Beranda » Kuliner Indonesia » 29 Tempat Wisata Kuliner Semarang Murah Meriah & Enak

29 Tempat Wisata Kuliner Semarang Murah Meriah & Enak

T Diposting oleh pada 4 Juni 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1697 kali

Kuliner Semarang – Kalo udah jalan – jalan ke kota Semarang Jawa Tengah rasanya belum lega kalo gak mampir ke tempat wisata kuliner untuk mencicipi jajan khas tradisional dan beberapa tempat makan yang terbaru dan enak. Meskipun di Semarang banyak sekali restoran terkenal namun harganya tetap murah meriah, kalo kata Pak Bondan Winarno “Rasanya Tetep Nuendang”. Saat ini banyak juga cafe – cafe unik bermunculan yang menyajikan berbagai menu makanan kota Semarang dengan resep tradisional lama dan baru (modern).  Kalo kamu lagi traveling bareng kekasih kami memiliki banyak sekali rekomendasi tempat makan yang romantis yang ada di berbagai wilayah Semarang barat, simpang lima dan berbagai lokasi lainnya. Berikut ini daftar info kuliner Semarang dan sekitarnya rekomendasi Balazha yang  buka 24 jam mulai pagi hari hingga tengah malam, halal, hits di internet dan sosial media intagram.

  1. Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah sebuah makanan khas dari kota Semarang. Kuliner ini patut kalian coba saat kalian berada di Semarang. Tahu gimbal merupakan makanan dengan komposisi tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan pokok yang dipotong kecil kecil kemudian di tambahkan dengan irisan kembang kol, lontong, telur dan kubis dengan sentuhan terakir yaitu bumbu kacang, jadikan tahu gimbal ini sempurna dengan sambal sesuai selera jika kalian menyukai makanan yang pedas. Nama gimbal sebenarnya berasal dari sebutan udang di daerah Semarang ini, mereka sering menyebut udang dengan nama gimbal, jadi nama gimbal bukan berasal dari rambut sang penjual yang gimbal ya hehe. Salah satu kedai tahu gimbal di semarang yang patut kalian coba adalah tahu gimbal pak Edi. Penasaran dengan kelezatan kuliner khas Semarang yang satu ini, kedai tahu gimbal pak edi bisa kalian temukan di jalan Pandanaran 2, Muggasari, Semarang Selatan, Kota Semarang. Kedai pak edi buka pukul 11 siang hingga 10 malam WIB harga yang dipatok pun cukup terjangkau yaitu hanya 13 ribu rupiah untuk satu porsinya.

  1. Lumpia Semarang

Lumpia atau lonpia memiliki cita rasa tersendiri khusunya lumpia semarang, lumpia semarang ini sendiri adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang. Bila kalian ingin mencoba enaknya lumpia semarang dengaan khas rebung yang tidak berbauserta udan dan telur di salamnya juga tak berasa amis. Kedai yang terkenal di semarang ini merupakan generasi ke empat Siem Siok Lien dan kedai tersebut bernama Lumpia Mbak Lien. Kekhasan lumpia Mbak Lien ini adalah isinya yang ditambahi racikan daging ayam kampung. Ketika awal mula meneruskan usaha almarhum ayahnya, Mbak Lien membuat tiga macam lumpia, yaitu lumpia isi udang, lumpia isi ayam (untuk yang alergi udang), dan lumpia spesial berisi campuran udang serta ayam. Tetapi, karena merasa kerepotan dan apalagi kebanyakan pembeli suka yang spesial, sekarang Mbak Lien hanya membuat satu macam saja, yaitu lumpia istimewa dengan isi rebung dicampur udang dan ayam. Jika kalian ingin mencicipi lumpia khas semarang asli generasi ke empat maka datanglah ke jalan pemuda dan jalan pandanaran, disana kalian akan mendapati kedai lumpia mbak Lien yang ramai. Bukan hanya untu oleh oleh untuk camilan disaat senggng pun lumpia ini juga pas untuk dinikmati.

  1. Tahu Pong

Di Jawa Tengah memang memiliki khasnya tersendiri dan tak luput juga untuk kulinernya. Kuliner yang satu ini memang banyak yang menjual di daerah Jawa Tengah, namun hidangan tahu pong ini melegenda di kota Semarang. Nama pong sendiri berasal dari istilah kopong atau dalam bahasa Indonesia berarti kosong. Tahu pong ini benar benar tahu yang kosong tanpa ada daging atau isian di dalamnya. Tapi memang seperti itulah tahu pong sengaja dibuat kosong didalamnya agar saat memakan tahu ini berasa renyah dan gurih. Salah satu kedai yang sudah puluhan tahun menyajikan olahan tahu pong adalah kedai spesial Tahu Pong Semarang yang berlokasi di Jalan Gajah Mada sehingga lebih dikenal dengan Tahu Pong Gajah Mada. Sebenarnya tahu pong ini sudah dijajakan oleh pak Sutikno pada tahun 1950an yang berbentuk angkringan di kawasan jalan kranggan dan kemudian pindah di jalan gajah mada pada tahun 1972 hingga saat ini. kini pun sang pengelolah kedai pak sutikno adalah cucunya yaitu generasi ketiga. Tahu pong yang disajikan di jalan gajah mada ini berbeda dengan tahu pong lainnya karena memang disini tahunya tidak memiliki rasa atau hambar. Sengaja dibuat seperti itu karena memang memakannya juga beda disediakian kuah cocol agar cita rasanya membuat kalian ketagihan. Kuah cocol yang dimaksud adalah sejenis bumbu kuah yang berisi kecap, bawang dan petis. Selain itu, ciri khas tahu pong gajah mada adalah tambahan acar lobak putih yang disajikan sebagai pelengkap tahu dan kuah.

