Beranda » Kuliner Indonesia » 24 Tempat Wisata Kuliner Medan Yang Enak Murah & Wajib Dikunjungi

24 Tempat Wisata Kuliner Medan Yang Enak Murah & Wajib Dikunjungi

T Diposting oleh pada 6 Juni 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 116 kali

Kuliner Medan – Liburan memang kurang lengkap kalo belum mampir ke tempat wisata kuliner yang ada di kota Medan karena disini banyak sekali tempat makan plus tempat nongkrong seperti (resto dan cafe) yang enak, unik, buka 24 jam dan murah. Selain itu ada pusat jajanan khas medan yang buka mulai pagi, siang hari hingga tengah malam. Kamu bisa berkunjung bersama keluarga dan sahabat untuk menjelajah destinasi wisata kuliner yang ada di kota ini. Kalo kamu datang bersama kekasih atau pacar ada banyak juga destinasi kuliner yang menyajikan suasana romantis dengan harga yang sangat bersahabat, namun soal rasa kalo kata Pak Bondan Winarno “tetep nuendang pol”. Berikut info daftar lokasi tempat wisata kuliner ala Balazha yang bisa kamu coba saat berkunjung di kota Medan, beberapa tempat ini juga cukup terkenal di dunia maya seperti instagram dan lain – lain.

  1. Tip Top

Jika Surabaya punya restoran es krim yang melegenda dengan nama Zangrandi, maka jangan khawatir jika kalian berada  di Medan. Medan juga punya restoran es krim yang yang melegenda. Restoran Tip Top wajib kalian kunjungi saat kalian berada di Medan. Restoran ini menyajikan es krim dengan resep nenek moyang yang masih di jalankan sampai saat ini. Berdiri sejak tahun 1930an hingga sekarang, tempat ini masih menyuguhkan dekorasi dan cara memasak yang sama seperti pada tahun 1930 itu. Walaupun zaman sudah semakin modern tapi restoran ini juga masih memasak makanan dengan tungku kayu bakar peninggalan zaman penjajahan belanda. Jika hanya dilihat es krim ini sama seperti es krim biasanya namun rasanya sedikit berbeda, Es krim di restoran Tip-top terasa lebih bersalju dan padat, es krimnya tidak mudah cair walaupun didiamkan cukup lama. Rasa manisnya pas dan tidak membuat rasa haus. Dulunya resto ini menjadi tempat berkumpulnya orang Belanda dari perkebunan maupun pemerintahan untuk menikmati breakfast di zaman colonial. Setelah Indonesia merdeka, Tip Top perlahan mulai dikunjungi penduduk lokal terutama di kalangan menengah dan atas. Turis-turis manca negara khususnya warga negara asing dari Belanda paling menggemari tempat ini karena dekorasi interior Belanda yang banyak dipajang. Suasana tempo dulu, membawa pengunjungnya merasakan layaknya berada di tahun 1930 an, di masa berdirinya restoran Tip-top untuk pertama kalinya. Tip Top dapat kamu kunjungi di kawasan Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Medan.

  1. Mie Aceh Titi Bobrok

Sepanjang jalan di Kota Medan pasti dengan mudahnya kita menemukan warung pedagang mie aceh. Mi aceh yang terkenal di Medan ini adalah mi Aceh titi Bobrok. Mi aceh titi bobrok ini berada di jalan setya budi bukanya mulai jam 11 siang sampai jam 9 malam. Rumah makan di dekat jembatan ini punya menu andalan mie dengan campuran kepiting, bisa mie goreng atau mie kuah. Mi aceh ini adalah mi kuning yang dimasak pedas. Pedasnya cukup menyengat, dan dalam penyajiannya selalu ditemani dengan lalap mentimun, beberapa potongan emping, acar dengan irisan bawang, dan disajikan dalam porsi yang cukup besar Harga satu porsi untuk mie kuah dengan daging atau kepiting sekitar Rp 17.000. Bila ingin sedikit murah, bisa pesan mie kuah atau mie kering biasa yang hanya Rp 8.000. warung mi Aceh ini disebut sebagai Mie Aceh Titi Bobrok karena cikal bakalnya warung ini dulu adalah warung kecil yang berada di pinggir jembatan yang sudah rusak.

  1. Wajir Seafood

Kita icipi hidangan salah satu restoran seafood yang ada di Medan, salah satu namanya adalah Wajir Seafood. Tempat makan yang satu ini selalu saja ramai pengunjung jika sudah memasuki waktu malam. Resto yang berada di jl colonel sugiono ini menyediakan menu olahan seafood yang sangat terkenal antara lain dan berbahan dasar aneka ikan, kepiting, udang dan cumi-cumi. Untuk menunya antara lain Cumi Telur Asin, Ikan Steam Tiociu, Udang Goreng Telur Asin, Kangkung Belacan Seafood, dan Belut Cabai Hijau. Jadi kalau ke Medan jangan lewatkan menikmati seafood di Wajir. Nama wajir sendiri berasal dari nama jalan dimana tempat makan ini berdiri yaitu jalan colonel sugiono yang dulunya dan orang medan mengenalnya dengan nama jalan wajir. Wajib dicoba buat kesini, gak bikin kantong bolong karena harganya yang relatif bersahabat dengan pelayananpun cukup cepat, ramah, dan bagus. Harga yang ditawarkan disana sekitar 20ribu rupiah hingga 30ribu rupiah per porsinya cukup murah kan untuk hidangan seafood. Wajir seafood buka pukul 16.30 hingga pukul 23.00 WIB setiap harinya namun kalo hari sabtu bukanya mulai pukul 11.00 siang WIB. Setiap harinya jam berapapun bukanya wajir Seafood ini tak pernah sepi pembeli.

