Beranda » Kuliner Indonesia » 28 Tempat Wisata Kuliner Solo Pagi & Malam Hari Yang Enak Murah

28 Tempat Wisata Kuliner Solo Pagi & Malam Hari Yang Enak Murah

T Diposting oleh pada 6 Juni 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 16439 kali

Kuliner Solo – Kalo udah bahas tentang makanan memang gak akan ada habisnya khususnya yang ada di kota satu ini, yap kali ini admin akan membahas tempat wisata kuliner yang ada di kota Solo Jawa Tengah dan sekitarnya. Kalo kamu datang dari kota lain sebaginya kamu mencicipi beberapa makanan khas tradisional asli kota Solo selain harganya murah meriah, rasanya juga enak tiada duanya. Mulai dari pagi, siang hari hingga tengah malam ada berbagai pilihan makanan yang bisa kamu coba kalo mampir di kota ini. Khusus kamu yang datang ke kota ini dengan naik kereta sebaiknya cari makanan yang ada di dekat stasiun balapan purwosari aja karena di dekat situ juga ada banyak penjual makanan enak.

Kalo kata Pak Bondan Winarno “rasanya nuendang pol” makanan yang ada di kota Solo baru Sukoharjo, Galabo Solo dan daerah Tengkleng Klewer. Buat kamu yang datang bersama pacar banyak juga rumah makan yang menyajikan kesan romantis untuk berkencan, bukan hanya itu biasanya tempatnya juga luas cocok juga untuk rombongan keluarga. Berikut info daftar tempat kuliner cafe &  resto ala Balazha yang terbaru hits di intagram dan wajib kamu coba.

  1. Serabi Notosuman

Serabi notosuman ini sudah menjadi oleh- oleh khas Solo dari masa ke masa berdiri sejak tahun 1923. Serabi ini hadir dan di jajakan di daerah Notosuman dan ternyata semua penjual yang berderet di tempat ini konon berasal dari keturunan Hoo Gek Hok. Serabi, sebuah kue dengan adonan yang terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam dan daun pandan, seperti adonan pancake ya. Serabi ini memiliki teksture yang lembut dan kenyal dengan rasa yang legit selain itu serabi notosuman ini dihidangkan tanpa kuah manis seperti serabi atau surabi yang ada di kota- kota lain. Serabi Notosuman ini dapat kalian temukan di jalan Mohammad Yamin No 28 Solo. Selagi kalian memesan dan menunggu pesanan, di tempat ini kalian juga bisa melihat proses pematangan serabi. Setelah adonan diracik, adonan ini dimasak diatas cetakan bulat kecil hampir seperti wajan berukuran kecil dengan menggunakan tungku. Untuk itu tak heran bahwa tempat ini dipenuhi aroma serabi yang mengugah selera. Terdapat 2 varian rasa yakni Coklat dan Polos, keduanya sama enaknya kok harganya juga cukup terjangkau 2000 untuk yang coklat dan 1800 untuk yang polos. Jika kalian ke Solo mampirlah ke Serabi Notosuman, karena serabi ini cocok sebagai oleh-oleh atau sekedar mengganjal perut saat kalian berada di kota Solo.

  1. Soto Gading

Ketika ke Solo ikut cicipin nikmatnya Soto Gading langganan para pejabat hingga orang nomer satu di Indonesia ini yuk. Namanya soto gading, bukan karena berasal dari gading gajah, namun nama gading ini berasal dari nama daerah selatan Keraton Kasunanan Surakarta. Tempat soto gading yang dijajakan ini memang tidak mewah, bahkan jauh dari image eksklusif namun jangan salah tempat yang didirikan oleh Siswo Martono ini kerap menjadi tempat persinggahan para petinggi negara saat berada di Surakarta. Adapun petinggi Negara yang pernah bahkan sering datang ke tempat ini adalah bapak Susilo Bambang Yudhoyono, bapak Abdurrahman Wahid atau yang lebih kita kenal dengan Gusdur, bapak Soeharto, ibu Megawati Soekarnoputri pun sering ke tempat ini bahkan presiden kita sekarang bapak Jokowi pun pernah mencoba hidangan ini. warung yang sudah berdiri dari tahun 1974 ini sudah memiliki 3 cabang namun sang pemilik juga tidak ingin mengubah warungnya menjadi restoran besar karena beliau ingin image soto gading ini tetap merakyat dari masa ke masa. Tak heran jika banyak pejabat yang terpesona oleh kenikmatan soto gading ini, kuah soto yang agak kental dengan kuah bening ini mempunyai rasa yang gurih yang sedikit berlemak hasil dari kaldu ayam dengan porsi yang cukup ini membuat para penikmatnya ketagihan. Soto Gading beralamat di jalan Brigjen Sudiarto no 75 Surakarta. Kapan lagi menikmati sajian kesukaan para petinggi Negara.