  1. Pisang Plenet

Kuliner yang satu ini memanglah mempunyai nama yang unik yaitu Plenet. Dari bahasa jawa, planet berarti memencet hingga berbentuk pipih dan tipis. Nah kuliner yang satu ini adalah dimana buah pisang di pencet hingga berbentuk pipih senhingga masyarakat menyebutnya dengan nama pisang planet. Pisang yang diplenet adalah pisang kapok, kenapa pisang kapok? Karena pisang kapok akan menimbulkan rasa yang legit. Cara membuatnya pun juga mudah yaitu pisang kapok di bakar setengah matang hingga ada gosong gosongnya sedikit kemudian di planet dan di beri taburan seperti mesis, selai dan sebagainya kemudian ditutup lagi dengan pisang planet lain. Aroma sedikit gosong dan rasa yang legit membuat kuliner ini pas disajikan saat sore hari dengan segelas the hangat atau kopi panas. Namun sayangnya para penujal pisang planet di semarang ini semakin tahun semakin sedikit para penjualnya kalian hanya bisa mendapati beberapa kios saja seperti di jalan gajah mada dan dipasar semawis. Diantaranya gerobak pisang planet Pak Tuko yang berjualan pisang planet di pasar semawis ini ada sejak tahun 1960 dan tetap bertahan dengan pelanggan yang terus menyusut namun tetap mempertahankan cita rasanya.

  1. Wingko Babat

Wingko babat, dulu saat kalian berperjalanan menggunakan kereta api yang murah atau bis dengan tujuan yang melewati jawa tengah, maka kalian akan di suguhkan oleh pedagang asongan yang menjajakan wingko di setiap gerbong atau bis yang kalian tumpangi. Tapi itu hanya ada di jaman dulu, sekarang jika kalian melakukan perjalanan dengan menggunakan bis atau kereta api kalian tidak akan menemukan penjual berkeliling di dalam gerbong atau bis yang kalian tumpangi karena sudah menjadi aturan pemerintahan. Tapi jangan khawatir wingko babat akan kalian temui di beberapa pasar dan tempat oleh- oleh karena wingko ini adalah salah satu makanan khas Semarang yang tak permah lekang oleh waktu. Kuliner wingko babat ini terbuat dari tepung ketan dengan parutan kelapa muda yang kemudian dicampur dengan telur, gula pasir dan mentega. Untuk merekatkan adonan pun digunakan air namun lebih seringnya menggunakan air santan agar lebih enak dan gurih. Wingko babat yang terkenal di semarang dan asli semarang ini adalah wingko babat cap kereta api. Dinamakan babat karena sang penjual berkelahiran di Babat, Lamongan. Di Lamongan pun juga terdapat wingko namun anehnya wingko babat hanya ada di Semarang. Ya karena memang sang pembuat dan pencetusnya tinggal di Semarang. Jika kalian ingin membawa wingko babat yang melegenda ini kalian bisa datang dan membelinya di jalan cendrawasih 14, Semarang.

  1. Bandeng Presto

Jika kalian ke Semarang, tak heran jika bandeng presto disuguhkan untuk oleh- oleh jika kalian ada di Semarang. Bandeng presto semarang ini berdiri sejak tahun 1977 hingga kini. Tokonya berada di perempatan jalan Pandanaran no 67-69 Semarang dan di atas toko ada ikon gambar ikan bandeng besar, cukup mudah untuk kalian menemukan tempat ini. selain bandeng presto, Produk yang di tawarkan di tempat ini adalah pindang bandeng presto, pepes bandeng presto dan otak-otak bandeng. Pilihan yang cukup sulit jika kita menginginkan ketiganya. Di tempat ini juga lengkap kok karena tempat ini berkonsep tokooleh oleh khas Semarang. Jadi bukan hanya semua olahan bandeng namun ada pula cemilan lain yang dijual disini seperti wingko, lumpia dan lain lain. Took bandeng presto ini terkenal dengan kegurihan dan kelezatan olahan bandeng presto. Maka tak jarang para wisatawan mengunjungi took bandeng [resto sebagai alternative took oleh oleh yang ada di Semarang.