  1. Gardenia Tropical Garden Resto

Medan juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang rekomendes buat kalian para sahabat, pasangan atau keluarga. Bagaimana tidak, menurut sejarahnya Kota yang merupakan ibu kota provinsi Sumatra Utara ini merupakan kota terbesar ke tiga di Indonesia. Untuk itu tak jarang wisatawan juga mengunjungi medan sebagai destinasi liburan mereka. Bagi kalian pasangan yang sedang berbulan madu dan membutuhkan tempat makan yang romantic kalian bisa mengunjungunjungi Gardenia Tropical Garden Resto yang ada di jalan jalan Dr Mansyur no. 8, Padang Bulan Selayang 1 namun kini resto ini hanya bergeser beberapa meter ke di Jl. STMK Dalam No. 2A masuk dari Jl. Dr. Mansyur. Agak susah mencari tempat ini, karena anda harus menelusuri sebuah jalan kecil. Tetapi justru disinilah kenapa tempat ini memiliki keunikan tersendiri karena lokasinya jauh dari keramaian dan suasananya asri dan adem. Resto ini dedesain dengan ruangan ooutdor dan indoor dengan desain interior yang menyatu dengan konsep dan membuat kalian akan terpukau dengan kemewahannya. Selain untuk para pasangan tempat ini juga rekomended banget buat santai bareng keluarga dengan menikmati kudapan yang disediakan disana, atau bagi kalian temen temen yang lagi reuni tempat ini juga rekomended biar bisa mengabadikan momen disana. Menu-menu yang disajikan di Gardenia Tropical Garden Resto memakai bahan-bahan tradisional beberapa diantaranya adalah ayam hitam manis, ayam pepes legian, nasi goreng rempah rempah dan masih banyak lagi. Tapi gak hanya makanan berat kok makanan ringan untuk camilan bersantai pun ada seperti durian tempura, chese potato skin danmasih banyak lagi. Untuk minumnya juga macam macam ala café. Untuk harga memang setara dengan rasa dan tempat yang nyaman banget dan ekstra mewah ini. tapi masih mudah di jangkau kok.

  1. Warung Sate Memeng

Di medan nggak cuma makan- makanan restoran kok yang hits, bahkan mempunyai menu makanan yang enak. Diwarung pinggir jalan pun juga memiliki menu makanan yang enak. Salah satunya adalah warung sate memeng. Warung ini benar benar di pinggir jalan karena dibangun diatas trotoar. Meja dan kursi untuk makan pun juga di trotoar, tidak besar dan juga tidak memiliki lahan parkir. Tapi warung ini sudah berdiri sejak 1945 yang di rintis oleh H. Muhammad Saimin atau yang sering di panggil Memeng makanya warung sate ini dinamakan warung sate memeng. Namanya saja sudah warung sate jadi sudah tau kan menu apa yang disajikan disini? Ya Sate. Sate memeng ini sama seperti sate biasa pada umumnya, terdiri dari sate daging sapi/lembu serta ada juga sate daging ayam hingga sate berisi jeroan sapi. Satu porsi sate disini di bandrol dengan harga 20ribu rupiah dengan isi 5 tusuk sate saja namun potongan dagingnya sangat besar besar. Seperti sate pada umumnya sate disini juga disiram dengan bumbu kacang bedanya kacang dicincang kasar dengan kuah kecoklatan jadi sate disajikan dengan bumbu yang encer seperti kuah. Walaupun dagingnya dipotong besar besar namun teksturnya tetap lembut kok karena dibumbuin dulu baru ditusuk dan di bakar. Selain sate warung ini juga menyajikan menu lain yaitu Mi rebus. Mi rebus disana mirip dengan mi kocok bandung. Lengkap dengan tauge, kentang rebus hingga kerupuk kanji dengan kuah yang kental dan berwarna kecoklatan. Rasa kuahnya sedikit manis, gurih dengan aroma bawang dan bumbu kari bisa kalian rasakan. Uniknya mi rebus ini dapat disantap bersamaan dengan sate dengan mencampurkan kuah sate kedalam mi kemudian sate menjadi lauknya. Sungguh nikmat bukan. Sate memeng ini berada di jalan irian barat depan uniland Medan Sumatra Utara buka pukul 6 sore hingga 1 dinihari .

