Beranda » Kuliner Indonesia » 26 Tempat Wisata Kuliner Surabaya dan Sekitarnya Yang Enak

26 Tempat Wisata Kuliner Surabaya dan Sekitarnya Yang Enak

T Diposting oleh pada 31 Mei 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1214 kali

Kuliner Surabaya – Berbicara tentang makanan memang gak akan ada habisnya, apalagi kalo kamu berkunjung ke kota pahlawan kamu bisa mampir ke berbagai tempat wisata kuliner di kota Surabaya dan sekitarnya yang enak, asik, romantis, unik, hits, terkenal, murah meriah, plus buka 24 jam mulai dari tengah malam hingga pagi hari. Selain itu sby memiliki banyak sekali makanan tradisional, salah satu daftar makanan khas surabaya yang cukup terkenal adalah lontong balap, rujak cingur, semanggi dan berbagai makanan ala Jawa Timur yang nikmat rasanya masih tiada duanya. Bagi kamu para wisatawan jika mampir di kota ini wajib sekali untuk keliling dan mencicipi berbagai makanan enak yang ada di seluruh kota ini mulai dari Surabaya barat, timur, selatan, utara dan pusat.

Kalau kamu naik pesawat dan turun di Juanda ada banyak juga loh kuliner dekat bandara ataupun dekat stasiun gubeng jika kamu turun naik kereta. Untuk mencari – cari referensi kuliner kamu juga bisa search di google, group kuliner facebook ataupun instagram. Mulai dari lesehan, rumah makan cepat saji, jajanan pasar, cafe tempat nongkrong atau kongkow yang harganya selangit sampai harga kaki lima semuanya lengkap, semua tempat kongkow di kota ini rata – rata udah dengan wifi jadi bisa bikin kamu tambah betah. Kalo kata Pak Bondan mah “wuenak pol pokoke”. Pada saat hari libur minggu ada banyak juga kuliner surabaya di taman bungkul yang menyediakan aneka makanan yang sangat cocok untuk menu sarapan kamu di pagi hari setelah CFD bareng teman – teman. Oiya berikut ini beberapa kuliner yang Balazha rekomendasikan dan wajib kamu coba saat mampir di kota Surabaya.

  1. Sate Klopo Ondomohen

Mungkin ketika kalian membaca ini akan mengira sate klopo adalah kelapa yang ditusuk tusuk seperti sate. Namun itu kurang tepat, sate klopo ini adalah sate ayam atau sate daging pada umumnya namun di balut oleh serutan kelapa. Sate klopo ini merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Tempat kuliner sate klopo Ondomohen ini adalah tempat yang terkenal menjual sate klopo di Surabaya. Nama ondomohen sendiri berasal dari nama jalan dimana warung ini mangkal. Kemudian nama jalan tersebut berganti nama menjadi jalan walikota Mustajab. Walaupun nama jalannya sudah berganti namun khas sate ondomohen ini masih sangat terkenal dengan spanduk bertuliskan Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih warung makan ini sangat ramai pembeli walaupun bukan pada jam makan siang atau makan malam. Kepulan asap sate yang mempunyai aroma yang nikmat akan membuat orang yang melewatinya menjadi ingin mampir. Jika kalian melewati jalan walikota mustajab pada pagi sampai malam hari kepulan asap sate akan selalu terlihat karena selalu ramainya warung ini. Untuk komposisi dari sate kita bisa memilih mulai dari full daging ayam atau daging sapi, daging campur jeroan, dan daging campur dengan lemak. Bumbu kacang yang disiramkan ke sepuluh tusuk sate persatu piringnya, serta potongan bawang dan dicampur cabai rebus membuat kenikmatan sate ini menjadi sempurna.

  1. Spesial Belut Surabaya

Special belut Surabaya atau agar tidak terlalu panjang disingkat dengan SBS ini sudah tersebar di beberapa wilayah di Surabaya kurang lebih ada 7 depot SBS ini yang buka di Surabaya. Antara lain di jalan ngagel jaya selatan, banyu urip kidul, HR Muhammad, perak timur, Ahmad yani, Raya mulyosari dan Kapas Krampung. Menu di SBS ini cukup banyak mulai dari belut, burung dara, burung puyuh, gurame, bandeng, udang, ayam hingga tempe dan tahu. Namun namanya saja Spesial belut maka menu yang paling special di depot ini adalah Belut dengan olahan antara lain pecel belut kering, pecel belut biasa, pecel belut basah dan pecel belut elek. Potongan belut yang lembut ditambah sambel bawang ekstra hot serta nasi yang masih hangat membuat rasa ingin terus nambah. Mungkin ada yang geli saat makan belut atau masih memikirkan gizi apa yang terkandung dalam belut. Nah dimanapun depot SBS ini kalian akan mendapati informasi tentang belut. Belut mengandung banyak gizi seperti zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B, protein di dalam belut pun kaya akan asam amino yang mempunyai kualitas yang sangat baik seperti lisin, asam aspartate dan asam glutamate. Jadi jangan ragu untuk kalian yang ingin makan belut, makanan ini cukup bervitamin kok. Selamat mencoba.

