suromadu ini, tempat ini menjadi ikon dan kebanggaan kota Surabaya mengapa? Karena jika kalian berada di pulau Jawa maka kalian harus ke kota Surabaya terlebih dahulu agar kalian bisa melintasi jembatan terpanjang di Indonesia ini. Selain menjadi penghubung antara dua pulau, jembatan ini pun menjadi kunjungan destinasi yang sangat di gemari oleh warga surabaya dan sekitarnya. Keindahan lampu yang menyorot di jembatan suromadu ini menjadi salah satu momen yang bagus untuk diabadikan saat kalian melintasi jembatan ini. Namun jika kalian tidak ingin melintasinya kalian bisa menuju kenjeran disana kalian akan dapat melihat keindahan jembatan suramadu yang melintang dari kejahuan. Jadi pilih mana yang kalian suka,  melintasinya atau hanya melihat dari kejauhan sama sama indahnya kok.

  1. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Kebun binatang surabaya ini pernah menjadi kebun binatang yang terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara. Terdapat lebih dari 351 spesies dengan banyak binatang sejumlah 2806 ekor yang terdiri dari binatang langkah dan juga mamalia, aves, reptil serta pisces. Pertama kali kebun binatang ini didirikan meurut SK Gubernur Jendral Belanda pada tahun 1916 dengan nama kebun botani dan binatang surabaya. Pertama kali kebun binatang ini dibuka untuk umum adalah pada tahun 1918 kemudian menjadi kebun binatang terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara pada tahun 1970. Dalam perkembangannya kebun binatang surabaya ini telah berubah fungsi dari tahun ke tahun. Kebun binatangbyang dahulunya hanya menjadi penampungan binatang eksotis milik pribadi maka melalui perkembangannya berfungsi sebagai perlindungan, pelestarian, pendidikan, penelitian dan rekreasi. Dari tahun ke tahun binatang binatang yang ada di kebun binatang ini bertambah jumblahnya baik dari dalam negeri maupun dari luar negri. Kebun binatang surabaya pernah mendapati keluhan karena kematian beberapa hewan yang langkah dan dilindungi disana. Pada bulan agustus 2010 kementrian kehutanan mencabut izin kebun binatang karena semakin bertambahnya binatang binatang yang mati. Namun berita dan fakta tersebut tidak menyurutkan warga surabaya untuk tetap menjadikan kebun binatang surabaya ini menjadi destinasi kunjungan rekreasi keluarga atau rekreasi edukasi.

  1. Tugu Pahlawan Surabaya

Sebuah monumen bersejarah atau Tugu bersejarah di kota Surabaya berdiri setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Badan tugu ini berbentuk lengkungan lengkungan sebanyak 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi,  ruas dan lengkungan tidak dibentuk begitu saja karena tugu ini memiliki makna tanggal 10 bulan 11 tahun 1945. Tugu Pahlawan ini memang dibangun untuk memperingati dan mengenang tanggal tersebut dimana arek arek suroboyo melawan pasukan pasukan sekutu yang akan menyerang dan menjajah indonesia kembali. Untuk itu tanggal 10 November 1945 menjadi tanggal yang bersejarah untuk warga Surabaya dan seluruh warga Indonesia. Monumen ini juga berada di tengah kota tepatnya dijalan Pahlawan Surabaya. Tugu Pahlawan ini menjadi ikon kota surabaya yang dinamakan Kota Pahlawan. Berada di tanah yang luasnya mencapai 1,3 hektar di wilayah alun alun contong kecamatan bubutan kota surabaya. Tugu Pahlawan ini dibangun selama sepuluh bulan dan di resmikan oleh presiden pertama yaitu bapak Ir. Soekarno pada tanggal 10 november 1952. Daya tarik dari tugu pahlawan ini selain monumen tugu pahlawan terdapat juga patung bung karno dan bung hatta yang sedang membacakan proklamasi. Namun di belakang patung terdapat juga Museum 10 november yang berbentuk piramida dan dibangun untuk memakamkan para pahlawan yang tidak dikenal identitasnya dan telah gugur pada saat pertempuran. Didalam museum ini terdapat banyak benda benda bersejarah dan terdapat diorama dari momen perjuangan perjuangan pada jaman dahulu. Untuk memasuki Tugu pahlawan ini tidak dipungut biaya mungkin hanya tarif parkir dan jika ingin memasuki museum kalian hanya dapat menunjukan kartu pelajar atau kartu mahasiswa, namun jika tidak ada kalian hanya membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