  1. Warung Sate Buntel Mbok Galak

Ada lagi nih menu favorit dari presiden kita Bapak Jokowi, yaitu Sate Buntel. Warung Mbok Galak ini menyediakan berbagai macam olahan kambing seperti sate kambing, sate buntel, tongseng kambing, gule kambing hingga tengklek. Menu- menu yang paling menjadi favorit pengunjungnya adalah sate kambing, sate buntel dan tongseng. Sampai sampai bapak presiden kita pak Jokowi meggemari sate buntel yang menjadi salah satu khas Surakarta ini. Sate Buntel ini teruat dari daging kambing cincang yang dibalut dengan lemak tipis, kadang juga agak di belah agar daging yang ada di dalam lemak juga ikut matang sempurna. Aroma yang di keluarkan dari sate ini juga sangat khas dan membuat yang mencium aroma sate menjadi lapar. Sate ini disajikan dengan bumbu kecap yang kental dengan irisan bawang merah segar di dalamnya selayaknya sate pada umumnya. Namun, selain itu disediakan pula irisan daun kol, jeruk nipis dan cabai rawit utuh dalam piring terpisah untuk melengkapi kenikmatan sate buntel ini. warung sate mbok galak ini berdiri mulai tahun 1980an terletak di Jl. Kimangunsarkoro No.122, Surakarta. Dengan image sate favorit pak Presiden Jokowi maka warung sate ini juga tak pernah sepi pengunjung. Yuk mampir ke warung mbok galak biar bisa menikmati sate buntel khas dari kota kelahiran bapak presiden Jokowi yaitu Surakarta.

  1. Cabuk Rambak Solo

Kuliner yang satu ini memang khasnya kota Solo/Surakarta ini, karena kehadirannya yang sudah dari jaman dahulu kala maka kuliner ini sangat susah di cari sekarang apalagi para penjualnya selalu berpindah- pindah tempat. Biasanya penjual cabuk rambak ini adalah si mbok yang menjajakan dagangan dengan menggendongnya di punggung makanya menjualnya berpindah- pindah tempat. Cabuk ini merupakan nama dari sambal yang terbuat wijen, sedangkan rambak atau karak ini merupakan campuran dalam penyajiannya. Penyajian cabuk rambak ini memiliki ciri khas yaitu selalu menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk kemudian pincuk tersebut di isi dengan potongan ketupat kemudian disiram oleh bumbu cabuk dan di beri rambak atau karak. Sayangnya kuliner ini tidak bisa ditemukan sewaktu waktu tapi, jika kalian berada di Solo hingga hari minngu tiba atau waktu CFD banyak juga lhoo si mbok penjual cabuk rambak ini yang berjejer di beberapa sisi jalan saat CFD berlangsung. Harganya juga cukup murah mulai 2ribu hingga 2,5ribu per porsinya. Sangat murah kan, dan harga murahnya telah memecahkan beberapa pendapat bahwa makanan yang mahal pasti enak. Ternyata tidak karena hanya 2ribu rupiah saja kalian bisa menikmati kuliner asli asal solo ini.

  1. Warung Pecel Bu Kis Sambal Tumpang

Warung pecel bu kis ini berada di daerah kampung priyombadan tepatnya di belakang kantor Pengadilan Negri Solo. Warung ini merupakan salah satu warung yang menjajakan sambal tumpang, memang bukan khas dari solo tapi sambal tumpang yang ada di Solo ini wajib kalian cicipi karena biasanya berbeda tempat juga bebeda penyajian serta rasanya pun mengikuti lidah warga daerah masing- masing. Namanya saja sudah sambal maka sajian ini selalu saya berasa pedas. Tumpang sendiri berasal dari hasil fermentasi berlebih dari tempe hingga sering kali disebut dengan tempe bosok. Sambal tumpang atau pecel tumpang di warung bu kis ini merupakan menu terlaris di sana. Satu porsi sambal tumpang berisikan aneka sayur seperti bayam, kenikir, kecambah dan lain-lain yang kemudian disiram dengan sambel tumpang yang berwarna kuning kecoklatan ini hingga semua sayur tertutupi. Satu porsinya hanya dibandrol seharga Rp. 6000,- saja. Sambal tumpang di warung pecel bu kis ini dibuat dengan kuah yang sangat kental seperti pecel namun terbuat dari campuran santan dengan tempe bosok yang dilembutkan. Banyak sekali warga solo ini yang menyukai makanan khas Kediri namun di solo beberapa kedai makanan yang menyajikan sambal tumpang mereka olah dengan khas dari solo sendiri. Jadi rasakan nikmatnya sambal tumpang yang ada di solo ini.

  1. Tahu Kupat Khas Solo

Tahu kupat merupakan salah satu makanan khas kota Solo, makanya tak jarang jika banyak sekali pedagang tahu kupat jika kalian berada di solo. Nah salah satu kedai yang terkenal dan bisa dijadikan rekomendasi jika kalian berada di Solo adalah tahu kupat “SARI” milik pak Brewok kedai ini berada di jalan RM said dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.  Selain tahu kupat “sari” ada juga tahu kupat pak Gombloh yang sangat melegenda karena telah dibuka mulai tahun 1973an hingga sampai saat ini juga masih terkenal jika kalian ingin mengunjungi tahu kupat pak gombloh silahkan datang ke jalan slamet riyadi kota Solo. Tahu kupat disajikan dengan komposisi yang terdiri dari risan ketupat, irisan tahu putih yang digoreng, bakwan, mie kuning, beberapa jenis sayuran seperti kol, seledri dan tauge, kemudian ditambah acar dengan taburan kacang dan terakhir disiram dengan kuah kecap manis asin. Kenikmatan yang disajikan menjadi hakiki karena semua disajikan dengan fresh dan baru.  Cicipilah olahan ini untuk mengganjal perut saat anda berlibur di kota Solo. Kesegaran kuah rasa manis asin ini akan membuat kalian ketagihan untuk menyantab sajian ini.