  1. Nasi Goreng Jancuk

‘jancuk’ satu kata sejuta makna jika kalian berada di Kota Surabaya. Namun tiadak jika kalian mendapati nasi goreng yang satu ini. Mungkin beberapa orang akan berpikiran bahwa nama ‘jancuk’ diberikan karena nasi goreng ini berada di Surabaya.  Usut punya –usut nasi goreng ini awalnya dibuat oleh Chef salah satu restoran di hotel ternama di Surabaya. Chef itu membuat Nasi goreng yang di suguhkan untuk teman temannya, nasi goreng itu dimasak dengan porsi besar dan di campur oleh irisan irisan cabe dan ketika teman temannya memakan nasi goreng tersebut mereka mengumpat ‘jancuk pedese’ maka dari itu nasi goreng ini dinamakan NAsi Goreng Jancuk. Nasi goreng ini dibuat oleh Chef Eko beliau adalah Chef Restoran Surabaya Plaza Hotel. Nasi goreng ini di suguhkan oleh Surabaya Plaza Hotel dengan kelebihan rasa yang super pedas serta porsi yang banyak dan disajikan di dalam penggorengan. Satu porsi nasi goreng ini meggunakan cabe minimal 20 cabe rawit ditambah dengan sambal dan bumbu rempah, satu sendoknya kalian akan merasakan sensasi pedas enak dan gurih karena terdapat udang, ayam, bumbu rempah, telur ayam, dan dilengkapi krupuk udang serta acar yang membuat nasi goreng ini semakin sempurna. Satu porsinya bisa kalian nikmati mulai dari 4-5 orang dengan harga yang cukup terjangkau karena rasa dari nasi goreng ini cukup menggiurkan dan membuat ketagihan. Nasi goreng Jancuk yang Asli hanya ada di Surabaya Plaza Hotel Jalan Pemuda.

  1. Ice Cream Zangrandi

Jika ke Surabaya jangan sampai  melewatkan kedai es krim yang satu ini. Didirikan oleh Renato Zangrandi seorang pria berkebangsaan Italia di tahun 1930. Renato mendirikan kedai ini untuk memenuhi selera orang eropa yang mencintai es krim dengan cita rasa yang tinggi. Dulu nama kedai ini Renato Zangrandi`s Ijspaleis, kemudian berganti nama menjadi Zangrandi Ice Cream pada tahun 1960an karena pada tahun itu terjadi sesuatu hal yang membuat Renato dan keluarga Zangranadi harus kembali ke Italia dan menjual kedai ini kepada Adi Tanumulia. Hingga sekaarang kedai ini masih berdiri kokoh dan dilanjukan oleh anak cucu Adi Tanumulia. Dari masa ke masa kedai ini tidak banyak berubah mulai desain interior hingga eksterior, baik dari tempat duduk hingga lantai tetap dijaga dekorasi keasliannya. Letak kedai es krim ini sangat mudah ditemukan lokasinya berada di jalan Yos Sudarso nomer 15 Genteng Surabaya. Untuk cita arasa es krim Zangrandi ini sangat berbeda dan mempunyai keunikan tersendiri. Jika es krim biasa bertekstur lemut dengan banyak susu tapi tidak dengan eskrim di Zangrandi ini tekstrure es krim ini gak sedikit kasar dan tidak begitu banyak mengandung susu dan sampai saat ini menggunakan bahan bahan alami tanpa pengawet. Salah satu menu yang terunik di kedai es krim ini adalah Noodle Ice cream. Jadi jika kalian ke Surabaya jangan lewatkan kedai Ice Cream ini karena tidak akan kalian temukan di kota lain.

  1. Soto Lamongan Cak HAR

Soto ayam lamongan Cak Har namanya soto ayam lamongan kenapa adanya di Surabaya?. Tempat memang tak menjadikan masalah untuk suatu makanan yang dihidangkan adalah khas dari kota tersebut. Sota ayam lamongan cak har ini memang asli lamongan karena Cak Har sendiri asli orang Lamongan. Resep yang diturunkan di setiap cabangnya juga sama. Soto Ayam Lamongan Cak Har ini sangat terkenal di Surabaya setiap otang yang berkunjung ke Surabaya tak melewatkan berkuliner di soto ayam lamongan ini. Porsi jumbo dengan kuah kuning kental serta daun sledi dan daging ayam sesuai request membuat semakin ingin segera melahap soto ayam ini. Daging ayam yang akan kita santab kita bisa pesan sesuai selera misalnya hanya daging, daging campur jeroan, hanya kulit, atau hanya jeroan. Tapi jika kalian ingin balungan jangan khawatir di depot ini juga disediakan gratis selama persediaan masih ada. Depot soto ayam lamongan Cak Har ini terletak di jalan Ir Soekarno atau lebih tepatnya di jalan Merr.

  1. Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

Cak Yudi, seorang pedagang yang mempelopori Nasi Bebek Tersebbar di Surabaya. Tidak mudah memang sangat butuh waktu buat cak yudi bida membuat Nasi Bebek jadi kuliner yang Hits di Surabaya. Cak Yudi menjajakan dagangannya yaitu nasi bebek mulai tahun 1982, karena cita rasa Nasi bebek cak Yudi ini selalu kuat maka tak heran ika Nasi Bebek Ini masih ada hingga kini. Dulu warung nasi Cak Yudi ini bernama Nasi Bebek Sayang Anak tapi beberapa orang lebih mengenalnya dengan nama Warung Bebek Cak Yudi. Bebek goreng yang disajikan oleh warung Nasi Bebek Cak Yudi ini mempunyai tekstur daging yang lembut dan tidak alot, dilengkapi oleh sambel pencit yang membuat nasi bebek ini mempuyai keitimewahan tersendiri. Sambal pencit yang terbuat dari beberapa rawit dengan potongan potongan mangga muda membuat rasa bebek goreng yang gurih bertambah nikmat karena adanya rasa pedas asin asam dari sambel pencit tersebut. Kenikmatan itu lumer berbarengan dengan nasi putih yang punel dan diberi sedikit minyak bumbu dari bebek goreng ini akan menjadi selera makan kalian bertambah banyak. Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi ini buka setiap hari mulai jam 15.00 WIB hingga 18.00 WIB jtapi tak jarang kurang dari jam 6 sore Nasi Bebek Cak Yudi telah habis terjual.