  1. Es Puter Cong Lik

Es puter cong lik, dinamakan cong lik yang berasal dari kata kacung cilik. Sang pemilik es puter pertama kali terinspirasi dari tetangganya yang seorang tionghoa sering menyuruh anak anak anak kecil lomba lari dan mereka lari dengan gesit. Makanya sang pemilik es puter ini menamakannya dengan es puter kacung cilik atau lebih singkatnya Cong Lik. Es puter ini sudah 33 tahun berdiri awalnya dijajajkan keliling daerah pasar semawis dan kemudian menetap disana. hingga saat ini kesuksesannya membuat es puter conglik membuka cabang di jalan KH Ahmad Dahlan. Di jalan Kh Ahmad Dahlan lah es puter cong lik menjadi incaran wisatawan local dan mancanegara untuk menikmati es puter ini. Istimewanya adalah Es Puter Cong Lik ini dibuat dengan cara manual sampai dengan sekarang. Ada banyak varian rasa yang disuguhkan. Sang pemilik es puter ini menyatakan bahwa es puter buatannya tidak menggunakan bahan tambahan berupa pemanis buatan. Hanya gula pasir berkualitas tinggi dan tidak menggunakan perasa tambahan. Semua rasa yang diproduksi oleh Cong Lik adalah rasa asli dari sari buah. Maka tak jarang variasi rasa yang di suguhkan ber beda beda tergantung musimnya buah yang ada. Harga masing-masing varian berbeda. Untuk 1 scoop es puter rasa apa saja kecuali durian dijual dengan harga 13 ribu. Sedangkan untuk durian sendiri dijual seharga 20 ribu. Jika dilihat sekilas memang cukup mahal tapi jika kalian merasakannya kalian akan menyatakan bahwa es puter ini murah banget, gimana tidak es yang lembut dengan porsi sedang terdapat buah asli di dalam es puter yang disajikan. Merasakan lembutnya es serut dengan rasa buah ini akan menimbulkan kesegaran tersendiri karena tidak adanya pemanis buatan.

  1. Mi Kopyok Pak Dhuwur

Warung mi kopyok Pak Dhuwur ini buka sejak 1966, buka setiap hari jam 8 pagi hingga 4 sore, namun sering juga tutup sebelum jam itu jika memang sudah habis. Biasanya ketika mendekati jam makan siang, warung yang berada di atas trotoar ini semakin ramai. Mie Kopyok Pak Dhuwur dijajakan dengan gerobak berwarna biru. Spanduk berwarna oranye bertuliskan “Mie Kopyok Pak Dhuwur” membuatnya semakin mudah dikenali. Harga satu porsinyapun sangat terjangkau di kantong yaitu hanya Rp 8.000 saja. Komposisi dari mi kopyok pak Dhuwur ini terdiri dari mi kuning, lontong, potongan tahu pong, tauge, kerupuk gendar atau kerukuk nasi, dengan taburan bawang goreng serta irisan daun bawang dan seledri. Komposisi tersebut kemuudian di siram dengan kuah coklat kehitaman. Rasa mi kopyok ini terkenal dengan gurih manis khas lidah masyarakat Semarang. Kudapan khas sememarang ini memang pas dinikmati pada siang hari pada jam makan siang karena kuahnya yang segar.

  1. Nasi Goreng Gongso Babat

Nasi goreng yang ada di semarang ini memang terbilang cukup unik. Bagaimana tidak nasi goreng disini memakai babat sapi yang kenyal dan empuk ditambak kecap manis dan sambal yang membuat tergoga ingin melahapnya. Nasi goreng babat gongso atau nasi goreng babat merupakan makanan wajib jika ada di Semarang. Penjajanya biasa berkeliling ke gang-gang dengan memukul wajan besi. Umumnya mereka masih memakai kayu untuk memasak. Ciri khasnya adalah bumbu nasi goreng yang berupa bawang merah, bawang putih, cabai merah dan terasi. Bumbu ini biasanya sudah digoreng dengan minyak. Saat akan diolah jadi nasi goreng, ditambahkan irisan bawang merah yang ditumis dan bumbu nasi goreng. Kemudian ditambahkan babat atau jeroan lainnya sesuai pesanan karena terdapat berbagai pilihan jeroan seperti iso limpa atau paru. Tapi tenang saja jeroan yang di sajikan tidak berbau dan memiliki tekstur yang kenyal. Selain itu nasi goreng ini dilemgkapi dengan kecap manis yang membuatnya berwarna kecoklatan dan memiliki rasa manis manis gurih sedap. Jika kalian ingin menikmati nasi goreng ini, ada kok penjual yang mangkal antara lain Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang terletak di Jalan Pemuda, samping Jembatan Mberok Semarang. Di sini Anda harus sabar antre ya, karena memang kuliner ini cukup terkenal di semarang bahkan oleh wisatawan yang singgah di Semarang.

  1. Kue Leker Paimo

Kue leker dalam bahasa belanda berarti kue enak. Kue ini identik dijajakan kaki lima atau gerobak dorong yang keliling kampung. Bentuk kue leker menyerupai martabak manis namun lebih tipis lagi. Biasanya kue lekker berisi meises coklat, remukan kacang bercampur gula, pisang atau keju. Cemilan ini disukai oleh semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Salah satu lapak kue leker yang yang laris manis hingga jika kira membelinya harus rela antri, Lapak ini dikenal sebagai Leker Paimo atau Paimo’s Leker, dinamakan Leker Paimo karena penjualnya bernama Paimo.  Bagaimana tidak terkenal kue leker ini sudah dijajakan dari tahun 1978 dengan berbagai varian rasa yang disuguhkan sebagai pilihan dan mengikuti jaman. Varian rasa yang ada antara lain Telur Sosis, Tuna Keju, Jagung Manis, Keju Abon, Telur Sosis Keju, Telur Sosis Tuna, Telur Sosis Tuna Keju, dan masih banyak varian rasa lainnya, serta ada lagi yang paling baru serta menjadi idaman adalah leker sosis mozzarella. Kulit lekkernya yang  tebal diberi taburan irisan mozarella, sosis ayam, irisan daun bawang dan sambal khas Paimo yang rasanya luar biasa pedas, serasa seperti pizza namun dalam sentuhan Indonesia karena adanya taburan daun bawang dan sambal. Penasaran bukan sama ke-Leker-an kue ini datang saja ke Jl. Karanganyar no.37, Semarang Tengah. Lekker Paimo buka dari hari Senin hingga Sabtu, mulai dari pukul 09.00  hingga pukul 19.00 WIB.

