Beranda » Wisata Indonesia » 24 Tempat Wisata Malang Batu Yang Terbaru Gratis & Murah

24 Tempat Wisata Malang Batu Yang Terbaru Gratis & Murah

T Diposting oleh pada 3 Juni 2017
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 608 kali

Wisata Malang – Liburan adalah salah satu hal yang paling di tunggu oleh semua orang baik itu anak – anak, remaja, orang dewasa, hingga abg tuapun juga suka kalo udah denger kata holiday. Apalagi kalo liburannya di tempat yang adem – adem seperti suasana yang ada di kota Malang, Batu, Pujon dan sekitarnya pasti akan semakin bikin kamu betah untuk menghabiskan waktu saat liburan. Oiya saat ini ada banyak juga loh destinasi wisata yang ada di kota apel ini yang bagus, murah meriah, terbaru dan pastinya sangat hits.

Kota Malang merupakan surga wisata yang ada di wilayah Jawa Timur memiliki beragam lokasi wisata yang sangat unik beberapa mulai air terjun, pantai selatan, wahana permainan, perkebunan waduk atau bendungan, taman, wisata adrenalin, wisata edukasi dan berbagai tempat indah lainnya. pada saat pagi hingga malam hari juga banyak tempat nongkrong asik yang bisa kamu kunjungi. Beberapa obyek wisata yang cukup terkenal dan populer di internet menurut tim Balazha.com adalah sebagai berikut.

  1. Masjid Tiban

Masjid Tiban ini adalah salah satu Masjid terbesar di Malang, Jawa Timur dibangun oleh Romo KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam pada tahun 1976. Masjid ini terkenal di seluruh Jawa Timur bahkan hampir di seluruh Indonesia karena asal muasal dan isu yang muncul dari beberapa warga karena berdirinya Masjid ini yang menurut warga sekitar tidak wajar. Masjid Tiban ini berada dilokasi jalan KH Wahid Hasyim gang Anggur, Sananrejo, Turen, Malang, Jawa Timur. Konon katanya masjid ini berdiri karena dibangun oleh jin yang tak kasat mata dan hanya dalam waktu satu malam saja. Bagaimana warga tidak mengira seperti itu karena masjid ini tiba tiba saja muncul dan sudah berdiri di lokasi, selama pembangunan pun tidak pernah ada alat alat berat yang datang untuk membangun Masjid yang terdiri dari 10 lantai ini maka masyarakat setempat menamakan Masjid Tiban karena dalam bahasa jawa Tiban berarti jatuh, jadi masjid ini datang tiba tiba seperti jatuh dari langit. Masjid Tiban ini bukan menjadi Masjid yang biasa selain karena sejarahnya, masjid ini juga merupakan Pondok Pesantren. Bangunan megah yang berupa pesantren ini bernama Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahma yang mempunyai makna Laut Madu atau Fadilah Rahmat.

  1. Pantai Jembatan Panjang

Malang Jawa Timur ini memang memiliki banyak wisata terutama wisata alam seperti pantai. Memang pantai disana letaknya hampir berdekatan salah satunya adalah pantai jembatan panjang dengan pantai balei kambang, pantai jembatan panjang ini terletak di desa Sumberbening, kecamatan Bantur Malang. Pantai yang letaknya bredekatan dengan pantai Balai Kambang ini juga menyuguhkan panorama yang indah. Hamparan pasir putih yang diselingi dengan pecahan karang serta terumbu karang. Reruntuhan jembatan disana juga dapat menjadi daya tarik tersendiri karena pemandangan itu tidak dapat dijumpai di pantai pantai yang lain. Apalagi terdapat pepohonan yang rimbun serta pulau pulau kecil yang menjorok disekitar pantai seakan menambah keindahan pemandangan sekitar pantai jembatan panjang. Mengelilingi pantai dengan berjalan kaki menikmati ombak dan semilir pantai dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat kalian lakukan, atau hanya duduk menikmati pantai putih yang hangat karena paparan sinar matahari saat siang hari.  Bermain air pun dapat kalian lakukan disana namun berhati hati itu sangat diperlukan dimanapun kalin berada apalagi pantai disini merupakan pantai selatan yang terkenal dengan keangkuhannya akan ombak yang begitu hebat. Mitos yang hadir di pantai jembatan panjang ini pun juga ada yaitu runtuhnya jembatan panjang ini dikarenakan penghuni yang berbentuk astral tidak menyetujui jika dibangun jembatan yang menghubungkan antara pantai dan pulau yang ada disana. untuk itu dibiarkanlah jembatan ini runtuh dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berfoto.