  1. House Of Sampoerna (HOS)

Surabaya memang memiliki banyak sejarah dan bangunan bangunan kuno yang masih berdiri kokoh sejak jaman penjajahan pun ada disana. Salah satunya adalah House Of Sampoerna sebuah museum rokok yang lokasinya dekat dengan jembatan merah ini mempunyai bangunan yang bergaya kolonial belanda dengan 4 pilar yang berdiri di depan pintu utama. Bangunan megah bergaya kolonial belanda ini adalah salah satu aset sejarah yang di rawat dan di lestarikan sejak tahun 1862. Dulunya tempat ini adalah sebuah panti asuhan putra yang dikelolah oleh Belanda. Kemudian pada tahun 1932 pendiri Sampoerna membeli tempat ini dan menjadikan tempat ini sebagai tempat produksi rokok sampoerna. Jika masuk komplek sampoerna ini kalian akan mendapati beberapa gedung dan gedung yang paling besarlah yang menjadi gedung utama sebagai museum. Sebelah kanan gedung utama adalah tempat tinggal keluarga sampoerna sedangkan sebelah kiri dijadikan untuk cafe dan galeri kesenian.  Dan disebelah auditorium akan kalian temui mobil mewah inggris rolls royce yang digunakan oleh keluarga sampoerna. Saat pertama kali kalian memasuki museum ini kalian akan disambut oleg aroma khas tembakau serta sapaan hangat ala indonesia yang di lontarkan oleh para penjaga museum.  Kalian bisa meminta penjelasan kepada mereka atau langsung bekerliling didalam museum karena semua barang braang yang disimpan disana sudah mempunyai penjelasan secara manual dan digital. Semua yang simpan di museum ini berhubungan dengan rokok beserta pembuatannya selain itu juga terdapat barang barang pribadi dari keluarga Sampoerna. Selain itu di lantai 2 kalian akan mendapati pernak pernik yang dijual serta kalian dapat melihat proses pembuatan rokok secara manual.

  1. Jembatan Merah

Jembatan merah merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih dibiarkan berbentuk alami walaupun beberapa kali di benahi agar tidak runtuh dan rapuh. Jembatan merah ini semasa dahulu jaman VOC menjadi sarana yang penting, karena sebagai penghubung jalan agar dapat melewati kalimas dan menuju gedung kerasidenan. Perubahan yang terjadi pada tahun 1890 hanya sebatas merubah pagar kayu menjadi pagar besi agar tetap kokoh. Jembatan merah ini dibangun atas kesepakatan Paku Buwono II dengan VOC pada tahun 1743. Didalam kesepakatan itu berisi beberapa daerah pantai utara termasuk surabaya diserahkan kepada VOC termasuk wilayah surabaya yang telah dikuasai kolonialisme Belanda. Sejak saat itu lah Jembatan merah ini menjadi kawasan komersial dan menjadi satu satunya fasilitator perdagangan pada masa itu. Disekitar jembatan juga banyak bangunan belanda yang masih di gunakan hingga sekarang termasuk salah satu pusat perbelanjaan disurabaya yaitu Jembatan Merah Plaza. Jembatan merah ini menjadi salah satu saksi hidup para pejuang tentara indonesia termasuk pahlawan pahlawan surabaya yang berjuang melawan kolonial Belanda. Untuk itu jembatan merah ini adalah warisan dari masa kemasa yang akan terus dijaga kelestariannya dari waktu kewaktu. Jika kalian melintasi jembatan merah ini jangan lupa berfoto disana atau disekitar sana karena masih sangat banyak bangunan bangunan khas belanda yang berdiri kokoh dan masih berfungsi hingga sekarang.