  1. Nasi Gandul

Sebenarnya nasi gandul ini berasal dari Pati, namun karena letaknya pati yang dekat dengan Semarang maka tak jarang juga terdapat beberapa pedagang menjual nasi gandul di Semarang. Salah satu penjual nasi gandul di Semarang adalah pak memet. Pak Memet serta sang istri berjualan nasi gandul di suatu tenda yang berlokasi di jalan Dr Cipto 12A Semarang Jawa tengah. Walau cuma tenda simpel, tamu yang datang kesana tidak pernah sepi. Kalian harus rela mengantre untuk dapat menikmati kelezatan dan nikmatnya nasi gandul yang di sakikan diatas daun pisang. Nasi gandul sendiri adalah nasi yang di sajikan dengan lauk serba sapi. Tidak cuma daging, tetapi juga lidah, usus, hati, paru, babat, serta yang lain, ikut di sajikan spesialnya di warung pak mamet ini disediakan pula lauk pula telur pindang. Nasi putih yang masih tetap mengepul dialas daun pisang di suatu wadah anyam, diracik dengan lauk sapi sesuai sama keinginan, lantas disiram kuah santan berwarna kecoklatan ditambah kecap manis, jeruk nipis, serta sambal sebagai pelengkap. Nasi Gandul Pak Memet di jalan dr cipto 12a ini baru buka seputar jam 18. 00, sampai tengah malam. Tapi buat kalian yang ingin menikmati di siang hari jangan khawatir karena pak memet membuka cabang di Jalan Dr Cipto 106, samping agen bus Nusantara. Disana buka pada jam 10. 00 sampai 19. 00 WIB. Jadi kalian bisa menikmati nasi gandul pak Memet ini dari pagi hingga malam hari lho.

  1. Nasi Ayam Semarang

Solo mempunyai salah satu makanan khas dengan nama nasi liwet maka di Semarang juga mempunyai makanan yang hanpir sama namun namanya bukan nasi liwet melainkan Nasi Ayam. Jika nasi liwet Solo menggunakan kuah areh, hidangan ini menggunakan kuah opor berwarna kuning. Selain itu, rasa sayur labunya lebih manis. Kuliner nasi ayam ini sangat mudah di temukan jika di Semarang apa lagi memang sering dijajakan pada malam hari. Biasanya nasi ayam ini dijajakan di pasar malam, pusat kuliner, hingga tenda sederhana di pinggir jalan. Salah satu yang tersohor adalah Nasi Ayam Bu Widodo, yang sudah berjualan sejak 1994 di area kuliner Simpang Lima. Kuliner nasi ayam ini disuguhkan lengkap dengan potongan telur rebus berbumbu, tahu opor, sayur labu manis dengan krecek, dan suwiran ayam, lalu diguyur kuah opor kuning kalu kalian mau menambah laik pun juga bisa antara lain memilih aneka bagian ayam seperti sate telur, sate usus, opor daging paha, dada, kepala, dan sayap ayam. Khasnya lagi warung tenda bu Widodo ini di seting dengan lesehan jadi di sediakan tikar tikar yang berjejer untuk para penikmat menyantap hidangan Nasi Ayam ini. Lokasinya di ujung area kuliner Simpang Lima Semarang, tepatnya di awal jalan arah Telogorejo diapit hotel Ciputra dan Plaza Simpang Lima, buka mulai pukul 17.00 hingga pukul 23.00 WIB pada jam makan malam, seringnya warung ini dipenuhi para pembeli hingga pukul 22.00 WIB.

  1. Soto Bangkong

Soto bangkong sebenarnya adalah nama salah satu restoran yang ada di Semarang. Ketika mendengar namanya, mungkin kalian akan mengira bahwa restoran ini menyajikan hidangan berisi bangkong atau katak (swike). Namun itu tidak benar. Restoran ini menyediakan menu utama yaitu soto. Nama bangkong sendiri berasal dari nama jalan perempatan Bangkong dimana restoran ini berdiri. Bukan dari  Soto Bangkong berdiri sejak tahun 1950. Pemilik soto ini bernama H. Soleh Soekarno. Awalnya soto ini dijajakan dengan menggunakan angkring bambu yang dipikul dengan berjalan kaki. Dengan kegigihan dan kerja keras yang dilakukan pak soleh hingga lebih dari 60 tahun itu pun membuahkan hasil yang bagus. Bagaimana tidak soto bangkong ini sudah memiliki banyak cabang yang dikelolah oleh anak anak pak So, tak hanya di semarang di kota kota lain pun kalian juga akan mendapati adanya soto bangkong ini dijajakan. Soto Bangkong yang melegenda ini memiliki kuah yang khas yaitu bening agak kecoklatan, ini dikarenakan diberi tambahan kecap. Satu porsi Soto Bangkong berisi suiran daging ayam, irisan tomat, bihun, tauge, taburan bawang putih dan merah. Soto ayam ini semakin nikmat saat disantap bersama lauk pendamping, di antaranya sate ayam, sate kerang, sate telur puyuh, sate tempe, sate perkedel dan krupuk. Semangkuk soto ayam di Soto Bangkong ini dibanderol dengan harga Rp 13.000. sedangkan harga lauk yang disuguhkan juga beragam seperti, sate ayam, sate kerang dan sate telur masing-masing Rp 4 ribu per tusuk. Sementara sate tempe Rp 1.500 dan sate perkedel Rp 3.000 per tusuk, lalu untuk harga kerupuk, karak, dan rambak Rp 3.500 per bungkus.