  1. Sate Kere Yu Rebi

Salah satu kedai sate kere yang ada di solo dan telah melegenda adalah sate kere yu rebi. Kedai ini terletak di jalan kebangkitan nasional no 1-2 Laweyan Solo. Letaknya cukup strategis kok yaitu sebelah kiri jalan belakang Sriwedari Solo. Sate kere ini merupakan ikon kota Solo dan berdiri sejak tahun 1980. sate kere, yaitu sate yang berbahan dasar tempe gembus direndam dengan bumbu, dibacem kemudian di bakar dalam penyajiannya sate kere disajikan dengan irisan lontong kemudian disiram dengan sambal kacang. Yu rebi ini sebenarnya merupakan salah satu warung sate, namun menu yang sangat digemari hingga menjadi ikon di kota Solo adalah sate kere ini. satu porsi sate kere yu rebi ini berisikan 10 tusuk sate dengan harga setiap porsinya adalah Rp 10.000,- saja, cukup murah dan terjangkau bukan. Selain itu kalian juga dapat mengkombinasi sate kere ini dengan sate jeroan sapi maka harga yang di bandrol untuk satu porsi sate campur ini hanya Rp 22.000,- saja.

  1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Nasi liwet adalah salah satu menu andalan di kota Solo. Seringnya dijajakan pada pagi dan malam hari di beberapa sudut kota Solo.  Salah satu daerah yang bakal sering kalian temui para penjual nasi liwet berjejer adalah di daerah Kepraon. Disana terkenal sekali nasi liwet yang enak enak dan beberapa diantaranya merupakan warung nasi liwet yang konon kabarnya sudah menjadi usaha turun temurun dari generasi ke generasi. Salah satunya adalah warung nasi liwet bu wongso lemu yang sudah berdiri dari tahun 1950. Nasi liwet yang disajikan di warung bu Wongso Lemu ini memang sama seperti nasi liwt pada umumnya namun yang berbeda di warung bu wongso lemu adalah konsep warungnya yang trasidional karena pedagangnya masih menggunakan kebaya jawa dan make up selain itu, kalian akan disambut oleh pengamen ibu-ibu berkebaya serta memakai sanggul dan menyanyikan lagu jawa. Nasi liwet sendiri merupakan nasi gurih yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan sayur labu siam diolah pedas, suwiran daging ayam, dan areh sejenis bubur gurih dari kelapa kemudian disajikan diatas daun pisang yang dilipat dalam istilah jawa dipincuk. Warung Bu Wongso Lemu ini di jalan Teuku umar, keprabon Solo Jawa Tengah yang buka mulai pukul 16.00 WIB sampai jam 01.00 WIB tengah malam. Dengan harga yang diberikan untuk nasi liwet biasa Rp.10.000,- dan Rp. 17.000,- untuk nasi liwet ampela.

  1. Gudeg Ceker Margoyudhan

Yuk ke gudeg ceker yang ada di daerah Margoyudan tepatnya di jalan Monginsidi Soto Jawa Tengah. warung yang menyediakan gudeg ceker di margoyudan ini tak pernah sepi pembeli. Apa lagi saat hari libur telah tiba mobil dan motor yang berjejer di sepanjang jalan tak hanya datang dari kota Solo sendiri saja melainkan datang dari berbagai daerah yang dapat kita tahu dari kendaraan yang berjejer dengan plat nomor asal luar kota. Memanglah warung ini sangat amat ramai hingga sebelum buka pun para pembeli sudah mengatre untuk bersiap membeli gudeg ceker ini. Para pembeli rela antri untuk mendapatkan gudeg ceker yang gurih dan nikmat khas olahan dari kota solo walaupun warung ini buka pukul 1.30 Wib tengah malam. Mungkin akan terasa malas untuk keluar dimalam hari atau menunggu hingga tengah malam untuk mengantre di kedai ini, tapi jika merasakannya kalian akan merasakan candu akan nikmatnya gudeg Bu Kasno di daerah Margoyudan ini. Jadi siapkan waktu kalian untuk antre ya, nikmati kelezatan dari gudeg ceker Margyudan ini.

  1. Timlo

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner khas dari Solo, kuliner itu adalah Timlo. masakan timlo ini mirip dengan soto atau sop yang memiliki kuah bening, untuk pelengkapnya, masakan Timlo Solo ini disajikan dengan sosis ayam yang dipotong- potong, telur ayam, pindang dan juga irisan jeroan ayam, seperti ati dan ampela. Adapun tempat makan dengan sajian timlo yang terkenal di Kota solo, salah satunya bernama Timlo Solo yang berada di Jalan Urip Sumoharjo no 94. Saat berada di warung makan timlo kalian bisa memesan nasi yang lagsung di campur oleh kuah atau nasi yang dipisah dari kuah timlo. Untuk harga yang di bandrol pada timlo dari sajian yang ada di Timlo Solo ini sangat terjangkau yakni mulai dengan Rp. 4000 saja, cukup muah bukan. Memang banyak sekali yang menyajikan makan ini di setiap daerh tapi jika kalian mau yang rekomended maka kalian bisa mapir ke Timlo solo karena di sana sudah terkenal.