  1. Monumen Jalasveva Jayamahe

Monunen yang bersejarah dan lambang kejayaan laut Indonesia.  Monumen jalasveva jayamahe ini terletak di Surabaya tepatnya di Perak dan berada di dalam kawasan markas TNI Angkatan Laut. Monumen Jalasveva Jayamahe ini memiliki makna di Lautan kita Jaya dan makna tersebut merupakan Motto dari Angkatan Laut. Adanya monumen ini menjadikan pengingat bahwa Indonesia sejak dahulu memang sudah berjaya di lautan pada bidang kemaritiman. Monumen Jalasveva Jayamahe ini berbentuk seorang perwira Angkatan Laut yang berdiri tegak menghadap lautan serta berseragam lengkap dengan tangan kanan dipinggang dan tangan tiki memegang pedak yang bertumpu di lantai. Monumen ini memiliki tinggi 30,6 meter. Pembangunan monumen ini selama 6 tahun dan di resmikan pada tanggal 5 Desember 1996 oleh presiden Soeharto bertepatan pada Hari Armada Indonesia. Dibawah patung seorang perwira ini terdapat bangunan berbentuk bundar, didalam bangunan itu adalah sebuah museum. Maka selain dapat menyaksikan monumen bersejarah tersebut kita juga dapat mendalami sejarah TNI Angkatan Laut saat berada di museum. Disamping monumen ini juga terdapat gong yang sangat besar dengan berat 2,2 ton dengan ketebalan 6mm serta berdiameter 5 meter ini terbuat dari logam kuningan berlapis anti karat. Kalian dapat mengunjungi monumen ini tanpa ijin karena akan dibuka untuk umum pada setiap bulan desember bertepatan dengan hari armada indonesia.  Disana kalian akan menikmati berkeliling kawasan markas TNI Angkatan Laut serta berfoto dengan latar belakang kapal perang atau memasuki kepal kapal yang sedang diparkirkan disana.

  1. Hutan Wisata Mangrove

Mari berwisata alam di Surabaya! Surabaya juga punya wisata alam lho, wisata alam hutan mangrove salah satunya. Hutan mangrove ini merupakan hutan bakau yang dibangun agar dapat mencegah erosi dan mencecah luapan air laut. Selain untuk bertujuan melindungi alam hutan mangrove ini juga dijadikan wisata oleh para pengelolahnya. Antara lain adalah menjelajahi jembatan kayu sepanjang rawa. Jika tidak ingin melewatinya dengan berjalan kaki kalian dapat menggunakan boat atau perahu yang ada untuk menyusuri rawa hutan mangrove ini. Hutan mangrove bosem wonorejo ini terletak di jalan raya wonorejo no 1 rungkut Surabaya. Jalanan menuju ketempat ini memang blm begitu bagus karena masih terdapat pembangunan jalan disekitar mangrove tersebut. Tapi jangan khawatir ketika kalian berada disana kalian akan betah karena walaupun panas terik udara di tempat tersebut sangat sejuk karena banyaknya pepohonan dan tanaman bakau yang mengelilingi tempat tersebut. Jembatan kayu yang merupakan jalan utama menuju hutan kerap menjadi tempat wajib para wisatawan untuk berfoto ria disana dengan beberapa kelokan dan sedikit tangga untuk variasi jembatan juga menjadi daya tarik sendiri bagi mereka. Selain menjadi tempat wisata, tempat ini juga dijadikan para instansi dan beberapa komunitas untuk menanam pohon bersama karena memang pengelolah menyediakan beberapa lahan kosong untuk para wisatawan yang ingin menanam pohon disana. Jika kalian ingin ke tempat ini bisa dilakukan setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore.

  1. Kebun Bibit Wonorejo

Yuk kita menyusuri taman taman yang dibangun dan didirikan di Surabaya. Sebagai salah satu kota terbesar di Jawa Timur Surabaya memiliki banyak taman dan kebun untuk menjadi tempat wisata para warga surabaya dan sekitarnya . Yang pertama kita awali dari Kebun Bibit Wonorejo letaknya hampir dekat dengan hutan mangrove namun Kebun Bibit Wonorejo ini berada di dalam komplek perumahan. Menjadi salah satu kebun yang terbilang baru kebun bibit wonorejo ini menjadi tempat yang sering dikunjungi warga surabaya untuk sekedar bersantai atau jalan jalan menikmati sejuknya udara.  Luas kebun ini sekitar 5,6 hektar dengan beberapa spot yang bisa kalian nikmati antara lain spot danau, wall climbing anak,  kandang rusa,  kandang unggas, jogging track, play ground, fitnes area, taman bunga, terapi batu,  rumah anggrek, bibit tanaman, rumah kompos, dan masih banyak lagi. Spot danau adalah spot yang paling sering dinikmati karena disana kalian dapat berfoto dengan latar belakang danau yang indah. Selain itu spot play ground dan wall climbing anak juga menjadi spot yang laris dikunjungi karena biasanya beberapa sekolah mengadakan piknik dan jalan jalan dikebun bibiti ini. Para warga sekitar juga sering mengunjungi tempat ini untuk berolahraga dengan memanfaatkan fitnes area dan jogging track. Kebun bibit ini dibuka mulai pagi hingga pukul 5 sore saja.