  1. Wedhang Durian

Salah satu kudapan yang enak di mikmati saat musim penghujan tiba adalah wedang durian. Wedang durian ini bisa jadi alternative bagi kalian yang suka dengan durian atau kalian yang tidak menyukai wedang angsle, ronde dan lainnya. Wedhang durian di semarang disajikan seperti wedang hangat lainnya. Salah satu yang dapat kalian kunjungi untuk menikmati wedang durian ini adalah di On Air Warunk. Di On Air Warunk Semarang, menu olahan durian memang menjadi salah satu ciri khasnya dan menjadi salah satu menu favorit. Seporsi wedang durian memang berkomposisi santan, gula merah dan durian. Oleh karena itu aroma durian dan manisnya begitu terasa. Disajikan dengan mangkuk, satu porsi wedang durian berisikan tiga buah daging durian dan sebuah ketan kukus. Untuk menikmati seporsi wedang durian di kafe yang berlokasi di Jalan Depok No 42 B Semarang ini, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp 22 ribu. Selain wedang durian, tersedia juga beragam menu olahan durian lain seperti pancake, es teler dan es krim.

  1. Bebek Bakar dan Goreng Pak Thori

Di kota manapun kalian berada kalian pasti akan menemukan kuiliner yang satu ini, ya bebek goreng atau bebek bakar. Hampir semua kota memilikipenjual kuliner ini tak luput juga Semarang. Salah satu kedai penjual bebek goreng dan bebek bakar yang enak di semarang adalah bebek bakar dan bebek goreng pak Thori. Bebek Bakar Goreng Pak Thori terletak di Jalan Raya Manyaran Gunungpati Km 15, Semarang tepatnya di sebelah selatan SMA Semesta Semarang, samping Al Firdaus. Daging bebek yang disajikan di warung pak Thori ini sangatlah lembut dan empuk, serta bumbu yang merasuk ke dalam daging. Dengan 2 jenis sambal yang ditawarkan, yakni sambal ijo pedas atau sambal merah yang tidak begitu pedas dengan lalapan yang lengkap mulai dari daun kemangi, mentimun hingga kol. Harga satu porsi bebek sebesar 24 ribu rupiah saja kalian sudah bisa menikmati seporsi bebek goreng atau bakar, termasuk nasi, sambal, dan lalapan.

  1. Bakso Kakap

Bakso kakap adalah salah satu kuliner yang ada di semarang bukan khasnya namun bakso ini menjadi salah satu kuliner yang bisa kalian jadikan alternative jika kalian berada di Semarang. Bakso kakap ini berasal dari ikan kakap yang diolah menjadi bakso. Salah satu warung bakso kakap yang bisa kalian kunjungi adalah Bakso Kakap Pak Wahid, warung ini sudah berdiri sejak tahun 1995 hingga sekarang. Bakso Kakap Pak Wahid tidak hanya terkenal di Semarang saja melainkan sudah ada di beberapa kota. Di semarang sendiri, warung pak wahid ini terdapat Jl. Arteri Soekarno-Hatta No.51 Pedurungan Tengah, Semarang Timur sebagai pusatnya dan beberapa daerah sebagi cabang. Tidak hanya bakso ikan kakap yang disajikan disana, namun juga ada bakso daging sapi, mungkin saja kalian alergi dengan ikan laut bisa mencoba bakso daging sapi dari pak Wahid ini. harga yang di banderol untuk satu porsi bakso adalah 13 ribu rupiah saja.

  1. Gulai Kambing Bustaman

Bagi masyarakat Semarang, dan bagi pecinta kuliner pasti akan menunjuk salah satu kedai gulai Bustaman paling terkenal yang berada di kawasanm Kota Lama, sebagai salah satu kuliner yang khas ki kota Semarang ini. Yuk Kedai tenda yang bernama Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang berada tepat di belakang Gereja Blenduk. Gulai bustaman ini sangat terkenal dan menjadi salah satu khasnya kota Semarang, maka tak jarang pula bahwa banyak kedai- kedai yang menggunakan nama gulai Bustaman ini. sebenarnya nama Bustaman berasal dari sebuah daerah kampung tepatnya Jln MT Haryono yang dahulu terkenal sebagai tempat pengolahan dan pemotongan hewan, khususnya kambing. Makanya banyak juga yang berjualan berbagai olahan kambing disana. Jika biasanya gulai disajikan dengan kuah santan, di kedai pak sabar ini bumbu serundenglah yang dijadikan minyak sebagai penganti santan. selain bumbu serundeng sebagai penganti santan, pengolahan daging kambingnya dilakukan berdasarkan resep turun temuran yang menjadikan cita rasa daging gulainya tetap terjaga dan empuk saat dikunyah di mulut serta menjadi khusus dan ala pak Sabar.