  1. Bebek Goreng Sinjay

Bebek Sinjay, seperti yang sudah kita ketahui bawahsanya Nasi Bebek atau Bebek Goreng adalah salah satu kuliner yang digemari jika kalian berada di Jawa Timur. seperti halnya Bebek Goreng Sinjay ini, bebek Goreng ini asal mulanya atau tempat makan pertama yang berdiri dengan nama Bebek Sinjay berada di Bangkalan, Madura. Namun kegemaran masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya senang mengkonsumsi Bebek Goreng maka pendiri bebek Goreng Sinjay pun membuka cabang di Surabaya. Bumbu khas Madura sangat melekat pada bebek goreng sinjay ini daging bebek yang lembut dengan bumbu kremes yang menyelimuti nasi hangat membuat selera makan terus meningkat.  Jadi kini tak perlu jauh jauh ke Madura jika kalian berada di Surabaya karena kini di Surabaya kalian bisa menikmati nikmatnya Bebek Goreng dengan Bumbu Khas Madura kapanpun. Kedai Bebek Goreng Sinjay di Surabaya terdapat di dua tempat yakni di Kaza City yaitu Kapas krampung Plaza dan jalan Ahmad Yani. Jadi sudahkah kalian mencicipinya? Jangan lewatkan mencicipi Bebek Goreng Sinjay ini saat kalian di Suabaya ya.

  1. Rawon Setan

Siapa yang tidak mengenal Rawon Setan? Saat berkunjung serta bekeliling Surabaya sepertinya kurang lengkap jika kalian belum mampir dan mencicipi Rawon Setan yang namanya sudah melegendaris dan tersebar ini. Rawon ini sendiri merupakan makanan khas dari Jawa Timur, seperti soto namun rawon memiliki kuah hitam pekat. Asal dari wrna hitam pekat ini berasal dari bumbu rawon yang khas yaitu kluwek. Rawon biasanya disajikan dengan potongan daging sapi namun tak jarang jika ada yang memasaknya dicampur oleh kikil, jeroan sampai daun melinjo dalam rawon. Rawon disajikan dengan campuran tauge pendek yang mentah, namun  jika dimakan berbarengan dengan nasi kuah rawon dan daging rasa rawon itupun menjadi segar dan akan semakin enak saat dikunyah. Rawon setan sendiri dikenal dengan potongan daging sapi yang disajikan berukuran besar dan sangat lembut saat di gigit. Nama Rawon setan ini sendiri juga diberikan oleh masyarakat karena dulunya tempat ini hanya buka pada malam hari yaitu pada pukul 22.00 WIB hingga dini hari. Karena semakin terkenalnya tempat ini maka kini sudah dibuka mulai pagi hingga pagi lagi. Penasaran dengan rasa rawon legendaris ini kalian bisa datang ke jalan embong malang Surabaya depan JW Mariot Hotel.

  1. Mie Pecun

Kedai mie pecun, kedai ini menjajakan mie dengan varian pedas yang bermacam macam. Nah nama pecun ini perasal dari kalimat “pedas tak beracun” yang kemudian disingkat Pecun. Jadi buat kalian yang uda terlanjur mikir yang aneh aneh tentang kedai ini sudah nggak penasaran lagi kan sama asal usul nama pecun hehe. Sebenernya menu yang disajikan pada kedai ini hanyalah mi instan biasa, namun karena sang pemilik mempunyai banyak ida kreatif maka mi instan ini disajikan dengan berbagai macam variasi walaupun masi seperti mi pada umumnya ada yang goreng ada yang kuah. Selain olahanya yang kreatif, nama nama menu disana pun juga kreatif antara lain pecun maniac, pecun bahenol, pecun senggol telor, pecun bugil, pecun mletek suwek, pecun gatal, pecun beceks, dan pecun klomoh. Penamaan menu menu ini sangat fulgar yaa tapi ya memang dibuat seperti itu agar dapat membedakan sajian dan dapat menjadi salah satu teknik pemasaran mereka. Nah untuk level kepedasan dari menu menu tadi terdapat empat perbedaan juga yaitu klimax yang termasuk super pedas, galau untuk pedas biasa, semriwinguntuk pedas desang, dan culun tidak pedas sama sekali. Nah untuk kalian yang nggak ingin makan mi tenag aja di kedai inii juga disajikan beberapa menu lain seperti nasi goreng dan roti bakar namun dengan nama nama pada menu yang menggelikan, penaaran dengan menu apa saja yang disajikan disana, maka kunjungilah kedai mi pecun yang berlokasi di jalan anjasmoro atau di  jalan siwalankerto kedai ini buka pukul 6 sore hingga 2 dini hari.

  1. Surabaya Food Festifal

Biasanya jika terdapat nama festival maka sesuatu tersebut berdiri atau diselenggarakan karena adanya event tertentu. Namun tidak dengan Surabaya Food Festival ini, Surabaya Food Festival ini dibuka setiap harinya namun memang pada event event tertentu tempat ini akan menjadi tempat yang meriah dan wajib dikunjungi. Jadi ketika kalian di Surabaya dan malas untuk menjelajahi semua tempat untuk berwisata kuliner maka kamu juga cukup perlu mampir ke Surabaya Food Festival ini. Mirip seperti pasar malam tapi yang dijajakan disini namun semuanya tentang makanan mulai makanan ringan buat camilan hingga makanan berat seperti nasi yang dapat membuat kalian kenyang. Surabaya Food Festival ini beradaa di Pakuwon City di jalan kejawan keputih Surabaya.  Untuk kalian yang ingin berkunjung kesini kalian tidak di pungut biaya sama sekali kecuali parkir ya hehe. Selain kalian bisa menikmati makanan yang ada kalian bisa juga bermain disana permainan dikenakan tarif yang berbeda beda antara lain permainan yang ada adalah sepeda becak, komedi putar, trampoline dan masih banyak lagi. Tempat ini juga bisa menjadi destinasi wisata malam utuk kalian dan keluarga yang ingin bersantai. Pakuwon Food Festival ini dibuka mulai jam 5 sore hingga 12 malam.