  1. Taman Bungkul

Mari beralih ke taman bungkul. Siapa yang tidak mengenal taman bungkul ini.  Taman yang terkenal karena penghargaan yang diperoleh dari perserikatan bangsa bangsa pada tahun 2013 yaitu Asia Townscape Award sebagai taman terbaik se Asia. Awal mula Taman ini dinamakan Taman Bungkul karena beasal makam salah satu tokoh penyebar agama islam di surabaya dan sekitarnya nama beliau adalah Ki Ageng Supo yang diberi gelar sunan Bungkul atau mbah bungkul. Karena letak taman ini berada didepan makam beliau maka dari itu taman ini bernama taman bungkul. Diresmikannya taman ini menjadi taman kota pada tangal 21 maret 2007 maka perkembangan taman ini semakin bagus karena adanya beberapa sarana sarana yang dapat digunakan untuk warga seperti skateboard track dan bmx track, joging track kemudian plaza yang ada di tengah taman untul melaksanakan beberapa event salah satunya adalah live music performance, zona akses wifi, area green park dengan air mancurnya, taman bermain hingga pujasera. Taman bungkul ini dibuka setiap hari 24 jam dengan gratis karena berada di pinggir jalan membuatvtempat ini tidak pernah sepi pengunjung di hari kerja sekalipun. Namun pada weekend dan hari minggu merupakan puncak keramaian taman ini pasalnya setiap hari minggu jalan darmo yang terletak di depan taman ini menjadi area car free day maka tempat yang pas untuk bersantai saat selesai berolahraga adalah taman ini.

  1. Taman Bambu

Agak menjauh dari pusat kota, tempat ini berada di Surabaya Selatan tepatnya di Jalan keputih. Taman ini berisikan bohon bambubyang besar namun masih rindang taman ini menjadi salah satu destinasi kunjungan para wisatawan yang ingin selfi dan berfoto ria hingga kerap sekali tempat ini menjadi tempat preweding oleh beberapa pasangan. Harga tiket masuk yang cukup murah karena cukup hanya membayar parkir saja menjadi destinasi yang cukup murah meriah. Udara yang sejuk walaupun disiang hari membuat kalian betah untuk berfoto disana. Mulanya tempat ini hanya sebatas tanaman tanaman bambu yang berjejer di pinggir jalan hingaa kemudian lebat dan menjadi daya tarik bagi pengguna jalan yang melewatinya. Para pecinta fotografilah yang membuat tempat ini populer dengan niat mereka memblusuki tempat tersebut maka ter eksplore lah hutan bambu ini karena banyaknya tanaman bambu disana maka disebut sebagai hutan bambu. Jika kalian berada di tempat ini pada siang hari maka disarankan jangan merokok karena daun daun pohon bambu yang kering dan berjatuhan disana akan mudah terbakar oleh teriknya sinar matahari. Apalagi jika kalian merokok maka putung rokok tersebut bisa memicu daun daun itu untuk terbakar. Maka dimanapun kalian berada jagalah kelestarian tempat tersebut jauhkan dari sampah yang berserakan agar tempat wisata tersebut tetap terjada dan membuat kalian semakin nyaman jika kalian berada didalamnya.

  1. Taman Sakura

Masih berada di jalan keputih, Taman sakura ini cukup sangat dekat dengan Hutan bambu jika kalian sudah ke Hutan Bambu maka mampirlah sekalian ke Taman Sakura Surabaya ini. Sebenarnya tempat ini bernama Taman Harmoni Keputih Surabaya namun banyak yang menjuluki sebagai taman sakura padahal disana tidak ada bunga sakura hehehe. Walaupun tidak ada bunga sakura disana tapi bermacam macam bunga dengan berbagai warna ada di sana. Mungkin sedikit panas, tapi disana bisa menjadi destinasi yang menarik untuk kalian dan keluarga untuk bersantai karena pemandangannya cukup menarik. Orang orang disana sering menggunakan taman ini sebagai background foto agar terlihat keasliannya. Terdapat berbagai banyak spot untuk dapat mengambil banyak pose agar koleksi foto semakin banyak sehingga sering pula tempat ini digunakan untuk preweding. Mungkin selain tempat ini gratis tiket masuk namun hanya membayar parkir tempat ini juga menyuguhkan keindahan berbagai bunga.