  1. Pecel Ndeso Solo

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Pecel adalah salah satu makanan yang beberapa kota hapir memilikinya namun dengan sajian dan dan khas masing masing. Seperti halnya di kota Solo ini, dulu banyak sekali penjual pecel ndeso yang berkeliling untuk menjjakan dagangannya namun seiring berjalannya waktu maka penjualnya tidak berkeliling lagi. Tapi jangan khawatir di solo kalian masi bisa menikmati kuliner ini lho, salah satunya adalah rumah makan Wong ndeso Solo. Rumah makan ini menyediakan menu special pecel ndeso. pecel ini disajikan dengan nasi merah, kemudian pada sambalnya kacangnya dicampur dengan wijen hitam yang telah disangrai sehingga membuat sambal kacang jadi semakin gurih. Wijen hitam menjadi ciri khas dari pecel ndeso Solo ini. Sayuran yang digunakan sebagai isian dari pecel ini lebih beragam diantaranya adalah daun kenikir, kembang turi, jantung pisang, daun pepaya, dan tauge kemudian ditambah dengan bongko. Bongko adalah sejenis makanan berbahan dasar kacang merah yang dicampur dengan parutan kelapa muda kemudian diberi bumbu lalu dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Penyajian pecel ndeso biasanya menggunakan pincuk dari daun pisang. Rumah makan omah ndeso ini berada di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo, yang buka dua kali setiap harinya mulai jam 08.00 – 16.00, dan 18.00 – 22.00.

  1. Sup Matahari

Sup matahari adalah hasil olahan dari wortel, jamur, jagung, ayam cacah yang dikemas dengan telur dadar dan dibentuk menyerupai matahari. Tampilannya yang cantik dan perpaduan rasa asin gurihnya makin nikmat jika dilahap dengan sambal kecap sesuai selera. Makanan segar nan mengenyangkan saat dipandang ini nampaknya cocok buat santapan siang hari saat makan siang tiba. Sup matahari dapat dinikmati oleh semua kalangan dan semua jenjang usia. Salah satu tempat makan ynag menyajikan menu sup matahari adalah warung makan Vien’s. warung makan vien’s ini dapat kalian temukan di di Jln. Hasannudin No. 99 D, Solo atau tepatnya tak jauh dari Stasiun Solo Balapan. Selain menu sup matahari di warung makan ini juga menyediakan selat dan dapat menjual 6000 hingga 7000 porsi sup matahari dan selat segar. Tertarik untuk mencicipinya bukan? Lihat dan rasakan bentuk matahari yang disajikan di saja jangankan anak kecil, kalian pun juga akan senang dan berselera makan saat melihatnya.

  1. Wedangan Pendopo

Wedangan pendopo adalah salah satu nama angkringan yang ada di solo. Berbeda dengan angkringan di Jogja yang biasanya berada di trotoar, Wedangan Pendopo justru berada di tengah kampung. Tempatnya agak ndelik dan menempati sebuah bangunan rumah kuno yang bernuansa vintage. Menu yang yang terkenal khas dari Wedangan Pendopo ini adalah nasi sambal goreng lombok ijo. Ditambah lagi terdapat camilan seperti sosis dan sate yang sebelum dihidangkan akan dibakar diatas bara api sehingga menambah cita rasa dan kekhasan tersendiri. Minuman yang disediakan juga tradisional Jawa seperti wedang jahe, wedang uwuh, kunir asem dan lainnya. Warung Wedangan Pendopo ini Beralamat di Jl Srigading I No 7, Turisari, Mangkubumen, Banjarsari, Solo tepatnya belakang Empek-Empek Ny. Kamt. Didirikan 2011 silam oleh pasangan suami isteri asli Solo, Ustiani dan Totok. Konsep angkringan wedang pendopo ini dibuat seklasik mungkin dengan kursi yang mayoritas dari kayu jati dan alunan gending Jawa yang akan mengiringi makan malam kalian selain itu interiornya juga memiliki banyak hiasan berbagai alat musik tradisional seperti angklung, gendang dan berbagai barang-barang antik seperti radio analog dan wayang kulit. Penasaran ? jangan lupa kunjungi tempat ini saat kalian ada di Solo ya.

  1. Galabo Solo

Galabo adalah singkatan dari Gladag Langen Bogan, sebuah tempat wisata kuliner malam di kota Solo. Gladag Langen Bogan Solo adalah arena kuliner yang hanya dibuka pada malam hari, berlokasi di sebelah timur bundaran Gladag, tepatnya di JL. Mayor Sunaryo depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo. Di kawasan inilah seribu satu makanan khas Solo ditawarkan. Hampir semua makanan khas Solo yang dijual di berbagai sudut kota Solo ada di Galabo. Mulai dari tengkleng Pasar Klewer Bu Edi, soto gerabah, nasi liwet keprabon, gudeg ceker Margoyudan, sate kere Yu Rebi, bebek Pak Slamet, mie thoprak, wedang ronde, wedang dongo, nasi tumpang Bu Mun, Harjo Bestik, bakso Alex, tahu kupat Bu Sri, dan Gempol Plered Bu Yami. Galabo solo ini hanya buka mulai pukul 19.00 hingga Rp 23.00, dan sedikitnya tersedia 75 hingga 100 warung makan. Kalian bisa menikmati hidangan makanan dan minuman dengan duduk di warung payung, atau lesehan menggunakan tikar di sepanjang trotoar.