  1. Food Junction

Nah satu lagi wisata Surabaya yang menyuguhkan kuliner yang sangat banyak. Kini untuk kalian yang berada di Surabaya barat tak perlu khawatir untuk mencari tempat nongkrong yang cozy dan nyaman, berkuliner saja di food junction. Disana terdapat berbagai macam makanan mulai dari yang tradisional hingga yang modern pun ada. Tidak hanya kuliner dengan makanan makanan saja, disana kalian juga dapat menikmati santainya dan sejuknya nuansa yang ada tempat yang outdor dengan adanya kolam di depannya membuat tempat ini semakin adem. Terdapat berbagai macam permainan anak juga disana jadi bagi kalian yang berkunjung  bersama keluarga maka food junction menjadi pilhan destinasi yang tepat. Bersantai bersama keluarga dengan menikmati kuliner yang ada akan menjadi lebih istimewah jika tempat berkumpulnya juga sangat nyaman. Beberapa brand ternama menyuguhkan beberapa kulinernya seperti Cwie mie ronggo Malang, bebek goreng harisa, Siomay mang eci bandung pempek Ny farina, WOK, jamu Iboe, betutu baliku dan masih banyak lagi. Selain makan berat ada juga makanan ringan. Namun di food junction juga di jual makanan makanan non halal untuk para non muslim jadi baik baik memilih atau bisa ditanyakan pada penjual yang ada disana yaa. Selamat menikmati hari di Food Juction Grand Pakuwon Tandes, Margomulyo Surabaya Barat.

  1. Sego sambel Mak Yeye

Berkuliner malam di Surabaya yuk! Kenapa malam? Karena sego sambel mak yeye ini di jajakan pukul 10 malam hingga jam 4 pagi. Orang Jawa Timur khususnya orang Surabaya dan sekitarnya sangat menggemari rasa pedas yang salah satunya berasal dari sambal. Kuliner malam yang satu ini sangat diminati berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua tak jarang tempat ini sangat ramai dikunjungi. Dalam bahasa jaw Sego berarti Nasi dan Sambel brarti Sambal. Maka menu yang disajikan disini adalah Nasi Sambal dengan berbagai lauk yang bisa kalian pilih sendiri. Antara lain lauk yang ada adalah ikan lele, ikan pari, telur ceplok, telur dadar, atau tempe goreng.  Sambal yang disajikan di tempat ini sangatlah banyak hingga melihatnya pun agak mengerikan, bagaimana tidak nasi dan lauk di selimuti oleh sambal yang melimpah di setiap porsinya. Dengan rasa sambal yang begitu pedas membuat kalian yang merasakannya menjadi sangat terharu karena rasa pedanya.  Para pelanggan setia Mak Yeye ini datang dari kalangan mahasiswa, buruh pabrik, pegawai kantoran, tukang becak, pengusaha, bahkan polisi.

  1. Bebek Palupi

Lagi lagi dikenalkan oleh Nasi bebek ya, memang penyetan salah satu julukan untuk para pecinta kuliner khususnya Surabaya memberi julukan makanan yang dihidangkan dengan sambal dan lauk yang hanya di goreng itu dengan sebutan penyetan. Bebek palupi, pemilik kedai palupi ini dulunya hanya berjualan kaki lima dengan berbagai macam ritangan yang telah dilalui oleh pemilik kedai hingga yang dulunya hanya kaki lima kini sudah menjadi sebuah kedai. Nama palupi di ambil dari langgam jawa yang di senangi oleh sang pemilik. Harapan pemilik menamakan kedainya dengan nama palupi adalah agar masakannya dapat membuat yang menikmati hanyut dan terbawa dalam kelezatannya seperti sering kali sang pemilik hanyut menikmati setiap alunan langgam jawa yang biasa ia dengarkan. Bebek palupi ini mempunyai banyak penggemar yang selalu datang untuk makan di tempat ini. Maklum saja bebek ini sudah dijajakan mulai tahun 1996 itu dan masa kejayaannya adalah pada tahun 2006 hingga sekarang maka tidak jarang jika penikmatnya semakin tahun semakin bertambah saja apa lagi bebek yang disajikan sangat gurih dan kering diluar namun sangat lembut saat dilahap.

  1. Nasi empal pengampon

Warung Nasi Empal Pengampon adalah tempat makan khas milik Surabaya, dengan menawarkan menu andalan Nasi Empal Pengampon dan Bubur Ayam Pengampon. Warung ini beralamatkan di Jalan Pengampon Gg II No. 3. Sekilas gang tersebut memang tidak terlihat, berada di kawasan toko-toko yang menjual peralatan salon yang tidak pernah sepi pembeli. Selain itu tidak ada papan nama gang II, cara mudah untuk mencari adalah melihat papan nama Pengampon gang I. Lokasinya berada pada gang sempit yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Jika menggunakan mobil, maka dapat diparkir di depan mulut gang di Jalan Raya Pengampon. Kemudian berjalan kaki sekitar 50 meter sampai menemukan papan nama “Bubur Ayam Nasi Empal Pengampon” yang terlihat dengan jelas. Seporsi Nasi Empal Pengampon disajikan dengan lauk Empal Suwir plus nasi putih hangat serta tumis kacang panjang dan kering kentang sebagai pelengkap. Tidak lupa pula, lalapan timun dan sambal bagi yang cinta pedas. Rasa pada daging empalnya manis gurih seimbang dengan sambalnya yang juga sedikit manis pedas menggigit lidah.Warung Nasi Empal Pengampon ini ramai dipadati pengunjung jika jam makan siang karyawan sudah tiba, dengan mayoritas pesanan adalah Nasi Empal Pengampon.