  1. Soto Kesawan

Sarapan yang paling nikmat biasanya pake soto nih, karena kuahnya yang hangat akan membuat kita segar juga di pagi hari belum lagi jika sotonya mengandung bahan seperti santan, semakinlah mengenyangkan sebelum melakukan aktifitas agar lebih fresh. Salah satu warung soto yang bisa kalian kunjungi saat berkunjung di medan adalah Soto Kesawan. Soto kesawan ini meliliki special lauk, yang biasanya soto dihidangkan dengan isian ayam, daging, dan jeroan maka di Soto kesawan tidak hanya menyediakan itu melainkan ada isian udang juga hmm lain dari pada yang lain kan. Dari beberapa pilihan isian lauk disana kalian bisa memilih sesuai selera kok. Harga yang di banderol oleh warung soto kesawan ini hanya 22ribu rupiah per porsi. Tapi tenang harga asefitu kalian sudah dapat menukmati kuah soto beserta lauk pilihan sepiring nasi dan sebagai pelengkap agar memakan kudapan ini semakin sempurnya adalah cabe. Kenapa cabe bukan sambal? Nah itu dia keunikan warung iniyang disediakan untuk pelengkap soto adalah cabai hijau yang dicampur dengan kecap manis, dan yang paling harus diinget menyantapnya juga berbeda jangan campurkan cabe kedalam soto tapi makanlah cabe bersama nasi dan isian soto dijamin akan membuat anda ketagihan memakannya. Selain menunya yang menggiurkan pelayanannya pun juga mengesankan kok para pramu saji yang ramah akan membuat anda senang. Suasana interior disini ala kadarnya, penerangan di dalam warung disini boleh dibilang kurang terang dan tampak cat tembok terlihat tua. Walau demikian, disisi lain anda akan merasakan suasana menikmati kuliner khas Medan dalam bangunan colonial. Jika kalian ingin mencicipinya, kalian cukup datang ke jalan Ahmad Yani (depan Tjong A Fie Mansion), Medan, Sumatra Utara

  1. Soto Sinar Pagi

Ini dia soto khas medan yang paling popular di banyak kalangan, dan gak Cuma di medan di beberapa daerah diluar medan pun juga banyak yang mengenal soto yang satu ini. tak heran jadinya kalau miss universe pernah singgah untuk mencicipi Soto sinar Pagi saat ia berkunjung ke ibu kota provinsi Sumatra Utara ini. Warna kuah soto yang kuning kehijauan menjadi ciri khas soto Medan, yang juga membedakannya dengan soto daerah lain. Soto disini menyediakan dua varian isian soto yaitu daging sapi dan daging ayam. Tak lengkap bila soto ini tak disediakan bersama perkedel san sambal ala sinar pagi ini. rekomended banget buat kalian yang senag dengan soto dan gak ada salahnya buat coba soto khas medan ini. dinamakan sinar pagi, mungkin karena menyantap soto enaknya di pagi hari kali ya, atau karena bukanya di pagi hari? Ya, Soto sinar pagi ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingg pukul 14.00 WIB. Alamatnya ada di Jalan Sei Deli, simpang Gatot Subroto, Medan Sumatra Utara. Jadi jangan kaget jika sering macet karena banyak pembeli yang ingin sarapan dengan salah satu makanan khasnya mesan yaitu Soto sinar Pagi.

  1. Sate Padang Al-Fresco

Sate padang memang sangat diminati bagi warga medan dan sekitarnya. Sate padang sendiri merupakan sate yang umumnya menggunakan daging kambing dan dadging ayam. Bumbu satenya pun cukup khas karena menggunakan rempah rempah yang di racik khusus dan menurut selera orang padang pada umumnya. Sate padang di Sumatra Utara ini sangat terkenal banget, makanya tak jarang orang berjualan sate padang di medan juga. Salah satu tempat makan sate padang di medan dan memiliki banyak cabang yakni Sate padang Al-Fresco. Lokasi dijualnya sate padang dengan nama Al-Fresko antara lain ada di Jalan Perniagaan, Jalan H.M. Yamin/Serdang (Sebelah Bandrek Sahib), Jalan Setia Budi dan di Merdeka Walk. Sate padang al-fresco ini terkenal karena kuahnya yang pedas dan gurih. Salahsatu cabang yang cukup ramai adalah di daerah perniagaan. Harga sate padang disini di banderol hanya 20ribu rupiah per porsi.

  1. Rumah Makan Tabona

Orang medan yang mana yang tidak tahu rumah makan yang satu ini, rumah makan tabona. Rumah makan Tabona sudah menjadi icon sepanjang masa milik kota Medan sejak puluhan tahun yang lalu. rumah makan ini menjadi rumah makan yang legendaris dan banyak di kunjungi oleh wisatawan di Medan. Tempatnya memang tidak terlau besar, namun rumah makan yang sudah puluhan tahun ini tetap ramai pengunjung, apalagi di jam-jam makan siang, jalanan di sekitar rumah makan ini menjadi sasaran kemacetan kendaraan yang parkir untuk makan di rumah makan ini. menu yang ditawarkan di rumah makan ini adalah kari sebagai menu andalan, tersedia kari ayam, kari sapi, dan kari bihun. Di sini juga tersedia aneka macam lauk pelengkapnya, mulai dari kerupuk, emping, sate, dan lain-lain. Rumah makan ini biasa sibuk di jam-jam istirahat para karyawan yang berkantor di depan rumah makan ini. Makanya kalau agan berniat kesini usahakan untuk menghindari jam-jam penuh ketika makan siang. Rasa kari yang dihidangkan begitu menggugah selera, dengan bumbu yang meresap kedaging dan kuah yang kental. Harga yang dibanderol di rumah makan ini relative murah yaitu hanya sekitar Rp 26.000 saja per porsinya. Atau kalau kalian nggak suka dengan makanan berkuah maka bisa menjajal menu alternatif lainnya salah satunya seperti mie pangsit, yang berbanderol Rp 15.000 saja per porsi. Rumah makan ini buka dari pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB letaknya ada di persimpangan Jalan Kol. Sugiono dan Jalan Mangkubumi (kawasan Wajir).