  1. Sate Kalak

Sate kalak merupakan sate daging yang memiliki bumbu unik dan khas Grill On Resto di Semarang yaitu bumbu sate dengan ramuan special yang membuat resto ini menjadi laris dan membuat pelanggan terus kembali. Grill on resto Semarang ini berolasi di Jl. Sisingamangaraja, candisari. Sate kalak merupakan sajian sate terlaris dengan banyak pilihan daging seperti daging ayam, kambing, jamur, kulit ayam dan sate lilit, yang membedakan sate ini dengan sate lainnya ialah bumbu kalak yang terbuat dari santan. Jika tak ingin makanan dengan bumbu yang mendangung santan di resto ini juga menyediakan beberapa bumbu yang tak mengandung santan. Resto ini pun juga menyediakan tempat yang cozy dan cocok banget buat kalian serta keluarga atau teman teman buat nongkrong atau sekedar menikmati hidangan makan malam.

  1. Iga Bakar Tandhok

Semarang merupakan salah satu kota besar yang ada di jawa tengah, maka tak jarang tempat makan yang bernuansa cozy dengan menyajikan berbagai macam hidangan ada di kota ini. Salah satunya adalah Tandhok Ribs & Coffee Semarang, tandhok sendiri berada di Jl. Papandayan No 11 Semarang. Tandhok ribs menyediakan menu special iga sapi adapun beberapa menu yang ditawarkan di café ini adalah iga bakar BBQ, iga bakar kecap, sop iga, sop iga bakar, nasi goreng iga ataupun tumis iga. Tapi buat kalian yang tidak menyukai iga disana juga disediakan menu non iga kok seperti nasi goreng sosis, sosis bakar BBQ, oseng buncis sosis atau juga oseng oseng Mercon. Kalaupun kalian tak ingin makan namun ingin minum saja silahkan café ini menyediakan berbagai maacam pilihan kopi juga yang dapat kalian jadikan teman bersantai serta ngobrol menikmati suasana yang nyaman di Tandhok Ribs & Coffee Semarang ini.

  1. Ayam Goreng Lombok Ijo Gajah Mada

Jika kalian menyusuri jalan gajah mada pasti kalian akan menemukan sebuah rumah makan yang cukup ramai hingga yang ingin makan disana pun juga harus antri untuk mendapatkan kudapan yang enak nan lezat. Rumah makan ini memang menyajikan special ayam goreng Lombok ijo tepatnya ada di Jl. Gajah Mada No 158 Semarang. Ayam goreng Lombok ijo ini seperti menu masakan padang. Ayam yang digoreng garing penuh dengan kremes, daging empuk nan renyah yang dicocol dalam sambal. Sambal pun serupa dengan sambal khas rumah makan Padang yaitu sambal cabai hijau. Cabai hijau diulek dan ditumis sebentar sehingga pedasnya lumayan nendang. Menu makanannya memang terkesan sederhana. Tetapi, penyajiannya begitu apik, ayam dan sambal ditata di wadah besek. Daun ketela yang direbus dan lalapan menjadi penyeimbang menu ayam goreng ini. harganya pun cukup murah dan sangat terjangkau yaitu hanya 7 ribu rupiah saja. Pantas jika tempat makan ini sangat laris bukan hanya rasanya yang enak tapi harganya pun murah meriah.

  1. Nasi Kucing Pak Gik

Nasi kucing Pak Gik adalah  salah satu nasi kucing yang sangat laris dan terkenal di kota Semarang atau bisa di sebut sebagai ikonnya nasi kucing Semarang. Berlokasi di Jalan Wotgandul sebelah Kali Semarang, kurang lebih 20 m dari Jalan Gajah Mada, dan para penggemar nasi kucing lebih sering menyebut Nasi Kucing Pak Gik Gajahmada. Yang membuat warung nasi kucing pak gik ini berbeda dengan warung nasi kucing lainnya dan menjadi cirri khas warung ini yakni pada jam bukanya, kalau yang lain buka sore hari hingga malam hari. Warung Pak Gik ini buka tengah malam mulai dari pukul 24.00 hingga pagi hari, namun sering pada pukul 03.00 dini hari menu makanan sudah mulai habis. Menu yang di sediakan adalah gorengan dan menu makanan ringan seperti, mendonan, pangsit, tahu petis, sate bakso, pia dan lain-lain. Untuk nasinya di sediakan nasi kering, nasi babat telur, nasi gurih, nasi telur tahu, ketan dan sebagainya. Sedangkan untuk minuman, Pak Gik menyediakan beragam seperti teh panas, kopi, susu, dan yang lebih khas lagi adalah teh hangatnya yang kental dan manis. Cuma dengan harga Rp. 1000 hingga Rp. 5000 kalian bisa menikmati segala menu yang ada di warung pak gik.

