Beranda » Wisata Indonesia » 20 Tempat Wisata Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi & Lagi Hits 2017

20 Tempat Wisata Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi & Lagi Hits 2017

T Diposting oleh pada 23 September 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 293 kali

Wisata Jogja Jawa Tengah – Selain terkenal dengan destinasi wisata kulinernya ternyata kota jogja / Daerah Khusus Yogyakarta juga memiliki segudang tempat wisata alam yang sangat banyak sekali mulai dari wisata pantai, wisata sejarah, wisata gunung, danau, wisata adrenalin dan lain – lain. Ada banyak sekali lokasi wisata yang terbaru, kekinian, murah, paling bagus, keren, anti mainstream dan masih jarang sekali di kunjungi oleh para wisatawan jadi masih terlihat sangat virgin sekali belum tersentuh oleh banyak orang. Mulai Jogja Selatan, Utara, Barat & Timur semua memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini surga dunia yang ada di Jogja Jawa Tengah rekomendasi tim Balazha yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung saat malam, siang & pagi hari ketika berkunjung ke kota pelajar ini. Cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat & kekasih.

 1. Pantai Timang Jogja

Pantai Timang merupakan salah satu pantai yang tersebar di wilayah Gunung Kidul tepatnya di Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 558. Dari wilayah Kota Jogja ke arah Pantai Timang harus melewati jalanan yang sangat terjal dan berbatu. Untuk bisa masuk ke Pantai Timang yang indah ini kalian harus merogoh kocek agak dalam, yaitu sebesar Rp50.000,- memang sih terbilang cukup mahal, tetapi keindahan alam yang disuguhkan pun tidak akan mengecewakan para penikmatnya. Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Timang ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luar sehingga pemandangannya masih sangat asri dengan pasir putih yang terhampar bersih di sepanjang pesisir pantai. Selain pasir putihnya yang menawan, Pantai Timang juga menyuguhkan pemandangan yang indah dengan adanya tumbuhan pandan berderet yang tumbuh subur di sekitar pantai serta perbukitan batu pantai yang menawan. Adapun yang menjadi tujuan utama wisatawan datang ke Pantai Timang ini yaitu karena adanya gantole tradisional yang merupakan kereta gantung yang terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang tali plastik yang sangat kuat. Jarak luncur gantole sekitar 50-100 m ke arah barat menuju Pulau Timang. Gantole ini dapat dinikmati pengunjung dengan mengeluarakan uang sekitar Rp150.000 – Rp200.000. Dengan ini pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan pantai yang indah dari atas gantole yang dilengkapi dengan deburan ombak pantai di bawahnya. Jangan khawatir karena fasilitas yang satu ini aman kok!!

2. Taman Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Sejak didirikan pada tahun 2009, tempat ini langsung menjadi salah satu destinasi favorit dari Kota Jogja. Para wisatawan memilih tempat ini karena di tempat ini udaranya masih segar dan sejuk dengan suasana yang tenang tanpa banyak suara deru kendaraan bermotor. Taman wisata ini cocok banget bagi para traveller yang merindukan suasana alam bebas dan buat kalian yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kota. Tidak seperti taman wisata alam biasa, karena disini kalian bakal ditemani dengan hamparan pemandangan gunung sebagai pelengkap taman wisata yang begitu menakjubkan ini. Selain itu, Taman Wisata Alam Kalibiru ini juga menyajikan fasilitas outbond untuk para pengunjung yang ingin sedikit menantang adrenalin sambil berlibur. Bila kalian sudah puas bermain-main di taman ini, kalian wajib mengakhiri petualangan dengan naik flying fox menuju puncak pohon dimana kalian bisa melihat panorama Waduk Sermo. Bahkan jika cuaca cerah nampak di kejauhan deburan ombak pantai selatan yang sangat cantik menawan. Tidak perlu khawatir, jika kalian ingin mampir dan menghabiskan waktu liburan di tempat ini karena Taman Wisata Alam Kalibiru buka selama 24 jam non stop. Sangat menakjubkan bukan? Nah untuk semua suguhan ini kalian cukup mengeluarkan uang sebesar Rp40.000,- untuk tiket masuk sebesar Rp5.000 dan untuk paket outbond sebesar Rp35.000.

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Ingin berlibur ala-ala timur tengah di lautan gurun pasir? Tidak perlu jauh-jauh untuk terbang ke luar negeri, karena Indonesia pun punya spot ini teraptnya di Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja.  merupakan salah satu wisata gurun pasir yang berada di Pulau Jawa khususnya daerah Jogja. Spot wisata yang beroperasi mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB ini berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Kabupaten Bantuk, Yogyakarta  55772. Pesona alamnya tidak kalah dengan gurun pasir yang ada di Afrika, Mesir ataupun Dubai. Untuk masuk ke area ini kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis dan tidak ada pemungutan biaya.  Di tempat ini kalian dapat menikmati suguhan pesona alam dari hamparan pasir kecoklatan yang membentang luas sembari menikmatai smeilir angin sepoi-sepoi. Tak hanya itu, disini kalian juga bisa mencoba sandboarding serta bersantai sembari menatap matahari terbenam. Dan satu lagi yang bisa kalian lakukan di gurun pasir ini, kalian para wisatawan bisa bermain dan bersantai megelilingi lautan pasir serta menikmati indahnya pemandangan dengan naik ATV ataupun dengan menunggang kuda. Nah untuk itu kalian harus menyewa pada pengelola tempat wisata dengan mengeluarkan biaya sewa berkisar antara Rp50.000 – Rp150.000 untuk satu tunggangan baik itu ATV atupun kuda. Selain itu, banyak juga orang yang memanfaatkan Gumuk Pasir Parangkusumo ini untuk melakukan pemotretan pre-wedding! Banyak pasangan yang telah melakukannya, karena Gumuk Pasir ini begitu unik dan tiada duanya di indonesia.