  1. Rumah Makan Sipirok

Selain rumah makan tabona, rumah makan yang satu ini pun juga cukup  terkenal di Medan Sumatra Utara. Jika rumah makan tabona menyediakan menu special kari, maka di rumah makan Sipirok menyediakan special sup iga dan sum sum. Hmm kayaknya patut banget tempat ini jadi tempat yang rekomended buat kalian pecinta iga beserta sumsum tulang, karena rumah makan Sipirok lah yang paling special menyediakan dua bahan makanan andalan itu. Porsi yang disajikan cukup besar, daging yang empuk dan rasa sumsum yang super gurih waktu kalian menyedot tulangnya rasa lumeran sumsum pun hanyut di lidah, ditambah lagi kuah sopnya yang gurih enak dan segar menambah keinginan lidah semakin menggelora. Sop iga dan sum sum tulang ini memang jadi makanan wajib coba, jika kalian melewati depan rumah makan ini saja kalian akan terheran dan penasaran, bagaimana tida setiap harinya rumah makan ini dipenuhi pengunjung akan sudah parkir setiap siang dan akan kehabisan setiap sore. Karena rumah makan ini hanya buka dari pukul 10 hingg 3 sore saja. Kadang pula sebelum jam itu juga sudah habis. Harganya cukup menarik mulai 35ribu saja, kalian bisa mendapati nikmatnya sop iga ala Medan Sumatra Utara. Untuk menemukan rumah makan ini juga cukup mudah kok yaitu jika dari Jalan Gatot Subroto beloklah ke kiri ke Jalan Sunggal jika sudah sampai di simpang Sei Sikambing, namun jika anda berkendaraan dari arah Binjai, berlaku kebalikannya.

  1. Coffee Box

Ngopi di Medaan, bertempat di café. Hmm kayaknya ada nih salah satu café yang rekomended banget buat kalian yang suka nongkrong kumpul bareng temen temen dengan minuman kesukaan sejuta umat yaitu kopi. Coffe box, salah satu café yang kini sudah berdiri sendiri karena duli café ini hanya ada di mall sun plaza tapi kini coffee box ini sudah ada di jalan Palang Merah dekat dengan royal komodium. Interior bangunan dibuat semirip nuansa tempo dulu, misalnya penggunaan bahan kayu yang dominan serta elemen tradisional seperti lampu teplok, serasa dibawa ke masa lalu namun tetap memberikan nuansa nyaman dengan pembagian ruang indoor yang ber-AC dan non-smoking serta ruang outdoor di lantai 2. Menu menu yang disediakan juga banyak pilihan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat mulai dari Indonesian food, Chinese food hingga western food ada. Untuk minuman yaa tidak diragukan lagi disini spesialnya kopi dengan berbagai macam olahan minuman. Tapi jangan khawatir bagi kalian yang nggak suka kopi jagan takut unuk kesini karena di Coffe box ini juga menyediakan minuman lain seperti milkshake, jus buah, dan masih banyak lagi. Untuk harga masih bisa di jangkau kok yaitu sekitar 30 ribu rupiah untuk makanannya dan sekitar 20 ribu rupiah untuk minumannya. Tempat yang bagus dan nyaman bisa bikin kalian ketagihan buat nongkrong disana.

  1. Kedai Kopi Apek

Kedai kopi yang satu ini adalah salah satu kedai kopi yang sangat legendaries. Berdiri sejak 1922, hampir seabad kedai ini berdiri namun suasana interior san eksteriornya masih mempertahankan keasliannya. Kedai ini masih berada di Bangunan tua yang kokoh sejak ia berdiri sampai dengan saat ini, tanpa papan nama, tanpa billboard atau neon box modern, tapi bisa dipastikan kita tidak akan salah masuk kedai. Kedai kopi Apek ini berdiri sejak jaman orang tua Apek yang bernama Thia A Kee dan Khi Lang Kiao dan kedai ini masih berdiri kokoh sampai saat ini. usaha ini dilanjutkan oleh Apek saapan akrab Thia Tjo Lie beserta istrinya Lee King Lien. Walaupun Apek dan istri sudah meninggal tahun 2012 lalu, namun kedai yang masih di jalankan oleh generasi ketiganya masih sangat kental tanpa mengurangi ke khasannya pada jaman dahulu dengan cita rasa yang sangat melekat. Kedai kopi ini memang menyiapkan menu khas kopi serta roti bakar sebagai pelengkap, kopi Sidikalang dipadu dengan roti bakar diolesi srikaya dan telur ayam kampung setengah matang menjadi khasnya kedai kopi Apek ini. Apek menyajikan kopi terpisah dengan susu kental manisnya dalam gelas kecil, sehingga pengunjung bisa dengan bebas mengatur takarannya sendiri. Jika ketika di kedai ini kalian lapar dan ingin memesan makanan yang ada disekitar kedai ini silahkan saja karena kedai apek membebaskan kalian makan apa saja. Memang begitu banyak etnis Tionghoa yang ngopi dan sarapan di kedai ini namun tak jarang juga masyarakat pribumi menikmati kopi di kedai ini. inilah keistimewahan kedai kopi apek ini karena dapat menyatukan pecinta kopi tanpa memandang etnis. Kedai kopi apek ini bisa kalian temukan di jalan Hindu no 37 Medan Sumatra Utara dengan jam buka pukul 6 pagi hingga 2 siang.