  1. Monkasel

Monkasel atau monumen kapal selam yang hanya terdapat di surabaya ini merupakan monumen yang terkenal hingga saat ini. Monumen kapal selam ini sebenarnya adalah museum kapal selam dan merupakan KRI pasopati 410 armada angkatan laut republik indonesa buatan uni soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah digunakan untuk terjun langsung ke medan perang dalam pertempuran laut ara untuk merebut irian barat yang dikuasai oleh Belanda. Kapal selam ini kemudian di gunakan untuk monumen agar dapat memperingati keberanian tentara indonesia saat merebut irian barat. Monumen kapal selam ini berada di sebelah plaza surabaya yang berada di jalan pemuda. Selain dapat menjelajahi bagaimana didalamnya kapal selam itu ada juga diorama bagaimana proses pertempuran laut aru terjadi. Di dalam kapal kalian akan dibantu dan di pandu oleh penjaga yang bertugas menjaga kapal selam tersebut. Ada cerita unik yang terjadi dibalik berdirinya monumen kapal selam ini yaitu dimana KMM KRI pak Drajat Budiyanto bermimpi diperintahkan oleh KSAL untuk membawa kapal selam ini berlayar di kalimas. Dan mimpi itu kemudian menjadi kenyataan karena ia ternyata ditugaskan untuk memajang kapal selam itu di samping plaza surabaya dan tepat di samping kalimas.

  1. Rumah Batik Surabaya

Batik adalah salah satubentuk gambaranyang mengungkapkan suatu cerita atau menggambarkan suatu benda dan kadang mempunyai arti sebuah doa. Batik adalah suatu seni yang berasal dari Indonesia dan sudah menjadi budaya dan tradisionalnya Negara kita. Batik, biasanya di aplikasikan pada suatu kain dan pada kain tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam baju atau pembungkus yang memang biasanya terbuat dari kain. Seiring perkembangan zaman yang berlangsung kain batik kini menjadi mode tren tidak hanya dikalangan atas kini batik telah dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Kini batik taleah teraplikasi di berbagai media seperti peralatan rumah tangga sepatu, sandal, lampu dan benda benda lain. Rumah batik di Surabaya ini juga menyediakan semua bentuk aplikasi batik mulai dari kain hingga barang barang modern ada didalamnya. Rumah batik ini terletak di jalan tembok dukuh I no 4 Surabaya. Tempat ini memang sering dikunjungi oleh mereka yang memang mencintai batik namun ada juga yang membutuhkan batik. Karena kini batik sudah menjadi kain yang harus dimiliki oleh semua orang. Di rumah batik ini terdapat berbagai macam koleksi batik dengan berbagai macam corak dan ragam yang tersendiri pada setiap daerah, dan di rumah batik ini memiliki ragam dari 16 Kabupaten yang ada di Indonesia. Rumah batik buka setiap senin sampai jumat pukul 08.00-20.00 WIb dan sabtu sampai minggu pukul 08.00-19.00.

  1. Masjid Nasional Al-Akbar

Jika bekunjung di suatu tempat bagi kalian yang beragama Muslim pasti membutuhkan tempat beribadah. Surabaya memiliki banyak sekali masjid dan musolah yang di bangun dan telah berdiri rapi disetiap kecamatannya. Namun Surabaya juga memiliki beberapa Masjid besar untuk dilakukannya ibadah ibadah yang membutuhkan tempat yang besar, salah satunya adalah Masjid Al-Akbar dikenal dengan nama Masjid Agung Surabaya pada dahulu kala. Masjid Al-Akbar ini menjadi salah satu masjid kebanggan warga Surabaya karena menjadi salah satu kunjungan bagi para wisatawan dari luar kota atau mancanegara. Masjid ini sangatlah luas, bahkan menjadi masjid terluas setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Mempunyai dua sisi gedung yang bernama gedung Safa dan gedung marwah, kedua gedung kerap dijadikan tempat resepri pernikahan setelah selesai berlangsungnya ijab qabul di gedung utama (tengah). Selain dapat digunakan untuk beribadah masjid ini juga dapat menjadi tempat pelepas penat setelah lama berada dijalan. Mampirlah ke masjid ini yang terletak di jalan masjid Al-Akbar Timur No 1 Pagesangan Surabaya.