4. Curug Luweng Sampang

Wisata alam air terjun yang dikenal dengan nama Curug Luweng Sampang ini berlokasi di Jl. Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Berbeda dengan beberapa air terjun di Indonesia, yang istimewa dari air terjun ini yaitu alur yang membentuk corak pada dinding batu terlukis alami oleh aliran air. Keunikan pola bebatuan Curung Luweng Sampang memiliki kemiripan dengan Antelope Canyon di Amerika Serikat, yang berbeda adalah warna bebatuannya. Untuk bisa menikmati keindahannya kalian harus mampir  ke Curug Luweng Sampang. Kalian bisa melalui Jalan Jogja-Solo dan arahkan tujuan ke Kecamatan Ganti Warno. Ikuti arah jalan tersebut kira-kira ke arah tenggara hingga tiba ke Desa Sampang. Jika Anda merasa bingung jangan malu bertanya kepada warga sekitar karena lokasinya yang begitu tersembunyi. Karena itu membuat Luweng Sampang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi luangkanlah waktu liburan kalian dengan berkunjung ke tempat eksotis yang sunyi ini mumpung belum terlalu ramai. Sesampainya di air terjun ini kalian bisa langsung menceburkan diri dan berendam di sejuknya air pegunungan yang mengalir langsung dari Pegunungan Sewu. Tentunya ini akan memberi kesegaran tersendiri setelah menempuh perjalanan panjang yang dilakukan untuk bisa ke tempat ini. Puaskan pula rasa ingin tahu kalian dengan menjelajahi berbagai terowongan dan ceruk tersembunyi yang ada di balik curug ini. Pastinya harus selalu berhati-hati ya gengs. Nah untuk menikmati semua yang dijanjikan tadi kalian gak perlu bayar, masih gratis. Just come and play guys!

5. Cave Tubing Goa Pindul

Goa Pindul ini merupakan sungai bawah tanah yang menjadi salah satu destinasi waterpark pilihan yang anti mainstream. Jika kalian penasaran dan berminat dengan tempat wisata yang satu ini, segera mampir. Objek wisata ini terletak di Desa Beriharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya di sebelah timur kota Jogjakarta. Disini kalian bisa menikmati objek wisata dengan menyusurinya menggunakan peralatan khusus yaitu ban dalam besar, karena itulah wisata ini dikenal dengan nama Cave Tubing.  Sambil berkeliling menyusuri sungai dan duduk santai di atas ban kalian bisa memanjakan mata dengan keiindahan stalaktit dan stalagmit yang sudah ada di goa ini sejak ratusan tahun lalu. Ada juga stalaktit dan stalagmit yang menyatu, menjadi yang terbesar ke-4 di dunia. Pada bagian tengah Goa Pindul terdapat suatu ruangan yang cukup besar sehingga cahaya bisa masuk dan terpancar dari atas goa. Tentunya saat cuaca cerah dan mendukung. Bagian ini merupakan pusat bagian goa yang menjadi destinasi utama para wistawan  karena dapat di jadikan sebagi spot foto yang menarik. Cave Tubing Goa Pindul buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Adapun tiket masuknya dibedakan antara wisatawan lokal dan asing. Untuk wistawan lokal cukup membayar dengan Rp35.000 sedang untuk wisatawan asing membayar dengan Rp50.000, namun harga tiket ini bisa saja berganti sewaktu-waktu.

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan gua vertikal dengan hutan purba yang rapat di dasarnya. Sebuah lorong sepanjang 300m yang dihiasi dengan ornamen gua yang indah akan membawa anda menuju Gua Grubug, dimana kalian semua bisa melihat keindahan alam yang tidak akan bisa kalian lihat di tempat lain. Adanya cahaya yang menyinari langsung ke dalam gua, benar-benar menjadi surga cahaya. Goa Jomblang sangat terkenal karena kunikannya ini yang memang benar benar tak terbantahkan lagi. Keindahan Goa Jomblang ini bisa kalian nikmati langsung yang berlokasi di rentangan perbukitan pesisir selatan yang memanjang dari gombong Jawa Tengah hingga kawasan pengunungan sewu, tepatnya di Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terdapat 4 (empat) jalur yang bisa kalian lewati untuk menjelajai dan menemukan keindahan Goa Jomblang, jalur pertama merupakan jalur yang paling mudah yang biasanya di sebut dengan jalur VIP. Di jalur ini kalian akan melintasi lintasan terjal yang bisa di lewati dengan berjalan kaki kok gak perlu susah susah lagi, jalur ini akan kalian lewati sepanjang 15 meter. Bagi yang belum terbiasa untuk menjelajah tempat yang sulit di temui seperti Hoa Jomblang ini memang agak susah bahkan bisa di bilang memang susah dan melelahkan, belum di tambah lagi dengan cerita-cerita seram yang di ceritakan oleh para penjelajah sebelum sebelumnya namun jangan berkecil hati dulu. Setelah kalian sudah bertemu dengan Goa Jomblang ini di jamin tidak akan menyesal bahkan kalian pasti ingin datang lagi ke tempat ini. Untuk menikmati keindahan Goa Gomblang ini memang boleh di bilang cukup mahal karena jika menuju tempat ini kalian akan di berikan alat-alat keamanan yang di butuhkan dan menjamin keselamatan, cukup membayar sebesar Rp.150.000 itu sudah termasuk semuanya tinggal menikmati perjalanan dan hasil akhirnya yang sangat sangat memuaskan.

7. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok ini adalah tempat wisata yang merupakan meta air yang biasa dimanfaatkan sebagai pemandian dan snorkeling, karena keindahan di bawahnya yang indah bahkan tidak terkalahkan jika di bandingkan dengan keindahan bahwah laut. Umbul Ponggok ini terletak di Desa Ponggok, Klaten Jawa Tengah.

Di dalam Umbul Ponggok ini terdapat berbagai macam ikan warna-warni yang semakin menjadikan keindahannya tidak pernah terbayangkan sebelumnya dan juga dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi faforit snorkeling. Jika biasanya untuk menikmati keindahan ikan berwarna-warni dan aneka macam bebatuan karang kalian harus datang jauh-jauh ke dalam laut maka Umbul Ponggok ini menjadi alternatif bagi kalian yang ingin snorkeling dengan mudah tanpa perlu khawatir he he he..

Umbul Ponggok  ini berbeda dengan dasar kolam lain yang dasar lanatainya berupa keramik, namun dasar dari Umbul Ponggok ini masih sangat alami yakni hambaran bebatuan karang dan pasir yang semakin mempercantik tampilannya. Di dalam Umbul Ponggong sendiri sudah terdapat tempat penyewaan untuk snorkelling seperti berikut

  • Kaki katak Rp. 5000
  • Snorkel Rp. 10.000
  • Pelampung Rp.5000
  • Ban Rp. 5000

Dan terakhir yang paling banyak menarik para wisatwan yang datang karena di Umbul Ponggok ini kalian bisa berfoto dan pemotretan di dalam air. berbeda dengan pemtretan di dalam air yang hanya begitu begitu saja, di Umbul Ponggok ini kalian bisa berfoto menggunakan konsep dan juga terdapat penyewaan alat alat yang dapat di gunakan sebagai media foto seperti sepedah ontel, motor, dan lain lain yang bisa kalian gunakan untuk berfoto di dalam air. juga ada penyewaan kamera underwater dengan tarif Rp.60.000 untuk 30menit dan Rp.100.000 untuk satu jam. Untuk tiket masuk ke Umbul Ponggok ini hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.5000 murah bukna? Buruan deh cuss..

8. Goa Langse

Gunung Kidul memang kental dengan mitos. Ribuan tempat yang di percaya memiliki nilai spiritualitas tersebar di banyak tempat. Lagi lagi karena daerah ini memiliki sejarah panjang dan hubungan dengan banyak kerajaan seperti Majapahit dan Mataram yang menjadikan mitos itu begitu kuat. Tapi ini tetap saja mitos ya boleh percaya atau juga boleh tidak.. dan salah satu tempat terkenal yang memiliki mitos di Yogyakarta yakni Goa Lengse. Goa ini merupakan goa yang terdapat di tebing pantai selatan yang berada di Pedukuhan Gabug, Desa Giri Cahyo, Kecamatan Purwosari Gunung Kidul. Suasana pantai yang sejuk dan tenang di tambah lagi dengan adanya sinar matahari di kala sunset datang benar benar menambah kenikmatan setiap mata yang melihat dari goa yang luas ini. Setiap hari banyak orang yang datang ke tempat ini dengan maksud memanjatkan do’a agar memperoleh keberhasilan dan kesejahteraan dalam hidupnya. Pada saat tertentu seperti Selasa dan Jum’at Kliwon pengunjung Goa Lengse lebih banyak lagi jumlahnya, rata-rata mencapai 30 orang.

Untuk mecapai Goa Lengse yang merupakan goa yang terdapat di tebing kalian harus memanjat dan hanya tersedia tangga kecil dari bambu, ada tangga yang berasal dari besi tetapi sudah berkarat karena terkena air laut. Jadi harus super hati-hati ya, kalau perlu siapkan alat alat yang menjamin keamanan.

Hingga saat ini jika kalian ingin memasuki Goa Lengse dan menikmati keindahan pesona lautnya masih belum di kenai biaya apapun, tapi harus ingat ya tetap jaga keindahan alam milik Indonesia. Jangan sampai merusak ataupun menodai segala apaun yang sudah alami terdapat di situ.

9. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan warisan buadaya yang dimiliki Indonesia yang sudah terkenal hingga ke suluruh dunia, bahkan sudah di akui oleh UNESCO. Karena Candi Borobudur merupakan bangunan yang megah dengan arsitektur yang sangat detail yang peninggalan sejarah Indonesia yang terletak di Jl. Badrawati, Borobudur Magelang Jawa Tengah.

Menurut masyarakat asli Yogyakarta di sekitar Candi Borobudur mempercayai bahwa Candi Borobudur di bangun di atas sebuah danau purba. Misteri tentang adanya danau  purba ini muncul ketika seorang seniman Belanda mengajukan sebuah teori bahwa dulunya dataran gedung tempat Candi Borobudur berdiri merupakan sebuah danau, jika di lihat dari atas Candi Borobudur melambangkan sebuah bunga teratai. Teratai biasanya tumbah di atas air postur budha yang terletak di atas Candi Borobudur melambangkan sutra teratai yang banyak di temui dalam naskah agama budha namun teori ini menimbulkan pertentangan.

Namun kini tempat wisata Candi Borobudur ini sudah menjadi tempat wisata yang ingin datangi bukan oleh masyarakat Indonesia saja tetapi juga masyarakat asing sudah banyak yang mendatangi Candi Borobudur yang terkenal keindahannya itu. Daya tarik dari sejarah-sejarah kuno dan arsitektur yang sangat sangat detail dan cerita ceritanya yang membuat banyak orang penasaran. Bahkan banyak dari sekolah sekolah yang mengadakan wisata akhir semester atau study tour yang memilih tempat ini untuk di kunjungi. Jika kalian datang ke Yogyakarta tetapi tidak mampir ke tempat yang satu ini pasti rugi banget deh..

Untuk harga tiketnya sendiri sih tidak terlalu mahal hanya Rp. 30.000 hingga Rp.50.000 dan untuk warga negara asing (WNA) di kenai biaya US$ 20 hingga US$ 30 buruan deh ajak teman-teman kalian untuk datang ke tempat ini dan cintai keindahan yang dimiliki Indonesia.

10. Kebun Buah Mangunan

Pergi ke Yogyakarta tapi tidak membawa oleh-oleh untuk kembali pulang? Jangan bingun kalian harus mampir ke Kebun Buah Mangunan udaranya sejuk dan pemandangannya luar biasa. Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bentul. Lokasi ini berjarak sekitar 30km dari pusat kota Yoygakarta. Kebun Buah Mangunan berada pada ketinggian 150-200 meter di atas permukaan laut, titik ketinggian inilah yang menjadikan kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu.

Jika kalian datang ke Kebun Buah Mangunan ini kalian dapat melihat langsung dari ketinggian pantai parangtritis di bagian selatan dan di bagian baratnya terlihat ke elokan sungai oya yang snagat curam, menambah lagi keindahan dari Kebun Buah Mangunan ini. Di tambah lagi dengan banyaknya populasi monyet monyet liar di sekitar tempat ini memberikan daya tarik lain untuk para wisatawan yang datang ke Kebun Buah Mangunan. Selain saya tarik alami tersebut di Kebun Buah Mangunan ini juga sudah terdapat fasilitas fasilitas yang memadai. Seperti Outbond, Flying Fox, Jembatan Goyang, Bumi Perkemahan, Penginapan, Reflying dan masih banyak lagi yang dapat kalian nikmati langsung. Enakkan bisa menikmati berbagai wahana dan buah-buahan langsung dari pohonnya, di jamin tidak akan menyesal jika datang ke tempat ini. Di Kebun Buah Maangunan ini terdapat 1500 pohon durian, 300 pohon jambu air, 220 pohon jeruk, 950 pohon mangga, 40 ekor sapi, 200 aneka tanaman buah-buahan.

Untuk menikmati banyaknya buah buahan segar yang ada di Kebun Buah Mangunan ini kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 saja. Dan parkirnya gratis, di tambah lagi berbagai wahana dengan berbagai farian harga tentunya.

11. Taman Sari

Taman Sari ini merupak taman indah yang di miliki oleh Yogyakarta yang terletak di Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila kamu datang ke Yogyakarta belum lengkasp jika belum mendatangi salah satu tempat wisata yang dimiliki oleh kota istimewa ini, jika berbicara soal objek tembap wisata yang ada di kota Yogyakarta ini rasanya seperti tidak ada habisnya karena kota gudeg ini memiliki banyak sekali recomendasi tempat wisata yang harus di kunjungi mulai dari pantai, tempat bersejarah, candi, water park, air terjun dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak dan sekian indah tempat wisata yang ada di Yogyakarta ini ada juga tempat yang menjadi tujuan utama keluarga yang ingin berlibur di kota istimewa ini yakni Wisata Taman Sari.

Taman Sari merupakan salah satu tempat sejarah peninggalan jaman dahulu yang ada di Jogja. Seperti biasanya Kota Istimewa Yogyakarta ini memang kental dengan sejarah dan kebudayaan keraton. Taman Sari ini pernah menjadi saksi masa kejayaan masa Keraton Yogyakarta dalam sejarahnya, karena peninggalan sejarahnya itulah bangunannya mirip dengan keraton yang megah di jamnnya. Walaupun banyak tempat wisata modern yang ada di Jogja namun Taman Sari menjadi salah satu tempat yang banyak di kunjungi oleh wisatawan Indonesia bahkan luar negara.