  1. Mie Pangsit Tiong Sim

Bagi kalian yang non muslim, atau yang tidak menghindari makanan non halal maka cobalah mi pangsit yang ada di Medan ini. mi pangsit ini disajikan dengan daging babi, namum jika kalian tak suka dengan daging babi maka kalian bisa memesannya dengan meminta dipisah. 80% bahan makanan yang di sediakan disini berasal dari daging babi jadi buat kalian yang alergi atau bagi kalian yang muslim hindari saja tempat makan mi pangsit Tiong Sim ini. adapun menu menu yang disediakan di twmpat makan ini antara lain Mie/Kwetiau Goreng, Mie Pangsit, Nasi Campur, Kari Bihun, Nasi Hainam, Liong Tahu, Bakut Teh, Sate Padang, Aneka Gorengan, Bakpao, Lontong, Cin Cong Fan, Sate Kerang dan masih banyak lagi. Untuk harga yang di banderol di tempat makan ini cukup pas dikantong yaitu mulai dari 30 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah saja. Jam bukanya pukul 10 pagi hingga tutup di jam 10 malam. Maka tak heran bahwa tempat makan yang ada di daerah selat panjangm dibelakang hotel swis ber;in ini selali ramai dan jarang sepi pengunjung.

  1. Mie Ayam Kumango

Tempat makan ini merupakan salah satu mi ayam legendaris di kota Medan. Berdiri pada tahun 1958, di Jalan Kumango Medan yang kemudian nama Kumanggo menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari restoran ini. Restoran Mie Ayam Kumango, adalah salah satu tempat yang layak dicoba saat kalian sengaja berwisata ke kota multi etnis ini karena memang benar saja bahwa para pelancong senang ke medan untuk menikmati hidangan hidangan yang disuguhkan oleh kota Medan Sumatra Utara ini. Mi ayam disini sudah menjadi langgangan orang medan mulai dari yang muslim hingga non muslim semuanya etnis pun mampir ke tempat makan ini. karena memang spesialnya mi ayam ini dimasak menggunakan 100% daging ayam dan rempah rempah yang halal. Mie Ayam Kumango didirikan oleh pria berdarah Tionghoa bernama Acong. Mie Kumango sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner,karena rasa khas yang dimilikinya. Rasa yang khas itu berasal dari kuah yang menggunakan kaldu rebusan tulang dan mi yang dipergunakan, merupakan olahan sendiri. Mi ayam kumango ini dapat kalian temukan di Jalan Kumango, selain itu mi ayam kumango ini juga membuka cabang di Sun Plaza dan Plaza Medan Fair. Jika kalian ingin mengunjunginya bisa langsung ke tempat- tempat tersebut.

  1. Kuliner Pagaruyung

Hai para pecinta kuliner, jika kalian seorang pecinta kuliner di Medan dan sekitarnya kalian pasti tak asing dengan tempat makan yang satu ini. kuliner Pagaruyung menyajikan beragam menu makanan yang meningkatkan selera makan kita, bagaimana tidak menu menu makan yang ada di kuliner pagaruyung ini menyediakan beberapa menu khas pusat jajanan. Menu menu tersebut antara lain nasi briyani, roti cane, martabak india, martabak mesir, gado dado, sate, kerang rebus dan masih banyak lagi. Untuk minumannya juga banyak pilihan seperti es jus, bandrek dan minuman minuman yang dapat kalian pilih sendiri kesegarannya. Tempat ini cukup strategis karena keberadaannya di tengah- tengah kota Medan makanya tempat ini sangat mudah buat ditemukan. kuliner pagaruyung ini adalah foodstreet yang selalu ramai di malam hari. Sepanjang Jln. Pagaruyung Medan merupakan surga wisata kuliner di Kota Medan dari dulu sampai sekarang. Walaupun berbentuk foodstreet tapi kalian tidak perlu repot- repot jalan dari ujung ke ujung untuk memilih menu, tinggal duduk di bangku mana saja bisa memilih menu apa saja. Sebagian besar yang datang ke kawasan ini adalah pelancong. Jadi jika kalian punya kesempatan berkunjung ke kota Medan atau bagi kalian yang sekarang sedang berada di Kota Medan, maka jangan lewatkan malam kalian tanpa mampir ke pusat kuliner malam kota Medan ini.