  1. Harjo Bistik

Dari namanya harjo bistik pasti kalian mengira tempat ini berupa restoran, namun tidak pada kenyataannya harjo bistik ini adalah sebuah warung makan yang berupa tenda yang ada di jalan dr rajiman, jalan kapten mulyadi dan jalan veteran. Warung Harjo Bestik adalah salah satu warung yang menjual beefsteak ala Eropa yang dinikmati dengan nasi putih khas Indonesia. Belum diketahui apakah bistik ini mengacu kepada kata beefsteak (Inggris) atau biefstuk (Belanda) yang jelas, bistik menyumbangkan keanekaragaman kuliner Indonesia pada umumnya dan Jawa Tengah apalagi Solo pada khususnya. Menu andalan dari Harjo bistik ini adalah bistik lidah, tidak hanya itu tetapi juga terdapat menu aneka olahan daging sapi dengan selera lokal, contohnya bistik uritan ayam dan brutu. Uritan ayam adalah telur yang masih berada di dalam perut ayam, sedangkan brutu adalah bagian belakang ayam. Menu bistik lainnya adalah Bistik Telon yang terdiri atas tiga jenis daging sesuai permintaan pelanggan. Seperti bistik campur dengan tambahan daging sapi cacah, bistik dadar lidah yang menyajikan bistik lidah sapi yang terbungkus telur dadar yang direndam kuah bistik dan yang terakhir, ada Bistik LDG (Lidah Goyang) yang terdiri dari lidah sapi, bistik dadar lidah, dan bistik campur. Pilih menu favorit kalian dan rasakan kenikmatan bistik ala eropa dengan kesan jawa.

  1. Mie Gajah mas

Mie Gajah Mas terletak di Jl. Suryo Pranoto No.1 Solo atau seberang Pasar Gede Solo buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Kesan pertama saat memasuki rumah makan ini memang bergaya oriental tapi jangan khawatir makanan di sini disajikan dengan halal dan telah mendapat sertifikat dari BPOM. Ada bermacam-macam menu mie ayam mulai mie biasa, mie pangsit, mie spesial, mie jamur, dan sebagainya. Mi ayam ini disajikan denga mi dan kuah yang dipisah seperti mi ayam Jakarta pada umumnya. Tapi memang sih bahwa mi ayam yang dipisah oleh kuah biasanya identic dengan gaya orientalnya. Mi disini bisa disajikan dengan porsi besar atau jika mau dapat disajikan dengan porsi jumbo. Tergantung kalian ingin memesan menu apa dengan porsi seberapa. Mi gajah mas ini merupakan salah satu tempat mi ayam yang sangat terkenal di Solo hingga terdapat delivery order juga lho.

  1. Es Krim Tentrem

Es krim tentrem salah satu kesai es krim yang legendaris di kota Solo. Bagaimana tidak toko es krim ini berdiri sejak 1952. Seperti namanya tentrem kedai ini di buat senyaman mungkin hingga membuat orang yang makan es krim ini merasa tentrem. Menu yang ada di kedai Es Krim Tentrem ini ada 21 macam antara lain red planet, cassablanka, banana split, dewa mabuk, archipelago dan masih banyak lagi. Kedai eskrim tentrem ini sempat tutup, namun telah di bangun kembali dengan berbagai pembaruan dan menbuat namanya sekarang menjadi es krim New Tentrem. Masih dengan kesohorannya yang terdahulu eskrim ini masih sangat di kenal di berbagai kalangan masyarakat Solo. Lokasi kedai es krim ini ada di perempatan jalan brigjen slamet riyadi no 132 Keprabon, Banjarsari, Kota Solo Jawa Tengah. harga menu eskrim disana mulai Rp 15000 – 22000 saja lhoo. Cukup murah untuk dijangkau kan. Bangunan ini cukup “wah” untuk sebuah restoran es krim. Ada 2 lantai yang siap menjamu pencinta es krim di seluruh dunia. Interiornya di hias dengan cantik dan nyaman untuk tempat nongkrong. Jam buka toko New Es Krim Tentrem ini dari pukul 10.00 hingga 21.00

  1. Oh La Vita

Satu lagi tempat makan sekaligus tempat nongkrong di Solo. Oh La Vita salah satu kedai makanan yang ada di Solo dan menyediakan makanan bernuansa Italia yaitu pasta dan pizza. Tempat makan yang menjual menu Italia di Solo ini buka Setiap Hari dari jam 15.20 WIB sampai dengan 23.00 WIB dengan last ordernya jam 22.30 WIB ya, tapi tenang hari libur pun kedai ini tetap buka kok. Kedai ini ada di jalan  Tirtosari 11 Purwonegaran Sriwedari, Solo. Harga makanannya mulai dari 6000 rupiah sampai 45000 rupiah sedangkan minuman mulai 5000 rupiah sampai 15000 rupiah. Pas dikantong dan merupakan harga yang wajar jika kita ingin menikmati sajian italia dengan rasa yang sesuai dengan dengan lidah orang Indonesia.