Bila kalian ingin mencari tempat wisata yang bagus dan menarik maka taman sari ini bisa menjadi salah satu objek yang harus di kunjungi, karena selain tampilannya yang indah Taan sari juga menyuguhkan berbagai pelajaran tentang sejarah Yogyakarta pada masa kejayaan Keraton Jogja. Untuk keluarga yang mengajak anak anak berlibur tempat ini sngat cocok untuk memberikan pelajaran kepada anak kecil tentag budaya indah yang ada di Indonesia.

Untuk menikmati segala sesuatu indah yang ada di Taman sari ini kalian harus mebayar tiket masuk seharga Rp. 5000 untuk wisatawan asli indonesia dan Rp.12.000 untuk wisatawan asing.

12. Air Terjun Sri Gethuk

Selain tempat tempat bersejarah yang di miliki oleh Kota Istimea Yogyakarta juga terdapat pedesaan di dalamnya yang memiliki keindahan alam yang alami dan masih sangat segar dengan udara yang sejuk yang sangat jauh dari polusi bahkan masih belum tersentuh oleh teknologi teknologi canggih yang sudah ada di era saat ini. Tepatnya di Kecamatan Playen Gunung Kidul yang merupakan daerah tropis yang masih jauh dengan hingar bingar perkotaan. Di tempat inilah terdapat air terjun yang sangat indah dan sangat tersembunyi bernama Air Terjun Sri Gethuk. Yang berada di desa ini tepatnya di Bleberan Gunung Kidul.

Air Terjun Sri Gethuk ini memiliki air yang sangat jernih yang mengalir jatuh dari atas tebing yang tinggi dengan begitu mempesona. Dinginnya air yang ada di Air Terjun Sri Gethuk menambah lagi kenikmatan yang ia suguhkan. Jernih dan alaminya air yang ada di Air Terjun Sri Gethuk ini di karenakan Air Terjun Sri Gethuk memiliki 3 (tiga) mata air sumber langsung dari kedalaman tanahnya, yakni mata air Ngandong, mata air Dong Poh dan mata air Ngumbul.

Namun tidak perlu khawatir jika ingin datang ke tempat ini karena masyarakat di dekitar Air Terjun Sri Gethuk sudah banyak yang mengetahuinya, memang kalau dari pusat kota bisa di bilang cukup jauh tetapi desa tersebut sudah bisa kalian temukan melalui smartphone. Selain itu untuk menikmati keindahan alam dengan hijau alami dari pepohonan dan suara gemercik air bagaikan di alam bebas ini bisa kalian nikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebebsar Rp.7000,- saja sudah bisa bermainan ria dengan air dan suara suara burung yang semakin menambah lagi keindahannya.

13. Gua Rencang Kencono

Keindahan alam selanjutnya yang dimiliki oleh Yogakarta adalah Gua Rencang Kencono. Jika biasanya yang lekat dengan kota Jogja adalah sejarah namun juga bnyak cerita cerita legenda yang kental dengan mitos-mitosnya. Salah satu tempat yang banyak mengandung mitos tetapi memiliki keindahan yang luar biasa ini di miliki oleh Gua Rencang Kencono tepatnya berada di Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sesuatu peninggalan alam yang merupakan sebuah pohon Klumpit berusia ratusan tahun yang menjadi saksi bisu berbagai legenda Laskar Mataram dan kisah kisah yang tercipta di Gua Rencang Kencana. Gua ini merupaka satu satunya gua yang berada di Yogyakarta yang bisa di masuki oleh siapapun tanpa memerlukan bantuan alat apapun dan dengan mudah dapat di temukan tanpa harus melalui jalanan yang ekstrim dan menantang. Untuk memasuki Gua Rencang Kencono cukup menuruni tangga batu yang sudah di bangun sejak dulu. Saat kalian memasuki Gua Rencang Kencono ini kalian akan langsung di sambut dengan ke gagahan yang di berikan oleh sebatang pohon Klumpi yang tumbuh megah menjulang ke atas melampaui ke tinggian Gua itu sendiri. Di dalam Gua Rencang Kencono sendiri terdapat sebuah peralatan atau ruang luas yang bisa di gunakan untuk mengadakan pertemuan. Namun juga terdapat sebuah ruangan kecil yang di dalamnya terdapat sebuah lukisan bendera merah putih dan berbagai kata kata penyemangan yang di tunjukkan untuk para pejuang.

Suara gemercik air dan angin yang berhembs dengan begitu tenangnya dari dalam air ini bisa kalian nikmati dengan Cuma Cuma karena Gua Rencang Kencono ini sepenuhnya di kelola oleh masyarakat Desa Wisata Bleberan. Tetapi meskiun gratis keindahan alam milik Indonesia ini tetap saja tidak boleh di rusak dan harus tetap terjaga kelestariannya.