  1. Asem Asem Koh Liem

Asem asem daging notabene adalah menu legendaris yang ada sejak puluhan tahun lalu di Semarang. Cita rasa kuah asem asem koh liem tidak berlebihan dan terasa menyegarkan dengan rasa sedikit pedas, manis dan gurih serta aroma belimbing wuluh yang khas membuat kalian akan sangat menikmati rasanya apalagi dengan potongan daging yang di potong dadu kecil kecil bertekstur empuk membuat nagih. Harga asem asem koh liem ini hanya 25 ribu rupiah saja. Bila kalian ingin menikmati enaknya dan lezatnya menu ini silahkan datang ke Semawis disana kalian akan menemukan warung asem asem koh liem. Selain menu asem asem tempat ini juga menyediakan beberapa menu lain dan kebanyakan memang berjenis Chinese food. Antara lain ada cumi goreng mentega, kikil lombok ijo, aneka ca sayuran, lontong opor, gimbal udang, ca pete udang, bandeng sarden, dll. disini juga disediakan menu non-halal seperti babi kecap dan sate babi.

  1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Jika kalian termasuk penggemar Mie, coba dan cicipilah mi Jowo, dan jangan pernah lewatkan warung bakmi sederhana satu ini, “Bakmi Jowo Pak Gareng”. Warung yang berada di Jalan Wotgandul Dalam No. 173, Semarang. Warungnya memang sederhana, namun disini anda bisa merasakan Mie Jowo dengan cita rasa khas Semarangan yang sudah cukup dikenal, baik oleh warga Semarang maupun yang berasal dari luar kota. Makanya tak heran jika dindingnya banyak dihiasi foto testimony beberapa artis yang pernah mencicipi Bakmi jawa ini. Yang membedakan dari bakmi jawa ini dengan bakmi jawa llainya adalah kuah kaldunya. Disini kaldunya asli, kaldu ayam kampung yang diolah dari resep turun temurun.

  1. Angkringan Gaul Ampiran 3

Angkringan Gaul Ampiran 3 beralamat di Jl Durian Raya No 29C Banyumanik Semarang, tepatnya Sekitar 500 meter dari pintu toll Ada Swalayan atau 200 meter dari Taman Tirtoagung. Menu yang disajikan di Angkringan Gaul Ampiran 3 ini tak jauh berbeda dengan angkringan pada umumnya yaitu nasi kucing juga aneka sate dan gorengan. Masalah harga pun sama terjangkaunya yaitu sekitar Rp 1.000-5000 untuk semua porsi makanan dan minuman disana cukup terjangkau kan. Dan satu lagi tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong andalan anak muda, karena selain harganya yang murah tempat ini juga menyediakan free wifi dan adanya live music untuk hari tertentu.

  1. Soto Pak No

Soto pak no merupakan salah satu soto yang terkenal di Semarang, yang dapat kita ketahui juga bagi kalian yang warga Semarang pasti tahu pahwa soto pak no ini memiliki beberapa cabang. Cabang soto pak no yang paling terkenal ada di jalan Thamrin no 28. Harga soto Pak No setiap mangkoknya sendiri hanya dibandrol Rp. 4.000 dengan porsi mangkok kecil. Soto Pak No sendiri buka pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Jika kalian ingin menikmati soto ini, kalian harus rela mengantre lama agar mendapatkan soto dengan kelesatan yang hakiki. Selain soto, disediakan juga makanan penujang soto itu sendiri, seperti sate jerowan, sate telur, sate kerang maupun sate daging ayam, yang menambah selera anda untuk menyantapnya.

  1. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Di Semarang, tepatnya di Jalan Menoreh No 10, Sampangan, terdapat warung makan olahan belut yang terkenal dan patut dicoba. Nama warung belut tersebut adalah warung belut Bu Nasima. Di warung ini memang menawarkan menu khas ikan air tawar, di antaranya mangut belut, kepala manyu yaitu sejenis ikan laut, ikan goreng mujair, bandeng, lele, pindang dan cumi-cumi. Menu makanan yang paling laku keras dan banyak diminati adalah menu mangut belut. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak mangut belut ini, sama dengan bumbu mangut biasa. Hanya saja rasa masakan mangut belut ini dibuat lebih pedas. Menu makanan ini memang sangat unuk dan jarang ada untuk itu warung yang telah berdiri dari tahun 1970an ini tak pernah sepi pengunjung. Dulu pada tahun 70an olahan mangut yang disajikan pedas ini menggunakan ikan laut asap, namun sang penjual iseng dan mencoba menggantinya dengan belut ternyata saat menu ini menjadi mangut belut ini menjadi sangat terkenal dan lebih diminati juga.

  1. Gudeg dan opor mbak tum

Tak perlu jauh untuk ke jogja, ke Semarang pun kalian akan mendaapati menu Gudeg. Tapi rasa gudeg Semarang hampir berbeda dengan Gudeng Jogja. Salah satu gudeg semarang yang selalu diburu oleh pengunjung adalah gudeg mbak tum. Warung makan mbak tum ini meyediakan Nasi Gudeg, Ayam Goreng, Lontong Opor, Koyor, Babat goreng, Sambal. Gudeg & Opor Mbak Tum ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Dan menu yang paling laris adalah nasi gudeg dan lontong opornya. Semakin malam maka semakin ramai pula warung mbak tum ini. kebanyakan pembelinya pun mulai dari kuli pasar hingga pekerja malam sering mamppir di warung mbak tum ini karena Warung Mbak Tum buka selepas maghrib sekitar pukul 7 hingga larut malam sekitar jam 3 dini hari. Warung Makan Mbak Tum Semarang ini beralamatkan di  Jl MT Haryono/ Mataram Semarang Jawa Tengah.