  1. Michael Tj Gelato

Bertempat di Jalan Tenggilis Mejoyo F-5 Surabaya, Kafe Michael TJ Gelato ramai didatangi pengunjung. Konsep kafenya yang menarik karena menyediakan tempat nongkrong asik dengan harga yang sangat amat terjangkau. Bayangkan dengan harga 25 ribu kamu bisa mendapatkan Spaghetti yang lezat. Kafe Michael Tj Gelato ini juga memfokuskan menu makanannya pada menu dessert berupa Gelato. Dengan Harga yang di tawarkan berkisar antara 10 ribu hingga 40 ribu, kalian bisa merasakan berbagai rasa scoop Gelato yang berkualitas karena rasa Gelatonya hampir mirip dengan yang ada di restoran besar. Ada banyak variasi untuk penyediaan Gelato-nya seperti Tj’s Gelato Sandwich, Gelato in Cup, Gelato Mix, Super Size Gelato in Cup dan satu lagi Affogato yaitu Gelato mix with Espresso Coffee. Menu favorit di kafe ini adalah Cookies & Cream gelato dan Spagheti Aglio Olio. Memang tempat yang asik buat nongkrong santai di Surabaya. Ruangannya dibuat cukup sederhana dengan design yang berbeda-beda untuk setiap kelompok mejanya. Tersedia juga live music yang bermain setiap Senin malam. Jadi, bagi yang mau cari tempat buat dinner romantis di malam hari, mampir aja ke kafe Michael Tj Gelato di daerah Ubaya, Universitas Surabaya ini.

  1. Soto Ayam Ambengan

Jika pernah membahas tentang soto ayam lamongan yang dijual di Surabaya, ada juga soto ayam khas Surabaya. Soto Ayam Ambengan adalah salah satu makanan khas kota Surabaya. Berbeda dengan Soto Ayam dari daerah lainnya di Indonesia, makanan khas Surabaya ini warna kuahnya lebih kuning pekat karena memakai kunir dalam pembuatannya. Nama Soto Ayam Ambengan adalah berasal dari depot Soto Ayam Pak Sadi yang terletak di Jalan Ambengan Surabaya. Depot Soto Ayam Pak Sadi ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dan terkenal dengan rasa koya sotonya yang khas. Karena terkenalnya kelezatan soto ayam tersebut, maka masyarakat umum menyebut semua soto ayam khas Surabaya sebagai Soto Ayam Ambengan. Soto Ayam Ambengan terdiri dari daging ayam sesuai pilihan seperti daging, jerohan, kulit, brutu, kemudian telur, nasi putih, bihun, kubis cacah dan kuah kaldu ayam. Biasanya para pecinta makanan ini kemudian mencampur makanannya dengan koya, koya disini berbentuk bubuk yang terbuat dari parutan kelapa, tumbukan kerupuk udang, dan bawang putih, kerupuk, sambal, dan jeruk nipis pun menjadi bahan pelengkap. Ada pula yang kemudian masih menambahkan kecap manis atau kecap asin sesuai selera. Rasakan kenikmatan soto ayam khas Surabaya di jalan ambengan ini.

  1. Sate Karak

Tidak banyak warga Surabaya yang mengetahui hidangan ini, kecuali mereka yang tinggal di daerah Surabaya Utara, khususnya Ampel dan sekitarnya karena bisa dibilang kawasan Ampel ini merupakan gudangnya peninggalan kuliner Surabaya. Sate karak bukan sate yang terbuat dari karak, justru tidak ada kerupuk karak di sini. Sate ini terbuat dari potongan daging sapi dan jeroannya yang berukuran cukup besar, kemudian diberi bumbu. Uniknya, sate ini disajikan di atas piring bersama ketan hitam bercampur kelapa parut dan sambal bubuk. Perpaduan rasanya menciptakan citarasa khas Surabaya yang gurih dan sedap. Ketan hitamnya tidak terlalu lengket, sedangkan kelapa parut yang dicampurkan menimbulkan rasa manis kelapa segar yang khas. Saat keduanya dimakan bersamaan dengan sambal bubuk dan tentu potongan satenya menghadirkan kenikmatan yang unik, susah disamakan dengan masakan lainnya. Bagi para pelanggan yang tidak suka jeroan bisa juga memesan dagingnya saja tanpa jeroan. Atau jika tak ingin ketan bisa meminta nasi putih sebagai ganti ketan hitam. Tapi sebenarnya, justru kombinasi rasa ketan hitamnyalah yang menghadirkan cita rasa sangat khas. Bagi kalian yang penasaran, langsung saja menuju gang Ampel Lonceng.  Di sana kalian bisa menemui penjual Sate Karak ini dari pukul 17.00 hingga habis.