14. Kaliadem

Masyarakat kota Jogja pasti sduah mengetahui adanya Gunung Merapai yang merupakan gunung berapi paling besar yang ada di Indonesia. Bahkan bukan hanya masyarakat asli Jogja saja yang mengetahui keberadaan Gunung Merapi ini bahkan seluruh Indonesia sudah mengatahui karena letusannya yang sangat dahsyat hingga dapat meluluh lantahkan puluhan kilometer bahkan ratusan desa yang ada di sekitarnya, letusan Gunung Merapi pun juga menari perhatian warga Negara asing (WNA) bahkan para ilmuan dari berbagai negara pun penasaran akan adanya Gunung Merapi ini.

Kaliadem merupakan titik terjauh yang di capai oleh lava dan alirabn piroklastik atau biasanya di sebut oleh masyarakat asli kota Jogja Wedhus Gembel. Tempat wisata Kaliadem terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Slemana Daerah Istimewa Yogyakarta. Derah kaliadem adalah daerah dataran tinggi yang memiliki suasana tenang dan udara yang sejuk, dari Kaliadem ini pemgunjung dapat melihat puncak Gunung Merapi 2km jarak pandang.

Selain itu kalian juga dapat melihat bagian dalam bunker yeng berada di kedalaman 2m di bawah tanah, yang telah di bersihkan dari pasir dan sudah di cat putih. Di depan pintu pun kalian akan di sambut dengan keindahan prasati batu yang menjelaskan secara singkat sejarah yang ada di tempat tersebut. Namun, menurut pemandu di sana pengunjung di harapkan untuk tidak datang ke tempat ini sendirian karena untuk menghindari hal hal buruk yang di sebabkan oleh aura aura mistis (ini boleh percaya juga boleh tidak ya.. tergantung dengan kepercayaan masing masing oke).

Untuk memasuki tempat indah ini tidak memerluka biaya alias gratis ttis tis.. untuk menginap di daerah lereng wisatawan bisa memesan kamar di salah satu penginapan yang ada di Kaliurang. Juga banyak terdapat hotel yang tidak hanya bisa di gunakan untuk penginpan singkat sajja tetapi juga dapat di gunakan untuk jangka waktu yang lama seperti liburan keluarga atau pertemuan pertemuan penting.

15. Bukit Bintang

Bikut Bintang yang terkenal dengan keindahan pemandangannya terutama saat malam hadi di mana langit depunuhi oleh bintang bintang yang bertaburan di mana mana. Bikit Bintang ini terletak di Pathuk Kabupakten Gunung Kidul Daerah Intimewa Yogyakarta.

Bukit Bintang ini merupakan tempat fafori untuk anak anak pecinta alam yang ingin menikmati alam hanya sekedar untuk nongkrong, tempat ini memang bebar benar tempat nongkrong yang sangat cocok sekali bertemankan angin malam dan gemerlap keindahan warna warni bintang bintang. Untuk mencapai Bukit Bintang cukup mudah hanyaa menyelusuri jalanan menuju Wonosari Gunung Kidul yang tidak jauh dar pusat kota. Jaalanan yang di lewati pun juga tidak sulit jika biasanya keindahan alam harus di dapatkan dengan susah payah melewati jalanan yang terjal dan menantang berbeda dengan jalanan menuju tempat ini yang sudah sangat mudah di lewati dan juga sudah beraspal. Saat cuaca cerah tempat wisata ini sudah sangat di padati oleh para wisatawan sejak sore hari. Biasanya setelah lelah berwisata ke pantai pantai yang ada di Gunung Kidul para muda mudi ini akan mampi ke Bukit Bintang untuk beristirahat sejenak. Dari atas Bukit Bintang ini dapat melihat langsung sunset di sore hari. Selain keindahan yang di suguhkan Bukit Bintang ini juga dapat kalian nikmati secara gratis dan Cuma Cuma. Benar benar akan menjadi momen yang berharga jika datang ke tempat ini bersama teman teman apalagi kekasih he he he

16. Keraton Ratu Boko

Seperti biasa kota Yogyakarta memang kental dengan cerita cerita sejarah kerajaan dan kental akan adat budaya Jawa Tengah, dan juga tidak ketinggalan peninggalan kejayaan Keraton pada masanya. Contohnya Keraton Ratu Boko yang merupakan kompleks istana megah yang di bangun pada abad ke-8 yang terletak di Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan yang merupakan bangunan termegah pada zamannya itu di bangun oleh salah satu kerabat pendiri Borobudur. Keraton ini tertelak di 196 meter di atas permukaan laut. Areaal istana seluas 250.000 m2 terbagi menjadi 4 (empat) yaitu tengah barat dan timur. Bila masuk dari pintu gerbang istana kalian akan langsung menuju ke bagian tengah, dua gapura tingga yang megah dan menawan akan langsung menyambut kalian para wisatawan yang mendatanginya. Gapura pertama memiliki 3 (tiga) pintu sederhana dan gapura kedua memiliki 2 (dua) pintu.

Sedikit yang tahu bahwa istana ini adalah saksi biksu awal kejayaan di tanah Sumatra. Sebagai sebuah bangunan peninggalan Keraton Ratu Boko ini memiliki keunikan jika di bandingkan dengan peninggalan yang lain. Jika bangunan lain umumnya berupa candi atau kuil maka sesuai namanya tempat ini menunjukkan ciri ciri sebagai tempat tinggal. Itu di tunjukkan dengan adanya bangunan berupa tiang dan atap yang terbuat dari bahan kayu, meski kini yang tertinggal hanya batur batur dari batu saja.