  1. Susu Shi Jack

Kehangatan yang hakiki dan dapat membuat kita sehat segar dan bugar, salah satunya meminum susu hangat tapi susu yang murni yaa bukan susu yang olahan dari pabrik. Jika kalian ke Solo datang saja ke waung Shi Jack disana disediakan Susu murni tanpa sentuhan pabrik lho. Warung susu yang buka sejak tahun 1986 ini bahkan telah mengukuhkan diri sebagai pioneer warung susu murni di kota Solo hingga mempunyai tag-line “kami memang beda”. Dari tag-line itu tidak sekedar tag-line karena memang warung Shi Jack ini memang beda yaitu ketika para pelayan yang sedang membuat minuman susu sering memainkan gelas-gelas, seakan kita disuguhi aksi juggling dari bartender yang ada di bar. Selain itu menunya pun bernama yang unik juga seperti Tante Susy (Susu Syrop Tanpa Telor), Sukamandi (Susu Coklat Manis Dingin), Sumur (Susu Murni), Suteja (Susu Telor Jahe), Es Dara (Es Soda Gembira), Superman (Susu Perah Manis), dan masih banyak lagi nama yang unik lainnya. Ternyata minum susu tak harus mahal lhoo karena di Shi Jack ini susu murni dijual dengan harga Rp 4000 hingga Rp 7000 saja. Selain susu murni banyak juga yang dijual disana sebagai cemilan dan pendamping susu seperti roti bakar dan pisang owol. Pusat warung susu murni Shi Jack ada di Jl. Kapt. Mulyadi (depan benteng Vastenberg). Dengan 12 cabang, antara lain di Galabo, Jl. Yos Sudarso, Jl. Veteran (Gading), Jl. Honggowongso, Depan Lapangan Kotabarat, dekat perempatan Jajar dan masih banyak lagi.

  1. Tahok Pak Citro

Tahok adalah salah satu makanan khas dari Solo namun sayangnya tahok ini sudah mulai punah karena sudah jarang orang berjualan Tahok di Solo. Tapi masih ada kok pedagang tahok di Solo namun mereka sudah berusia senja salah satunya adalah pak Citro. Bapak Citro membuka lapak kaki lima untuk berjualan tahok di sebelah barat pintu utama Pasar Gedhe Solo. Tahok dalam bahasa Tionghoa berasal dari dua kata yaitu tao atau teu yang berarti kacang kedelai dan hoa atau hu yang berarti lumat. Berdasarkan etimologi dapat disimpulkan bahwa Tahok berasal dari kedelai yang dilumatkan atau dihaluskan. Proses pembuatan tahok cukup memakan waktu, kedelai di rendam semalam, dibersihkan dan dipisahkan dari kulitnya kemudian di giling menggunakan alat tradisional yaitu menggesekan dua buah batu. Tahok ini mempunyai tekstur kenyal yang berasal dari campuran tepung hongkwe kemudian cara penyajiannya dicampurkan dengan kuah jahe. Pak Citro mulai melayani pembeli pada pukul 06.00 WIB sampai dagangan habis, biasanya menjelang sore dagangannya sudah ludes. Semangkok Tahok dijual dengan harga Rp 5 ribu.

  1. Es Dawet Pasar Gede

Jalan jalan ke pasar di siang hari pasti akan mempbuat kita gerah dan capek dengan keramaian pasar. Tapi jika kalian ke pasar gede Solo kalian akan menemukan stan penjual dawet telasih bu Dermi. Es dawet bu dermi ini sangat terkenal bahkan sampai beberapa pembelinya pun wisatawan mancanegara. Dawet telasih merupakan kombinasi gula, santan, telasih, cendol, bubur sumsum, dan ketan ireng dengan harga satu mangkoknya es dawet telasih ini di bandrol harga Rp 8.000, jika ditambah tape ketan menjadi Rp 8.500. kesegaran es dawet ini dapat membuat kalian yang lelah berada di pasar menjadi segar kembali. Stan dawet es darmi ini terletak di area kuliner sebelah utara, di dalam Pasar Gede sisi timur. Saat ini, Es Dawet Telasih Bu Dermi dikelola oleh putri Sadermi, Ruth Tulus Subekti. Beliau adalah generasi ketiga dari keluarga bu Dermi. Dari masa kemasa memang dawer ini terkenal sekali untuk itu es dawet ini selalu di teruskan dengan resep turun temurun.