  1. Lontong Balap Garuda

Lontong Balap merupakan salah satu kuliner yang sudah cukup legendaris di Kota Surabaya. Salah satu penjual lontong balap yang sudah cukup melegenda yaitu Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang berada di jalan Kranggan, di depan eks. Bioskop Garuda, Surabaya. Lokasinya tak jauh dari BG Junction dan Pasar Blauran Surabaya. Lontong balap ini sudah dirintis sejak tahun 1956 oleh Pak Gendut, namun sekarang usaha ini dilanjutkan oleh anak-anaknya setelah Beliau meninggal dunia. Konon, nama lontong balap ini bermula dari para penjual lontong yang berjualan keliling ke kampung-kampung dengan memikul 2 gentong di kanan dan kirinya. Yang satu sebagai wadah bahan dan yang satunya lagi untuk peralatan lainnya, karena bebannya yang cukup berat, sehingga penjual tersebut berjalannya sangat cepat seperti orang yang sedang balapan. Kata balapan itu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya mengadu kecepatan. Seporsi lontong balap terdiri dari potongan lontong, tahu goreng,lentho dan ditaburi taoge yang melimpah. Kemudian disiram dengan kuah, tak lupa sebelum disajikan ditaburi dengan bawang goreng, kecap dan bumbu petis serta sesendok sambal. Sebagian besar kuliner khas Surabaya selalu ditambah dengan petis. Rasa yang tercipta dari perpaduan isian lontong balap sangat unik, pedas, gurih dan juga menyegarkan. Rasanya semakin semakin sempurna jika dinikmati bersama sate kerang serta ditutup dengan segelas es degan yang menggoda dan tersedia di sebelah kanan kiri warung ini. Kalau Anda tidak dalam keadaan kelaparan, sebaiknya jangan datang sendiri, karena porsinya yang cukup besar belum tentu muat berpindah ke dalam perut. Untuk menikmati seporsi lontong balap ini, kita cukup mengeluarkan kocek sebesar 7ribu rupiah saja. Hal yang cukup penting untuk diperhatikan, ada harus sedikit bersabar untuk dapat menikmati seporsi lontong balap. Selain ramai pada jam-jam makan, tempatnya memang cukup kecil, hanya bisa menampung beberapa orang saja.

  1. Lontong Kupang Kenjeran

Jika teman-teman berkunjung ke Surabaya dan kebetulan mampir di tempat wisata Pantai Ria Kenjeran, tidak ada salahnya mencicipi kuliner khas yang banyak dijual di sana seperti lontong kupang, sate kerang maupun es degan / kelapa muda yang diminum langsung dari bathok kelapa. Menikmati kuliner tersebut di pinggir pantai sambil memandang laut ataupun burung-burung yang berterbangan, terasa sangat pas di hati. Pilihan kuliner wajib bagi para wisatawan di pantai Kenjeran Surabaya adalah sajian Lontong Kupang. Kuliner ini berbahan utama kupang, yaitu hewan laut sejenis kerang yang bentuknya kecil, kira-kira hanya sebesar biji kedelai. Setelah dikupas cangkangnya, dimasak lalu disajikan dengan kuah petis, lontong dan lentho. Tidak ketinggalan pula, sajian sate kerang, sebagai pelengkap dari lontong kupang ini. Sebagai penutup sajian ini, minuman yang paling menyegarkan tidak lain dan tidak bukan adalah es kelapa muda. Selain menyegarkan tentunya bisa membuat badan kembali menjadi fit. Untuk menikmati seporsi lontong kupang ini, anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup siapkan uang sebesar Rp 5.000 sampai Rp 6.000 rupiah. Namun ini belum termasuk sate kerang yang akan di hitung tersendiri.

  1. Bakso Beranak

Bakso beranak lagi naik daun. Entah siapa yang memulai membuat bakso beranak ini, yang jelas sekarang kita dapat menemui bakso beranak dengan mudah. Salah satu pelopor bakso beranak di Surabaya adalah bakso Cak Nur di Jalan Ngagel Wasana Gang 1 atau belakang Kampus Ubaya Ngagel. Masuk saja dari Jalan Raya Menur. Setelah toko EIGER itu maju sedikit, ketemu pertigaan kecil langsung belok kiri, ketemu perempatan pertama masih maju lagi hingga mendekati perempatan kedua. Warung baksonya di kanan jalan. Atau kalau dari RMI yang ada GKJW itu, lurus aja masuk ke Jalan Ngagel Madya, perempatan pertama jika ke kiri ke iSTTS / Smile Island Digital Printing kemudian belok kanan hingga ketemu perempatan kecil pertama. Maju sedikit, warung baksonya di kiri jalan. Seporsi bakso beranak Cak Nur bisa kita dapatkan dengan merogoh kantong 30 ribu rupiah. Ukuran bakso beranak ini bisa dibilang tak wajar karena memiliki ukuran yang sangat besar, Ketika bakso yang berukuran besar ini dibuka, di dalam bakso beranak akan kita jumpai beberapa butir bakso kecil-kecil, sebutir telor ayam dan beberapa butir telor putih. Kulit dari bakso beranak sendiri cukup tebal sehingga dijamin kenyang hanya dengan memakan 1 porsi saja. Selain bakso beranak alias bakso manak, Bakso Cak Nur juga menyediakan varian bakso yang lain misalnya bakso dengan rasa yang sangat pedas, bakso sosis, dan sebagainya. Jika penasaran datang aja langsung ke Bakso Cak Nur. Warungnya buka dari pagi sampai malam. Pas jam makan siang, bakso ini sangat ramai dikunjungi para penggemarnya.

  1. Tahu campur kalasan

Berbicara mengenai kuliner tahu campur, kota Surabaya jawaranya. Banyak penjual tahu campur yang bisa Anda temukan di kota ini, di salah satu sisi Jalan Kalasan Surabaya terdapat sebuah tempat makan kaki lima yang paling terkenal, yakni Tahu Campur Kalasan Haji Mahfud yang berada di Jalan Kalasan no 22 Surabaya. Letaknya di daerah Jolotundo dekat Gereja Katolik Kristus Raja. Menyebabkan Tahu Campur ini terkenal dengan nama Tahu Campur Kalasan, karena memudahkan orang mengingat lokasinya. Warung ini buka mulai pukul 11.00 hingga pukul 23.00. Memang warung Tahu Campur Kalasan sudah cukup terkenal dan memiliki banyak pelanggan, sehingga saat-saat jam makan warung ini selalu dipenuhi pengunjung. Tahu Campur sebenarnya makanan khas Lamongan, Namun karena popular di Surabaya, Tahu Campur banyak dikenal sebagai makanan khas arek-arek Suroboyo. Tahu Campur merupakan makanan yang terdiri dari tahu yang diberi semacam kuah sup campur dengan dengan irisan daging sapi ukuran yang cukup besar dan tidak jarang merupakan otot, ditimbuni mi kuning, taoge, daun selada air, lentho singkong, kerupuk dan bawang goreng. Sebagaimana kebanyakan makanan khas Surabaya, kuahnya pun diberi bumbu petis dan sambal sesuai selera. Yang membuat Tahu Campur Kalasan berbeda dengan Tahu Campur yang lain adalah bahan terasi dan petis sehingga tidak menggunakan bumbu penyedap masakan sehingga bisa dipastikan Tahu Campur Kalasan sehat, bersih dan tidak terlalu mengandung banyak kalori. Harga 1 porsi Tahu campur Kalasan hanya sekitar Rp 15.000 cukup terjangkau kan. Mengenai pelayanan termasuk ramah dan sangat baik karena begitu anda pesan Tahu Campur maka pelayan akan langsung segera menghidangkan Tahu Campur Kalasan tidak sampai dalam waktu 10 menit, jika kondisi warung tidak sangat ramai.