Dari Keraton Ratu Boko ini wisatawan dapat menyaksikan langsung keindahan matahari terbit yang sangat sangat memukau bahkan witawan asing ada yang mengatakan ‘ini merupakan matahari terbit terindah yang pernah saya jumpai dari seluruh dunia’ unuk menikmati keindahan matahari terbit ini hany perlu membayar Rp.25.000,- untuk dewasa dan Rp.10.000 untuk anak anak dan US$13 unuk WNA

17. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba merupakn gunung berapi yang aktif dari puluhan juta tahun yang lalu hingga saat ini Gunung Api Purba sudah di nyatakan tidak aktif lagi. Gunung ini berbentuk bingkahan batu andesit raksasa yang membentang 800 meter dan setinggi 300 meter. Gunung Api Purba ini mulai menari perhatian banyak wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Saat pengunjung sampai di lokasi untuk beristirahat sudah di sediakan pendopo berbentuk joglo.

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran ini terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Pathuk Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini masih belum ada akses angkutan umum untuk menujuk ke Gunung Api Purba ini jadi kalian jika ingin mendatangi tempat ini harus membawa kendaraan pribadi karena kalau berjalan kaki menuju ke tempat ini masih sangat jauh dari pusat kota. Untuk fasilitas yang sudah di sediakan oleh pemerintah daerah ini sudah sangat memadai yakni dengan adanya Posko Kesehatan, Pusat Informasi, Pusat Kuliner, Balai Pertemuan, Fasilitas MCK, Home Stay, Jalur Pendakian, Tempat Ibadah, Camping Ground.

Keindahan asli alami alam pegunungan dan berbagai macam pepohonan yang tumbuh dengan liar di tambah lagi dengan adanya berbagai macam hewan hewan yang siap untuk mengajak anda bernostalgia dengan alam yang memiliki suasana yang tenang di tambah lagi dengan hembusan angin yang semakin menambah lagi kenikmatan bagi para pengunjungnya. Untuk menikmati semua ini pengunjung atau para wisatawan hanya perlu mebayar tiket masuk sebesar Rp.7.000 untuk sore hari dan Rp.9000 untuk malam hari, dan harga dapat berubah seawaktu waktu selain itu pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran ini juga menyediakan paket wisata jika pengunjung berminat.

18. Museum Ullen Sentalu

Seperti biasanya Daerah Itimewa Yogyakarta memang kental akan budaya Jawa, di kota ini juga terdapat museum yang menampilkan seni dan budaya Jawa. Yang berlokasikan di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Slemang, Kabupaten Slemang, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di dalam Museum Ullen Sentalu ini pengunjung dapat melihat berbagi patung khas Jawa Tengah yang menceritakan sejarah sejarah yang sangat indah, bahkan bagus jika di pelajari dengan seksama tak heran kalau banyak juga murid murid yang datang ke tempat ini untuk melakukan study tour. Bahkan wisatawan yang datang ke tempat ini pun juga hanya warga asli Indonesia saja tetapi juga Warga Negara Asing ( WNA).

Di dalam Museum Ullen Sentalu ini pengunjung juga dapat melihat banyak aneka ragam topeng dengan berbagi karakter khas Jawa Tengah. Topeng umumnya di maknai sebagi penutup wajah, biasanya terbuat dari kayu, tempurung kelapa, kulit binatang, daun, ketar, karet atau logam yang di buat menyeruapai wajah manusia, dewa, raksasa, jin, atau binatang.

Desain arsitektur yang di miliki oleh Meseum Ullen Sentalu ini tidak di ragukan lagi kalau museum ini sudah berdiri sejak zaman Belanda karena desainnya yang memang mirip dengan bangunan Belanda pada sat itu. Jika terdapat ukiran ukiran yang menceritakan sejarah pada masa itu. Ukiran ukiran sejarah tersebut terpajang indah menghiasi dinding dinding Museum Ullen Sentalu.

Untuk harga tiket memasuki Museum Ullen Sentalu ini hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.40.000 untuk dewasa dan Rp.20.000 untuk anak anak.

19. Laut Bekah

Jauh dari adanya sejarah kota Yogyakarta yagng kental akan kebudayaan Jawa Tengah. Tempat wisata kali ini merupakan tempat wisata alami milik alam yang masih terjjaga kelestarian dan ke alamiannya. Yakni Pantai Bekah, yang berjarak 45 kilo meter dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1jam 30 menit. Pesona alam yang indah memang harus memalui berbagi macam. Perjalanan menuju Laut Bekah ini tidak semudah yang dibayangkan. Ketika jalan bercorblok masih dialnjutkan dengan yang lebih parah yaitu jalan berbatu dan tanah. Setelah cukup jauh menempuh jalan berbatu kemudian memasuki jalan bercorblok lagi. Suasana yang berada disini masih sangat asri dan masih banyak pepohonan yang tumbuh di tepi jalanan menuju tempat wisata ini.