  1. Nasi goreng babat pak hengki

Selain nasi goreng gongso babat milik pak karim. Penjual nasi goreng babat juga terdapat banyak di beberapa tempat di Semarang ini. adapun yang terkenal selain nasi goreng babat gongso pak karim, nasi goreng babat pak hengky juga cukup terkenal. Hampir sama dengan warung milik pak karim semua menu dan sajian nasi goreng babat pak hengky pun hampir sama juga cita rasanya pun tak kalah lezat dengan nasi goreng pak karim namun spesialnya nasi goreng pak hengky ini di sajikan dengan paru goreng yang enak dan renyah. Nasi Goreng Babat Hengky berada di  Jalan Puri Anjasmoro Blok K, Semarang. Maka nasi goreng babat pak hengki bisa jadi alternative kuliner kalian saat di Semarang.

  1. Nasi Kebuli Djawas

Nasi kebuli Djawas yang ada di Semarang ini merupakan salah satu nasi kebuli yang legendaries. Bagaimana tidak, rumah makan ini berdiri sejak tahun 1940 hingga kini. rumah makan Djawas ini berada di Jalan Gatot Subroto No. 102 Ungaran, Semarang. Kini sang pengelolah adalah generasi ke tiga dari keluarga Djawas yang bernama Abah Fauzi. Resep masakannya asli diwariskan secara turun-temurun oleh Datok Awood, kakek Abah Fauzi yang berasal dari Hadramaut, Yaman. Ajaibnya, yang meracik segala jenis menu di Djawas adalah istri Abah Fauzi yang vegetarian. Beliau  tidak pernah mencicipi masakannya tapi racikannya selalu tepat dan membuat orang yang makan selalu menikmati hidanganan ini. Nasi kebuli daging kambing ini seporsinya hanya Rp.29.000 dan setiapporsinya selalu nikmat dan bikin nagih krena memang disni nasi kebulinya tidak terlalu berlemak. Selain nasi kebuli, Rumah Makan Djawas juga menyediakan menu Arab lain seperti roti cane dengan kari, nasi mandhi, nasi biryani dan kambing aqiqah.

 

Belum ada Komentar untuk 29 Tempat Wisata Kuliner Semarang Murah Meriah & Enak

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 29 Tempat Wisata Kuliner Semarang Murah Meriah & Enak

28 Tempat Wisata Kuliner Solo Pagi & Malam Hari Yang Enak Murah

28 Tempat Wisata Kuliner Solo Pagi & Malam Hari Yang Enak Murah

T 6 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Solo – Kalo udah bahas tentang makanan memang gak akan ada habisnya khususnya yang ada di kota satu ini, yap kali ini admin akan membahas tempat wisata kuliner yang ada di kota Solo Jawa Tengah dan sekitarnya. Kalo kamu... Selengkapnya

Tempat Wisata Kuliner Surabaya Enak Pagi dan Malam Hari

26 Tempat Wisata Kuliner Surabaya dan Sekitarnya Yang Enak

T 31 Mei 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Surabaya – Berbicara tentang makanan memang gak akan ada habisnya, apalagi kalo kamu berkunjung ke kota pahlawan kamu bisa mampir ke berbagai tempat wisata kuliner di kota Surabaya dan sekitarnya yang enak, asik, romantis, unik, hits, terkenal, murah meriah, plus... Selengkapnya

Objek Tempat Wisata Kuliner Jogja Lengkap Yang Murah Meriah & Enak

20 Tempat Wisata Kuliner Jogja Lengkap Yang Murah Meriah & Enak

T 16 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Jogja – Kalo udah jalan-jalan ke kota Yogyakarta rasanya belum lega kalo ga mampir ke tempat wisata kuliner yang ada di daerah ini, kali ini tim balazha akan sedikit mereview tempat makan sekaligus spot nongkrong yang asik, unik plus... Selengkapnya

+ SIDEBAR

About Us

Tentang Kami Balazha.com merupakan sebuah situs dari perusahaan Tour & Travel yang menyediakan Paket Wisata, Sewa Mobil, Sewa Bus, Sewa Motor, Sewa Penginapan, Catering dan berbagai hal yang berhubungan dengan Travelling (Liburan). Saat ini kantor pusat Balazha.com berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga & orang - orang terdekat silahkan hubungi team kami untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mempermudah proses liburan anda. Selengkapnya Tentang Kami.

Contact Us

Halo buat kamu yang ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak kami di bawah ini, untuk pemesanan berbagai layanan Balazha.com juga bisa melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Ada pertanyaan khusus seputar Kerjasama & layanan kami? Jangan pernah sungkan untuk kontak kami sekarang juga, karena team kami sangat senang sekali membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan Balazha Indonesia secara online. Lihat Kontak Kami.