  1. Rujak cingur ahmad jais

Surabaya memang rajanya kuliner nusantara, banyak kuliner-kuliner lezat yang bisa kalian nikmati ketika mengunjungi Kota Pahlawan ini. Bila mengunjungi Surabaya tak ada salahnya untuk menikmati sajian khas di Surabaya yang menggugah selera pun tak akan temukan di tempat lain. Rujak Cingur adalah salah satu makanan yang patut untuk dinikmati saat singgah di Surabaya. Salah satu warung makan rujak cingur yang terkenal di Surabaya adalah Rujak Cingur Ahmad Jais. warung rujak cingur ini terletak di Jalan Ahmad Jais setelah 400 meter memasuki jalan ahmad jais kalian akan menemukan warung kecil di dalam rumah besar di sebelah timur dan disanalah rujak cingur ini dijajakan. Usaha rujak cingur ini dirintis oleh Ny. Ng Giok Tjoe ketika masih berumur 42 tahun dan saat ini beliau telah berumur lebih dari 82 tahun. Namun, hingga saat ini, beliau masih terus berperan dalam mengurusi bisnis rujak cingur ini khususnya dalam hal mengulek bumbu. Pada hari biasa, warung rujak cingur ini buka dari pukul 10 siang hingga 5 sore. Dan ketika akhir pekan, warung ini buka pukul 11 siang hingga 5 sore. Rujak cingur tersaji dalam porsi cukup besar dengan satu porsinya dapat disantap oleh dua orang. Rujak cingur tersebut terdiri atas sayur kangkung dan tauge, irisan tempe goreng, cingur, dan tahu goreng disertai bumbu uleg yang menggiurkan diatasnya. Petis yang disajikan terasa lembut di untuk dikunyah serta tak ada bau yang tercium dari cingur yang digunakan. Konon katanya petis yang digunakan merupakan petis nomor satu asli Sidoarjo. Ada pula tambahan buah-buahan seperti bengkoang, mangga, atau mentimun untuk menambah cita rasa rujak cingur. Bila kalian mengunjungi Surabaya, sempatkan waktu untuk menikmati Rujak Cingur Ahmad Jais yang tersohor ini.

  1. Bebek pak jos

Nikmati olahan bebek yang cukup mewah ketika kalian berada di Surabaya. Tempat yang rekomended banget saat kalian di Surabaya tapi nggak ingin makan olahan bebek di warung pinggir jalan. Tenang aja di Surabaya terdapat olahan bebek nikmat yang belum pernah ditemukan di kota kota lain. Bebek yang dijual disini bukan bebek goreng biasa. Sajian bebek di tempat ini dimasak dengan berbagai bumbu khas daerah Indonesia, setra denga saus signature telur asin dan yang tak kalah special adalah bebek oven mozzarella.  Temukan olahan bebek mozzarella ini di bebek pak joss yang ada di jalan Dharmahusada no 134 surabaya atau cabangnya yang ada di Rungkut Surabaya. Tempat makan bebek telur asin pak joss ini memiliki menu makanan yang bervariasi mulai dari appetizer, main course hingga dessert pun di sediakan di tempat ini. Namun, menu andalan yang patut kalian coba adalah bebek telur asin dan bebek oven mozzarella. Nikmatnya bebek panggang dengan minim tulang disajikan diatas pan yang baru keluar dari oven dengan lumeran mozzarella yang melimpah membuat air liur mengalir begitu deras. Atau bebek goreng dengan potongan yang besar disiram dengan bumbu telur asin yang beraroma sangat nikmat pun membuat nafsu makan akan bertambah. Kalian patut banget coba makan di tempat ini karena berbagai varian menu yang ditawarkan pas banget buat kantong dan tempatnya pun asik buat nongkrong dan bersantai bareng temen, keluarga, atau pacar, eits jangan bareng pacar temen yang uda berkeluarga ya hahahah

  1. Food coma

Food coma adalah tempat nongkrong hits remaja Surabaya saat weekend atau saat santai di siang hari maupun malam hari. Food Coma berada di Jalan Ngagel, ditempat ini beragam jenis kuliner disajikan dengan tema cafetaria. Karena temanya cafeteria maka makanan yang disajikan di tempat ini sangat beragam mulai masakan Indonesia hingga msakan luar negri seperti sushi dan lain lain. Food Coma ini bukan saja menyajikan makanan makanan yang bikin kenyang dan menggugah selera. Tempat ini juga menyuguhkan desain interior yang mengesankan terdiri satu lantai namun ada tempat berAC ada juga tempat yang outdor. Dan buat kalian para cowo-cowo yang suka ngopi disini juga ada satu stand yang menyediakan berbagai macam kopi dan letaknya pun di outdoor jadi buat para lelaki mungkin pengen nongkrong ngopi dan ngerokok juga bisa kok. Karena selain makanannya bermacam macam maka tempat ini menjadi tempat yang cocok untuk segala umur. Mulai yang muda hingga yang tua boleh kok kesini untuk menikmati makanan yang ditawarkan sambik nongkrong bareng keluarga, sahabat, teman, atau pacar.