  1. Klenteng Hong Tien Hian

Klenteng hong tien hian ini adalah klenteng tertua di Surabaya. Konon ceritanya Klenteng ini dibangun oleh pasukan Tar-Tar di jaman Khu Bilai Khan pada awal majapahit berdiri. Klenteng ini ute;ah berdiri ratusan tahun lamanya dan terletak di kawasan pencinaan yang b eralamat di jalan dukuh Surabaya Utara. Lokasi klenteng ini tidak jauh dari jembatan merah, karena letaknya jyang berada di jalan dukuh maka sering sekali warga setempat menamakan tempat ini sebagai klenteng dukuh. Ketika pertama kali memasuki klenteng Hong Tien Hian kalian akan menemui bangunan utama yang dipisahkan oleh gang kemudian dari dua bangunan tersebut seperti terdapat jembatan yang dijaga oleh dua naga. Pada lantai satu di bangunan itu terdapat altar macko dan kong co sedangkan pada lantai dua terdapat altar untuk Budha, Dewi Kwan In dan dewi dewi lainnya. Pada hari hari besar seperti imlek klenteng ini sangat ramai penunjung untuk melakukan ibadah oleh penganut agama Khong Hu Cu selain itu klenteng ini kerap digunakan untuk melakukan pertunjukan wayang Potehi. Tidaak hanya dikunjungi oleh umat yang akan beribadah, manum klenteng ini juga sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan local maupun luar kota untuk berwisata melihat lihat indahnya klenteng tertua di Surabaya ini.

  1. Gereja Santa Perawan Maria

Setelah adanya klenteng tertua maka di Surabaya juga terdapat Gereja Tertua di Surabaya Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria adalah salah satu gereja tertua di Kota Surabaya dibangun pada tahun 1815 berlokasi di jalan kepanjen Surabaya. Bangunan gereja ini berdampingan dengan sekolah SMA Katolik Frateran Surabaya. Sebelum gereja katolik kelahiran santa perawan maria ini di bangun, sudah ada gereja pertama yang di bangun di Surabaya dan bergaya eropa yang terletak di pojok jalan Kepanjen Kebonrojo. Pastor Waanders sering mengadakan misa untuk umat katolik di Surabaya semakin hari umat yang datang untuk melakukan misa semakin banyak saja untuk itu para umat merencanakan membangun gereja baru setelah diresmikannnya gereja baru kemudian para umat berpindah ke gereja baru ini dikarenakan gereja yang lama telah rusak. Gereja ini sering dikenal dengan nama gereja kepanjen berdiri tegak dengan balutan dindin klasik bergaya eropa, dirancang oleh arsitektur belanda dengan atap berbentuk kuba yang disertai pilar pilar tinggi. Pondasinya terbuat dari 799 kayu galam dari Kalimantan, kemudian di depan pintu utama diapit patung santo Petrus dan Paulus. Bangunan ini sangat megah dan bergaya eropa seperti bangunan jaman dahulu yang membuat para wisatawan tertarik untuk melihat gereja tersebut. Bagi kalian umat Katolik jangan lewatkan gereja tertua ini sebagai salah satu peninggalan bersejarah di Surabaya.

23 Ciputra Water Park

Ciputra waterpark merupakan destinasi wisata air yang dapat kalian kunjungi bersama keluarga atau kerabat. Dengan luas wiilayah sebesar 5 hektar ni membuat ciputra waterpark menjadi tempat wisata taman bermain terbesar di Indonesia. Wahana wahana permainan di tempat ini juga sangat banyak dan lengkap apa lagi tempat ini  terinspirasi dari salah satu vcerita dongen dengan judul petualangan Sinbad. Dari beberapa wahana yang ada, wahana yang paling seru dan digemari adalah Syracuse Beach yaitu kolam ombak yang luasnya mencapai kurang lebih mencapai 1800 meter persegi degan kedalaman 120 meter disini kalian akan mersakan teromang ambing diatas ombak seperti berada di tengah lautan. Merasakan pula meluncur dari ketinggian 15 meter dengan medan yang berkelok kelok agar lebih memacu adrenalin di wahana Roc tower. Selain itu ada sirens river yaitu sungai buatan diamana kalian dapat menelusuri sungai buatan in dengan pelampung. Selain kolam dengan berbagai wahana didalamnya kalian juga bisa menikmati trampoline dan flaying fox. Kalian bisa menikmati ciputra water park ini setiap hari senin hingga jumat pukul 1 siang hingga 7 malam dan sabtu minggu pukul 10 pagi hingga 7 malam. Bayangkan asyiknya berenang dengan berbagai wahana yang menantang dan menyenangkan di ciputra water park ini.