  1. Teh Susu Telur

Bagi kalian warga Medan pasti udah gak asing lagi sama yang namanya TST. Yup TST adalah singkatan dari Teh Susu Telur yang sudah menjadi salah satu ikon kota Medan. Minuman TST ini dibuat dengan bahan-bahan telur, susu kental manis, dan teh yang direbus. Cara membuatnya pun unik, mula-mula penjual TST menuangkan susu kental manis ke dalam gelas, lalu ditambah dengan gula, kemudian ditambah dengan kuning telur. Setelah semua bahan tertuang, kemudian di blender menggunakan mixer, sampai semua bahan tercampur rata, dan membentuk seperti busa putih. Kemudian teh yang direbus dituangkan ke dalam gelas yang berisi campuran tadi. rasanya seperti teh yang pekat, dengan aroma susu dan telur yang wangi karena Bau amis dari minuman ini tersamarkan oleh bau teh dan susu yang mendominasi. Minuman ini cocok diminum saat musim dingin atau musim hujan. Khasiat minuman ini juga dapat menghangatkan tubuh, sedikit mengenyangkan, karena campuran kuning telur mengandung karbohidrat dan menambah stamina, cocok diminum laki-laki maupun perempuan. Salah satu warung TST yang bisa kalian kunjungi adalah Warung Teh Susu Telur (TST) Pak Haji di Jalan Puri nomor 58, Medan Sumatra Utara. Warung Teh Susu Telur (TST) Pak Haji ini juga menyediakan berbagai makanan ringan antara lain seperti risol, emping dan sate kerang.

  1. Warkop Elisabeth

Salah satu tempat nongkrong yang bisa kalian kunjungi kalo lagi ke medan adalah warkop Elisabeth. Warkop ini dinamakan Elisabeth karena tempatnya yang tepat di depan RS Santa Elisabeth, lokasinya berada di Jl. H Misbah. Warkop ini juga buka 24 jam lho, jadi kapanpun kalian pengen nongkrong kalian bisa melipir kesini, sendiri atau bersama teman sama enaknya, tapi jika berramai- ramai tentu lebih mengasyikan lah yaa. Kalian ga akan kesepian juga disana karena kalian akan nongkrong sambil dengerin life music dari para penyani jalanan, dan kalian juga bisa request lho lagu apa yang lagi pengen kalian denger. Menu di warkop ini standart warkop pada umumnya kok seperti, kopi, teh, mie goreng, dan masih banyak lagi hingga menu yang unik seperti nasi perang pun juga disajikan disana. nah rencanain malam atau siangmu buat nongkrong bareng temen temen biar makin rame untuk nikmati ikon kota Medan ini.

  1. Durian Ucok

Jika kalian doyan sama durian, jangan ngaku jadi pecinta durian kalo kalian Cuma doyan durian hasil olahan aja. Nikmati juga hasil perkebunan Medan yang satu ini, yak durian Medan. Buah durian medan ini memang sangat terkenal dengan khas rasa yang legit sensasi rasa sedikit pahit yang menggoda. Dan kurang lengkap rasanya jika kalian penikmat durian belum coba durian medan di kota asalnya. Buah yang mayoritas berharga selangit ini bisa kalian temui di kota Medan. Salah satunya ada di kedai Durian Ucok. Kedai ini cukup lama berdiri di di Jalan Wahid Hasyim, namun sebelumnya kedaiDurian Ucok ini berada di Jalan Iskandar Muda. Durian ucok ini sangat terkenal di medan makanya tak heran jika dalam semalam Bang ucok sapaan akrab dari Zainal abidin ini mampu menjual duriannya hingga 6000 buah. Wah luar biasa kan yaa. Kedai durian ucok ini buka mulai malam hari hingga menjelang pagi, gak perlu khawatir karena durian durian disana tak hanya untuk makan di tempat dibawa pulangpun juga boleh kok, asal jangan lupa bayar ya hahaha. Bang ucok ini juga baikhati lho orangnya, gimana nggak buah durian yang uda kalian buka namun rasanya gak enak kalian bisa tukerin buah itu dengan buah yang baru. Tenang aja bang ucok gak akan kehabisan stok durian deh karena durian yang dijualnya didapat dari berbagai daerah penghasil durian di Sumatera Utara seperti Sidikalang dan Sibolga. Jika sedang tidak musim durian (Maret-Mei), maka Bang Ucok mengandalkan tengkulak yang telah memiliki stok durian sebelumnya.

  1. Merdeka Walk

Buat kalian yang kalo malam malam bingung cari tempat nongkrong di medan, nah ini dia salah satu tembat wajib kunjungi karena rekomended banget buat kalian yang pengen nongkrong dimalam hari. Merdeka Walk sendiri sebenarnya merupakan areal hiburan malam sekaligus tempat berkumpulnya para pedagang kulier yang ada di Medan. Hal inilah yang menjadikan Merdeka Walk sering disebut sebut sebagai tempat kuliner terbesar yang ada di Medan. Sedikitnya ada 30 outlet kuliner yang ada di sana yang bisa kalian cicipi kulinernya, dari banyaknya outlet kuliner disana terdapat juga 700 tempat duduk yang disediakan buat kalian, jadi pasti ada kok tempat duduk yang bisa kalian gunain jika lagi ada disana, ya walaupun tempat ini selalu rame tapi bisa jadi salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi jugaa. Berbagai kuliner lezat dapat kalian cicipi mulai dari soto, lontong sayur, sushi, steak sampai sop buntut dan masih banyak lagi kuliner mulai dari yang khas hingga modern. Dan yang menariknya lagi, di Merdeka Walk juga sering dijadikan lokasi berbagai kegiatan seru anak muda seperti lomba band, lomba dance dan juga nonton bareng pertandingan bola.