  1. Sate ayam lisdu

Berdiri di tahun 1997, Sate Ayam Lisidu pertama kali hadir atas sebuah ide dari Alm. Bapak Istianto, seorang pria yang dikenal karena kekhasan tampilan rambutnya yang diikat ekor kuda dan sifatnya yang begitu rendah hati. Ia ingin membuat sate yang akan menjadi ikon utama Kota Surabaya, yang dapat menjangkau siapa saja, dari berbagai kalangan dengan cita rasa khas tradisional yang kuat. Nama Lisidu sendiri lahir dari suatu hal yang sangat unik yaitu dari plat nomor sebuah kendaraan sebuah sebuah Kijang Rover berwarna silver keluaran tahun 1997 milik beliau. Plat kendaraan itu memang jika dibaca menjadi Lisidu, asalnya dari L 1551 DU.  Sajian masakan dengan kelezatan yang melegenda, beberapa kali menjadi hidangan jamuan Istana Kepresidenan setiap HUT Proklamasi Kemerdekaan. Terinspirasi dari sate ayam Ponorogo, Sate Ayam Kampung Lisidu hadir dengan potongan daging pipih yang dimasak terlebih dahulu sebelum dibakar agar bumbu lebih meresap hingga ke dalam. Tiap tusuk Sate Ayam Lisidu terdiri hanya dari satu bagian daging ayam. Dengan begitu, kalian bisa leluasa memilih bagian daging favorit, seperti paha, dada, kulit atau bahkan jeroan saja. Disajikan dengan bumbu istimewa dari olahan kacang Tuban yang disangrai dan digiling sempurna, menjadikan sate ayam Lisidu, juara di Surabaya!

  1. Semanggi

Makanan khas Surabaya satu ini tidak mudah ditemukan, tidak seperti halnya kuliner khas Surabaya lain yang banyak dijual di pinggir jalan. Kuliner Semanggi Suroboyo mirip dengan pecel. Disajikan dengan sayuran daun semanggi, tauge rebus, disiram bumbu dan krupuk puli diatasnya dijamin membuat lidah menari ketika menyantapnya. Di Surabaya orang berjualan semanggi ini hanya pada tempat tempat tertentu saja. Misalnya di Taman Bungkul, di Taman Prestasi, dan di beberapa kampung lama di Surabaya. Karena susahnya daun semangi ini di budidayakan di musim kemarau maka penjual semanggi pun juga jarang kalian temukan. Tapi jangan khawatir di daerah benowo sudah ada budidaya tanaman semanggi jadi kapanpun kita menginginkannya kita dapat mencari penjual semanggi. Entah kenapa sampai saat ini belum ada orang menjual semanggi di sebuah kedai. Mungkin karena khasnya penjual semanggi berkeliling dengan menggendong keranjang berisikan komposisi makanan semanggi ini. tapi tenang saja para penjual semanggi ini juga selalu mangkal kok walaupun tidak berupa kedai para penjual semanggi ini bisa sering kalian temukan di sekitar taman bungkul atau di dekat Masjid Al Falah, Jalan Raya Darmo.

Belum ada Komentar untuk 26 Tempat Wisata Kuliner Surabaya dan Sekitarnya Yang Enak

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 26 Tempat Wisata Kuliner Surabaya dan Sekitarnya Yang Enak

Tempat Wisata Kuliner Jakarta Barat Timur Utara Pusat & Selatan

20 Tempat Wisata Kuliner Jakarta Yang Enak & Murah Meriah

T 21 September 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Jakarta – Kalo udah jalan – jalan ke Jakarta rasanya belum lengkap kalo belum mencicipi makanan khas yang ada di berbagai pelosok ibu kota Indonesia ini, karena kota ini sendiri sangat luas bahkan saking besarnya di bagi menjadi beberapa... Selengkapnya

Tempat Wisata Kuliner Medan Yang Enak Murah & Wajib Dikunjungi

24 Tempat Wisata Kuliner Medan Yang Enak Murah & Wajib Dikunjungi

T 6 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Medan – Liburan memang kurang lengkap kalo belum mampir ke tempat wisata kuliner yang ada di kota Medan karena disini banyak sekali tempat makan plus tempat nongkrong seperti (resto dan cafe) yang enak, unik, buka 24 jam dan murah.... Selengkapnya

28 Tempat Wisata Kuliner Solo Pagi & Malam Hari Yang Enak Murah

28 Tempat Wisata Kuliner Solo Pagi & Malam Hari Yang Enak Murah

T 6 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Kuliner Solo – Kalo udah bahas tentang makanan memang gak akan ada habisnya khususnya yang ada di kota satu ini, yap kali ini admin akan membahas tempat wisata kuliner yang ada di kota Solo Jawa Tengah dan sekitarnya. Kalo kamu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

About Us

Tentang Kami Balazha.com merupakan sebuah situs dari perusahaan Tour & Travel yang menyediakan Paket Wisata, Sewa Mobil, Sewa Bus, Sewa Motor, Sewa Penginapan, Catering dan berbagai hal yang berhubungan dengan Travelling (Liburan). Saat ini kantor pusat Balazha.com berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga & orang - orang terdekat silahkan hubungi team kami untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mempermudah proses liburan anda. Selengkapnya Tentang Kami.

Contact Us

Halo buat kamu yang ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak kami di bawah ini, untuk pemesanan berbagai layanan Balazha.com juga bisa melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Ada pertanyaan khusus seputar Kerjasama & layanan kami? Jangan pernah sungkan untuk kontak kami sekarang juga, karena team kami sangat senang sekali membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan Balazha Indonesia secara online. Lihat Kontak Kami.