Saat ini, untuk memasuki daerah wisata Laut Bekah tidak dikenai biaya alias gratis. Toilet yang bersih disana juga sudah tersedia sebagai fasilitas pengunjung. Di pucuk bukit sudah tersedia gardu pandan dan beberapa pondok bambu yang nyaman. Menikmati suara gemuruh air dari atas tebing dan ditemani suasana yang tenang ditambah lagi angin yang berhembus dengan santainya menjadikan Laut Bekah ini salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi. Meski tak bisa menyentuh air laut, di loaksi ini kalian akan menemukan kedamaian laut yang sesungguhnya. Suasana sunset dan sunrise disii juga cukup menyenangkan. Jika kalian beruntung ada hewan-hewan laut yang bermunculan di dasar karang atau di laut lepas. Pada waktu-waktu tertentu banyak gerombolan paus dan hiu yang bermunculan di Laut Bekah. Tak jarang penduduk sekitar sering melihat ratusan lumba-lumba yang melintasi Laut Bekah. Dari banyaknya hewan-hewan laut itu, kura-kura laut adalah salah satu hewan yang sering muncul dan berjalan di sela sela tebing karang.

20. Gua Si Oyot

Seperti biasa goa identik dengan gelap, lembab dan tempat kelalawar dan juga tempat berupa lorong. Ada satu goa yang berada di Gunung Kidul kondisinya lebih ekstrem daripada itu. Goa Si Oyot memang cocok bagi kalian yang suka tantangan. Kondisi ini pasti akan sangat menantang apalagi dalam menyusuri goa oleh pengelola hanya difasilitasi helm dan sepatu tampa diperbolehkan membawa penerangan. Goa ini terletak di Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupataen Gunung Kidul, DIY Jogjakarta.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar goa ini merupakan buatan seekor ular, sehingga pintu masuk yang kecil serta dalamnya berliku-liku seperti ular yang merayap zig-zag. Untuk menyusuri goa ini harus melewati genangan air yang penuh dengan lumpur serta gelap tentunya. Yang perlu menjadi catatan wisatawan yang ingin mencoba menyusuri goa ini adalah kondisi goa yang pendek maka sepanjang perjalanan harus berjalan dalam kondisi membungkuk.

Pada di tengah-tengah goa sungguh terdapat pemandanagn goa yang tiada bendingnya. Terdengar suara dan bau kelalawar yang khas. Namun, ada hal yang aneh dari kejauhan terdengar suara gemuruh air terjun tetapi di dalam Goa Si Oyot ini sama sekali tidak terdapat air terjun. Aneh tapi nyata. Inilah petualangan yang menakjubkan yang banyak menarik para wistawan.

Goa Si Oyot ini hanya beroperasi di musim kemarau. Kalau di musim hujan Goa Si Oyot akan ditutup. Untuk memasuki goa ini masih tidak dikenai biaya.

Belum ada Komentar untuk 20 Tempat Wisata Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi & Lagi Hits 2017

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 20 Tempat Wisata Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi & Lagi Hits 2017

Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Terbaru & Wajib Dikunjungi

19 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Terbaru & Wajib Dikunjungi

T 23 September 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata di Banyuwangi Jawa Timur – kalo udah lewat kota ini rasanya kurang sip kalo belum berkunjung ke lokasi wisatanya karena Banyuwangi sendiri memiliki berbagai macam destinasi yang cukup menarik mulai wisata pantai, gunung, air terjun, perkebunan, taman, wisata religi... Selengkapnya

Tempat Wisata di Bogor Puncak & Sekitarnya Terbaru Murah Meriah

19 Tempat Wisata di Bogor Puncak & Sekitarnya Terbaru Murah Meriah

T 23 September 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata di Bogor Jawa Barat & Sekitarnya – Memiliki sebutan kota hujan, disini udaranya sangat sejuk sekali sepoi – sepoi dan akan membuat kamu menjadi sangat betah berlama – lama, apalagi di daerah puncaknya yang merupakan wilayah dataran tinggi udaranya... Selengkapnya

Obyek Tempat Wisata di Bali Terbaru Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

20 Tempat Wisata di Bali Terbaru Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

T 21 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata di Bali – “Surga dunia” mungkin sebuah julukan yang layak untuk sebuah Pulau kecil seperti Bali yang memiliki berbagai tempat wisata mulai dari pantai, danau, taman, air terjun dan berbagai jenis objek wisata lainnya. Mulai dari kawasan Bali selatan,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

About Us

Tentang Kami Balazha.com merupakan sebuah situs dari perusahaan Tour & Travel yang menyediakan Paket Wisata, Sewa Mobil, Sewa Bus, Sewa Motor, Sewa Penginapan, Catering dan berbagai hal yang berhubungan dengan Travelling (Liburan). Saat ini kantor pusat Balazha.com berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga & orang - orang terdekat silahkan hubungi team kami untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mempermudah proses liburan anda. Selengkapnya Tentang Kami.

Contact Us

Halo buat kamu yang ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak kami di bawah ini, untuk pemesanan berbagai layanan Balazha.com juga bisa melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Ada pertanyaan khusus seputar Kerjasama & layanan kami? Jangan pernah sungkan untuk kontak kami sekarang juga, karena team kami sangat senang sekali membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan Balazha Indonesia secara online. Lihat Kontak Kami.