  1. Es Gempol Pleret

Es gempol pleret kini juga sudah jarang dijajakan di Solo padahal kuliner yang satu ini merupakan es yang khas di solo. Gempol Pleret adalah minuman khas daerah Solo yang terdiri dari adonan tepung beras dan gula jawa. Adonan tepung itu dibentuk bulat pipih setelah sebelumnya dipapatkan.Gempol dan gula jawa dicampur dengan santan cair dan saus yang terbuat dari campuran gula pasri dan gula jawa. Untuk menambah kesegaran, es batu ditambahkan. Pak Suharto adalah satu dari beberapa orang yang mempunyai usaha jual es gempol pleret. Padahal, 20 tahun yang lalu banyak penjual es gempol pleret menggendong dagangannya keliling kampong. Warung makanan dan es gempol pleret milik Pak Suhar berada di samping Masjid Tegalsari, Jalan Dr. Wahidin Solo. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di seberang pertigaan Tugu Lilin Laweyan. Beliau membuka usaha warung sejak Februari 1998. Bahan utama gempol ini adalah beras dan pak suhar menggunakan beras kualitas tinggi yaitu raja lele untuk membuat bulatan-bulatan gempol. beliau menumbuk beras dan mengeringkannya sebelum membentuknya bulat-bulat kemudian bulatan itu direbus an dimasak dengan daun pandan agar beraroma sedap. Digunakannya daun pandan pada biji gempol membuat biji yang tadinya putih berubah menjadi kehijauan. Warung Pak Suhar ini berdiri di tempat sempit. Akan tetapi, warung yang hanya menyediakan lima meja panjang itu bisa memuat 30 orang jika penuh. Warung ini buka dari pagi pukul 09.30 hingga tutup pukul 16.00 WIB.

  1. Bakmi Jawa Rajiman

Bakmi jawa yang ada di jalan rajiman ini bernama bakmi jawa special anglo tepatnya di Jl. dr. Radjiman No. 176, Singosaren, Solo. Seperti namanya, menu andalan di tempat itu adalah bakmi jawa dengan pilihan digoreng dan direbus. bakmi jawa yang di rumah makan ini dimasak bukan dengan kompor melainkan anglo yang terbuat dari tanah liat dengan arang sebagai bahan bakar. Cara memasak dengan menggunakan anglo ini menurut sang penjual memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Dan cara itu sudah menjadi resep turun temurun sejak depot ini berdiri. Di bakmi jawa Anglo yang berada di jalan rajiman ini memiliki tempat yang sejuk, di sana kalian dapat memilih untuk duduk di kursi maupun di area lesehan. Buka pada pukul 11.00 WIB hingga 21.30 WIB, Bakmi Jawa Spesial Anglo menawarkan menu dengan harga mulai Rp5.000 per porsi hingga Rp22.000 per porsi.

  1. Selat Solo

Makanan iki merupakan perpaduan hidangan eropa dan hidangan solo jawa tengah. nama selat sendiri awalnya mengacu pada salad dengan banyak potongan sayur namun bagian utama kuliner ini adalah daging yang menyebabkan tidak pantas jika makanan ini di sebut salad untuk itu banyak orang menyebutnya dengan kata selat. Sajian kuliner ini seperti sebuah bistik yang disajikan dalam kuah manis encer khas Jawa. Sebagai sebuah percampuran antara bistik, salad dan sup maka hidangan ini juga sering disebut sebagai Bistik Jawa, walaupun hidangan tersebut mengandung lebih sedikit kuah. Makanan ini terdiri dari daging sapi has luar yang direbus dalam kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica. Makanan ini kemudian disajikan dengan telur rebus dan sayur-sayuran seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, kol atau brokoli dan wortel, serta ditaburi keripik kentang dan ditambahkan sedikit moster atau mayones di sampingnya. Di Solo sendiri, penjual Selat Solo yang paling terkenal adalah Mbak Lies. Warung Selat Mbak Lies berada di Jl. Serengan Gang II No.42 Solo. Warung Selat Mbak Lies buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 17.00 WIB namun jika kalian datang sebelum dan sesudah jam tersebut kalian tetap dilayani selama masakan sudah siap dan masih ada.

  1. Tengkleng Bu Ediyem

Tengkleng merupakan hidangan khas Solo menyerupai gulai namun memiliki kuah lebih encer dan berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel atau yang sering di sebut tetelan. Tengkleng klewer ini sudah ada pada tahun 1971 berawal dari nenek bu edi ini masih hidup ketika itu nenek bu edi menjajakan tengkleng dengan cara menggendong dan keliling di pasar klewer dengan berjalan kaki. Namun seriring berjalannya waktu akhirnya, pada 1980-an, Nenek Bu Edi memilih menetap di lokasi yang sekarang menjadi warung tengkleng Bu Edi hingga terkenal. Pemandangan orang yang berjejer untuk mengantre ini biasa dilihat di warung tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer. Selain kelezatan yang tak diragukan, cara penyajian tengkleng di atas pincuk memberi kenikmatan begitu populernya tengkleng yang dijual menggunakan pincuk ini, sampai-sampai ada yang mengaku kurang lengkap jika berkunjung ke Pasar Klewer tanpa mencicipi masakan ini. Bu Edi menjajakan dagangannya sejak jam 2 siang. Namun, hanya dalam hitungan jam, tengkleng sudah pasti habis terjual maka datanglah sekitar jam 1 siang untuk menganter jika ingin menikmati lahan tulang belulang dan jeroan kambing dengan cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas ini karena kuliner ini memang sayang untuk dilewatkan.

  1. Ayam Tulang Dewa Cemara Dua Solo Square

Jika kalian sedang jalan jalan ke mall nya kota solo tepatnya di Solo Square wajib banget hukumnya buat kalian mampir di kedai satu ini yang berada di foodcourt Solo Square. Salah satu kuliner khas Solo yang bisa kamu cicipi di Solo Squrae ini adalah Ayam Tulang Dewa Cemara. Ayamnya disajikan dengan sambal super pedas atau sering disebut dengan sambal gledeg dan sambal bawang yang lumayan pedas. Paket lengkap Ayam Tulang Dewa Cemara ini bisa kamu nikmati dengan nasi putih dan teh manis yang disajikan secara gratis. Sesuai namanya, ayamnya sangat empuk bahkan sampai tulang muda nya. Jadi lupakan junk food dan beralihlah ke kedai makanan ini saat kalian berada di Solo Square. Letih jalan jalan yang telah menguras tenaga akan terbayarkan jika kamu puas makan di kedai cemara dua.