  1. Taman Apsari

Kini taman ini berada di depan Grahadi walaupun dulunya berada di belakang Grahadi karena pada jaman dahulu gedung grahadi ini menghadap ke Kalimas. Taman dengan luas sekitar 5300 meter ini kini menjadi tempat berkumpulnya para komunitas yang ada di Surabaya pada hari-hari tertentu. Pada jaman belanda taman ini bernama taman simpang karena berlokasi di jalan simpang. Dari masa ke masa kini taman apsari sudah menjadi salah satu taman kota, terdapat lapangan futsal di belakang patung atau monument Gubernur Suryo ini. Monument ini memmang dibangun untuk mengenang gubernur pertama di Jawa Timur. Tidak hanya itu dibelakang taman ini juga terdapat patung joko dolog yang berasal dari kerajaan Singosari pada masa pemerintahan raja kertanegara yang masih berdiri kokoh, jadikan tempat ini destinasi kalian saat dimalam gari karena disana banyak anak anak muda kreatif yang berkumpul pada hari hari tertentu seringnya pada Sabtu malam.

Belum ada Komentar untuk 24 Tempat Wisata di Surabaya Saat Malam & Pagi Hari Terbaru

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 24 Tempat Wisata di Surabaya Saat Malam & Pagi Hari Terbaru

Tempat Wisata di Bogor Puncak & Sekitarnya Terbaru Murah Meriah

19 Tempat Wisata di Bogor Puncak & Sekitarnya Terbaru Murah Meriah

T 23 September 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata di Bogor Jawa Barat & Sekitarnya – Memiliki sebutan kota hujan, disini udaranya sangat sejuk sekali sepoi – sepoi dan akan membuat kamu menjadi sangat betah berlama – lama, apalagi di daerah puncaknya yang merupakan wilayah dataran tinggi udaranya... Selengkapnya

Obyek Tempat Wisata di Bali Terbaru Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

20 Tempat Wisata di Bali Terbaru Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

T 21 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata di Bali – “Surga dunia” mungkin sebuah julukan yang layak untuk sebuah Pulau kecil seperti Bali yang memiliki berbagai tempat wisata mulai dari pantai, danau, taman, air terjun dan berbagai jenis objek wisata lainnya. Mulai dari kawasan Bali selatan,... Selengkapnya

Objek Tempat Wisata Lombok Yang Wajib Dikunjungi dan Menarik

23 Tempat Wisata Lombok Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

T 6 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata Lombok – Pulau ini merupakan salah satu surga wisata terindah yang ada di Indonesia, meskipun nama lombok island tidak se populer pulau tetangga (Bali) namun menurut saya destinasi wisata yang ada di Lombok lebih bagus daripada Bali karena masih... Selengkapnya

+ SIDEBAR

About Us

Tentang Kami Balazha.com merupakan sebuah situs dari perusahaan Tour & Travel yang menyediakan Paket Wisata, Sewa Mobil, Sewa Bus, Sewa Motor, Sewa Penginapan, Catering dan berbagai hal yang berhubungan dengan Travelling (Liburan). Saat ini kantor pusat Balazha.com berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga & orang - orang terdekat silahkan hubungi team kami untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mempermudah proses liburan anda. Selengkapnya Tentang Kami.

Contact Us

Halo buat kamu yang ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak kami di bawah ini, untuk pemesanan berbagai layanan Balazha.com juga bisa melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Ada pertanyaan khusus seputar Kerjasama & layanan kami? Jangan pernah sungkan untuk kontak kami sekarang juga, karena team kami sangat senang sekali membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan Balazha Indonesia secara online. Lihat Kontak Kami.