  1. Kuliner di Jalan Semarang

Jalan semarang yang ada di Medan ini merupakan daerah pencinaan nih, jadi beberapa warganya orang beretnis Tionghoa. Daerah jalan semarang ini multi fungsi setiap harinya, seperti jika disiang hari tempat ini menjadi kawasan sentra penjualan onderdil kendaraan di Medan, namun jika malamhari tempat ini disulap menjadi pasar malam dan tempat wisata kuliner sepanjang 200 meter di kota Medan. Sejak tahun 1960an daerah ini sudah menjadi daerah yang ikonik karena menjadi salah satu tempat hiburan di kota Medan pada masa itu. Wisata kuliner di jalan semarang ini menyajikan berbagai macam makanan dan minuman mulai dari makanan berat hingga aneka janana semua dijual di kawasa Jalan Semarang ini. emang bikin bingung kalo mau memilih sih, tapi keuntungannya kalo kalian pengen kulineran, tempat ini jadi temoat wajib dikunjungi lhoo. Pasar malam ini mulai aktif sejak pukul 18:00 dan tutup pada pukul 01:00, timingnya pas banget buat jam anak nongkrong dan makan malam sembari keliling kota medan untuk berwisata.

  1. Kesawan Square

Emang banyak banget tempat sentra kuliner di Medan ini dan tempat tempat itu pun meyuguhkan nuansa yang berbeda beda tentunya. Ada lagi nih kawasan yang tak jauh beda dengan jalan semarang yakni Kesawan Square. Kasawan Square ini juga mulai buka dan ramai dikunjungi pada malam hari dan berada di kawasan Jalan Ahmad Yani yang merupakan kawasan kota lama Medan. Kesawan Square ini menyuguhkan kuliner sepanjang jalan 800 meter, lebih panjang dari jalan semarang lah ya. Tapi di kesawan square kalian seakan dibawa kembali kemasa lalu. Menikmati kuliner lezat di antara bangunan tua peninggalan masa penjajahan tentunya bisa jadi pengalaman menarik tersendiri. Karena panjangnya area kuliner kesawan Square ini maka sajian yang dihidangkan ada mulai yang halal hingga yang tidak halal. Jangan khawatir untuk salah memesan saat kalian ada disana, kalian akan bisa membedakan para penjual penjual yang ada di sana kok karena mereka menggunakan atribut berbeda untuk membedakan sajian halal dan non halal. Jika tempat makan yang menyajikan menu halal, maka disana akan menggunakan warna biru pada kursi dan beberapa atribut lainnya, sedangkan untuk non halal, maka mereka disana menggunakan atribut berwarna merah. Jadi mudah kan untuk membedakannya. So jangan ragu lagi buat kalian yang igin menikmati makan ala ala tempo dulu di tempat ini.

  1. Bihun Bebek Medan

Kuliner di Medan emang ga ada matinya, berbagai pilihan menu pun ada di sana mulai yang khasnya hingga yang sudah tak tahu asal kuliner itu dari mana saking banyaknya daerah dengan penjualan menu itu. Tapi jika di Medan kalian bakal kaget karena semua masakan yang ada di Medan khas rempah rempah medan yang kuat. Salah satu menu andalan yang ada di medan adalah Bihun Bebek, makanan ini wajib banget dicoba sama kalian kalian yang lagi ada di Medan atau bagi kalian yang ada di dekat medan cobalah cicipi hidangan yang satu ini. orang medan sendiri sering menyebut hidangan ini dengan nama Ak Bihun denga arti kata Ak adalah bebek. Mengolah bebek memang tidak semudah mengolah ayam. Apabila salah dikit, maka aroma tak sedap pun akan muncul. Untuk itu di medan punya dua cara pengolahan kuah bihun bebek ini. Yang pertama adalah Duck broth artinya kuah tersebut menggunakan kaldu yang dimasak dari bebek itu sendiri tanpa banyak menggunakan bahan-bahan lain sehingga aroma dan citarasa kaldu dari bebek itu dominan di dalam sup. Dan yang kedua adalah herbal based, yaitu dimana daging bebek dimasak beserta ingredients khas Chinese, contohnya tongkui, tongsem, kiche, angco. Jenis sup ini lebih menitik beratkan ke citarasa herbal dan sedikit hint di aroma kaldu bebek. Salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi untuk menikmati sajian ini adalah Bihun bebek Asie yang berada di Kedai kopi Kumango di jalan kumango tepat di belakang kantor analisa dan banyak orang yang menjulukinya Raja Bihun Bebek di Medan. Harga yang di tawarkan mulai 60 ribu hingga 100 ribu rupiah. Tertarik? Cobalah olahan menu bihun bebek mana yang kamu suka, herbal based atau duck broth.