  1. Mom Milk Solo

Buat kalian yang ngaku anak nongkrongnya kota solo belum lengkap dan belum hits kamu jika belum berkunjung ke Mom Milk. Terletak di Jl. Adi Sucipto 4 Manahan tempat nongkrong ini menyediakan berbagai minuman dengan bahan dasar susu. Cafe yang berdiri sejak tahun 2011 ini menyediakan susu sapi segar sebagai menu utamanya. Bukan sekedar susu sapi segar, melainkan susu yang diolah dengan berbagai rasa. Sampai saat ini, Mom Milk sudah memiliki 18 varian rasa yang dapat dipilih para penikmat susu yang berkunjung ke sana. Beberapa di antaranya adalah vanilla, cokelat, stroberi, cookies, hazelnut, nangka, durian dan masih banyak lagi. Selain minuman yang di sediakan menyehatkan tempat ini juga pas banget buat kalian yang suka nongkrong, selfi dan wefie bareng temen- temen karena tempat ini juga memiliki desain dinding yang cocok untuk berfoto. Selain itu free wifi juga lhoo jadi setelah berfoto bisa langsung upload deh di instagram biar makin hits.

  1. The Halal Bro

Terinspirasi dari foodstreet yang ada di new york, the halal bro juga memiliki konsep yang sama tempatnya tak begitu luas tapi desainnya membuat kalian betah di café ini. Walau berada di pinggir jalan, gerai yang didominasi warna putih ini tetap nyaman dan kece. The Halal Bro menjual gyro, yaitu nasi basmati dengan potongan daging ayam, kambing, atau keduanya yang disajikan dengan potongan tortilla dan white sauce. Nggak cuma itu, The Halal Bro juga menyediakan tortilla sandwich, lasagna, burger dan beraneka minuman segar. Penasaran sama The halal bro ? langsung aja yuk dating ke Jl. Kiai Mojo 106 Solo, ancer-ancernya di RS Kustati semanggi, ke selatan, ada perempatan Baturono, belok ke kiri 150an meter Ke timur, arah Klitikan. Ajakin temen kamu buat cicipi gyro yang lagi hits sekarang.

Belum ada Komentar untuk 28 Tempat Wisata Kuliner Solo Pagi & Malam Hari Yang Enak Murah

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 28 Tempat Wisata Kuliner Solo Pagi & Malam Hari Yang Enak Murah

Tempat Wisata Kuliner Surabaya Enak Pagi dan Malam Hari

26 Tempat Wisata Kuliner Surabaya dan Sekitarnya Yang Enak

T 31 Mei 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Surabaya – Berbicara tentang makanan memang gak akan ada habisnya, apalagi kalo kamu berkunjung ke kota pahlawan kamu bisa mampir ke berbagai tempat wisata kuliner di kota Surabaya dan sekitarnya yang enak, asik, romantis, unik, hits, terkenal, murah meriah, plus... Selengkapnya

Tempat Wisata Kuliner Bali Halal, Khas, Enak & Murah Meriah

19 Tempat Wisata Kuliner Bali Halal, Khas, Enak & Murah Meriah

T 21 September 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Bali – Jalan jalan ke Pulau Dewata rasanya gak akan lengkap kalo belum mencicipi berbagai tempat makan atau destinasi wisata kuliner khas yang ada di Bali, selain memiliki banyak sekali lokasi wisata ternyata Bali juga surga bagi para pecinta... Selengkapnya

Tempat Wisata Kuliner Medan Yang Enak Murah & Wajib Dikunjungi

24 Tempat Wisata Kuliner Medan Yang Enak Murah & Wajib Dikunjungi

T 6 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Medan – Liburan memang kurang lengkap kalo belum mampir ke tempat wisata kuliner yang ada di kota Medan karena disini banyak sekali tempat makan plus tempat nongkrong seperti (resto dan cafe) yang enak, unik, buka 24 jam dan murah.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

About Us

Tentang Kami Balazha.com merupakan sebuah situs dari perusahaan Tour & Travel yang menyediakan Paket Wisata, Sewa Mobil, Sewa Bus, Sewa Motor, Sewa Penginapan, Catering dan berbagai hal yang berhubungan dengan Travelling (Liburan). Saat ini kantor pusat Balazha.com berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga & orang - orang terdekat silahkan hubungi team kami untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mempermudah proses liburan anda. Selengkapnya Tentang Kami.

Contact Us

Halo buat kamu yang ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak kami di bawah ini, untuk pemesanan berbagai layanan Balazha.com juga bisa melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Ada pertanyaan khusus seputar Kerjasama & layanan kami? Jangan pernah sungkan untuk kontak kami sekarang juga, karena team kami sangat senang sekali membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan Balazha Indonesia secara online. Lihat Kontak Kami.