  1. Rumah Makan Nusa Indah

Rumah makan yang satu ini bisa jadi referensi kamu, kalo kamu lagi butuh asupan gizi di pagi hari. Rumah makan nusa indah, rumah makan ini telah berdiri 30 tahun lamanya. Sebuah rumah makan kecil berlokasi di jalan Palang Merah ini mungkin akan terlewati jika kamu tidak memperhatikannya. Ruko yang mempunyai 1 pintu dengan konstruksi bangunan yang sudah cukup tua ini sangat kontras dengan gedung pencakar langit diseberangnya, yaitu Royal Apartment. Rumah makan nusa indah ini mulai berjualan pukul 06.30 pagi dan menawarkan hidangan Indonesia tradisional seperti Nasi lemak, nasi sayur, dan nasi soto. Yang sering menjadi hidangan favorit beberapa orang adalah nasi sayur dan nasi lemaknya. Untuk nasi sayurnya sendiri berupa Nasi putih dengan siraman sedikit kuah, lalu dilengkapi dengan sayur nangka, labu siam, kacang panjang, kentang goreng, dan sambel dengan lauk pelengkap biasanya ayam goreng. Sedangkan nasi lemaknya agak kering dan pulen nasinya, ada tauco, sambel kentang dan serundeng yang menjadi khas nasi lemak Medan dan lauk pelengkapnya biasanya ada ikan kakap namun ada juga dendeng daging. Kedua hidangan itu rekomended buat kalian yang ga sepet sarapan di rumah. Tempat ini memang sering rame dikunjungi untuk sarapan denganbanyaknya mobil berjejer dekat dengan restoran. Penasran sama rasa nasi lemaknya kalian bisa datang dijalan palang merah Medan Sumatra Utara.

  1. Lontong Sayur Kak Lin

Kalo kalian terlalu kenyang jika sarapan dengan nasi, maka ada alternative lain nih saat kalian ada di kota Medan ini, yaitu sarapan lontong sayur. Nah salah satu kedai lontong sayur yang sangat terkenal di medan ini adalah Lontong sayur kak Lin. Lokasinya juga strategis yaitu tepat di depan SMAN 1 Medan. Tempatnya juga enak karena berada di sebuah ruko yang disulap mejadi rumah makan. kedai Lontong kak lin ini menyediakan menu lontong dan nasi. Namun yang jadi primadona di tempat ini adalah lontong sayurnya. Lontong sayur kak lin ini memiliki rasa manis dari keripik kentang dan pedas dari bumbu pecal menyatu di kuah lontong yang memberikan pedas pedas manis gurih di setiap suapan. Nama Kak Lin berasal dari nama sang pemilik yaitu Nuzulina yang telah berjualan sejak tahun 1994 di sekitar SMAN 1 Medan. Berawal dari berjualan di emperan, kini Lontong Kak Lin berjualan di dua ruko yang digabung menjadi satu yang menambah kenyamanan pelanggan untuk sarapan. Harga lontong sayur yang dibanderol kak lin juga hanya mulai 15ribuan saja kok. Dan satu porsi itu juga cukup mengenyangkan perut. Alamat lontong kak lin yang bisa kalian cari adalah di jalan Teuku Cik Ditiro.

Belum ada Komentar untuk 24 Tempat Wisata Kuliner Medan Yang Enak Murah & Wajib Dikunjungi

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 24 Tempat Wisata Kuliner Medan Yang Enak Murah & Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Kuliner Semarang Murah Meriah & Enak

29 Tempat Wisata Kuliner Semarang Murah Meriah & Enak

T 4 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Semarang – Kalo udah jalan – jalan ke kota Semarang Jawa Tengah rasanya belum lega kalo gak mampir ke tempat wisata kuliner untuk mencicipi jajan khas tradisional dan beberapa tempat makan yang terbaru dan enak. Meskipun di Semarang banyak... Selengkapnya

Info Tempat Wisata Kuliner Malang Batu Terbaru dan Murah

22 Tempat Wisata Kuliner Malang Batu Yang Terbaru Murah & Enak

T 1 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Malang – Kalo udah jalan – jalan di kota Malang Batu dan Sekitarnya memang rasanya udah lupa waktu bahkan jadi malas untuk balik lagi ke rumah, memang suasana udara di kota Apel ini bikin betah, namun kalo muter – ... Selengkapnya

Objek Tempat Wisata Kuliner Jogja Lengkap Yang Murah Meriah & Enak

20 Tempat Wisata Kuliner Jogja Lengkap Yang Murah Meriah & Enak

T 16 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Jogja – Kalo udah jalan-jalan ke kota Yogyakarta rasanya belum lega kalo ga mampir ke tempat wisata kuliner yang ada di daerah ini, kali ini tim balazha akan sedikit mereview tempat makan sekaligus spot nongkrong yang asik, unik plus... Selengkapnya

+ SIDEBAR

About Us

Tentang Kami Balazha.com merupakan sebuah situs dari perusahaan Tour & Travel yang menyediakan Paket Wisata, Sewa Mobil, Sewa Bus, Sewa Motor, Sewa Penginapan, Catering dan berbagai hal yang berhubungan dengan Travelling (Liburan). Saat ini kantor pusat Balazha.com berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga & orang - orang terdekat silahkan hubungi team kami untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mempermudah proses liburan anda. Selengkapnya Tentang Kami.

Contact Us

Halo buat kamu yang ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak kami di bawah ini, untuk pemesanan berbagai layanan Balazha.com juga bisa melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Ada pertanyaan khusus seputar Kerjasama & layanan kami? Jangan pernah sungkan untuk kontak kami sekarang juga, karena team kami sangat senang sekali membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan Balazha Indonesia secara online. Lihat Kontak Kami.