  1. Pantai Balai Kambang

Pantai yang berdekatan dengan pantai jembatan panjang ini adalah pantai yang sangat terkenal di Indonesia dan tak jarang juga para wisatawan asing mengenal pantai balai kambang ini. Ada 3  pulau yang berjajar di pantai balai kambang ini dan nama nama pulau itu antara lain pulau Ismoyo, pulau Wisanggeni, dan pulau Anoman. pantai balai kambang merupakan destinasi yang wajib dikunjungi saat kalian berada di malang jawa timur. Mengapa? Karena pantai balai kambang ini sering disebut dengan tanah lot nya malang. Wah bukan? Disuguhkan dengan jembatan yang menjulang diatas laut sebagai penghubung antara pantai dan pura yang ada di tengah laut membuat pantai balai kambang ini dijuluki beberapa wisatawan sebagai tanah lotnya malang dan pulau Ismoyolah nama pulau yang memiliki pura tersebut. Pura ini bernama Pura Amerta Jati dan jika kalian ingin memasuki pura amerta jati ini kalian harus menaati beberapa peraturan yang ada disana sebagai penghormatan untuk pura amerta jati ini. selain menjadi wisata alam wisata ini juga kerap dijadikan wisata religi untuk mengunjungi makam Syaikh Abdul Jalil pada hari hari tertentu khususnya pada 1 sya’ban dan sedangkan umat hindu sering melakukan pemujaan di Pura Amerta Jati dan paling ramainya jika sedang melakukan pemujaan pada hari raya nyepi. Letak pantai balai kambang ini ada di Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang Jawa timur. Abadikan setiap momen kalian jika berada di tempat ini karena tidak aka nada penyesalan yang ada hanya rasa ketagihan dan ingin lagi untuk mengunjungi patai ini.

  1. Gua Lo Bangi

Bagi kalian yang pecinta alam, kalian tidak akan asing dengan nama Goa Lo Bangi. Gua ini dinamakan sedemikian karena sebenarnya terdapat 2 gua yang berdekatan yaitu Gua Lo dan Gua Bangi. Jika kalian hanya akan berlibur dengan melihat lihat sekitar gua ini atau sekedar berfoto di mulut gua merupakan niat yang salah, mengapa demikian, karena gua ini sebenarnya di peruntukan bagi kalian yang senang menjelajah sediakan satu harimu untuk mengunjungi Gua Lo Bangi ini. memang tidak membutuhkan waktu lama namun adrenalin dan ekstrimnya tempat ini membutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra agar dapat meyusuri tempat ini hingga usai. Lokasi gua lo bangi ini berada di dusun Ngeliyep, desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo kabupaten Malang. Selain penduduk local di daerah gua lo bangi ini, gua ini juga menyuguhkan keindahan yang tiada tara bukan hanya sekedar kedua gua yang terhubung di dalam, tantangan yang ada di dalam gua setra keindahan gua ini juga menjadi daya tarik para wisatawan local atau mancanegara. Bukan hanya cekungan cekungan batu ornament bebatuan seperti stalakmit, guordam dan adanya kolam serta keindahan keindahan lain bisa kalian nikmati disana. sebaiknya jika kalian ingin menyusuri gua ini gunakan pemandu agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Menjelajahlah bersama teman teman kalian agar wisata berada di dalam perut bumi ini menjadi lebih berkesan lagi.

  1. Pantai Tiga Warna

Pantai yang berada di Selatan Malang Jawa Timur ini menyuguhkan keindahan pantainya tersendiri. Memang terdapat 3 warna dalam satu pantai yang terjadi karena kedalaman pantai ini lah yang membuatnya mempunyai warna yang berbeda beda beda dan sungguh mengagumkannya karena warna tersebut bisa kita lihat dengan mata telanjang. Lakukan reservasi dan booking terlebih dahulu saat kalian ingin berwisata ketempat ini karena pengelolah pantai tiga warna ini hanya membatasi 100 pengunjung setiap harinya. Dilakukan batas maksimal pengunjung karena di pantai 3 warna ini merupakan kawasan konservasi yang masih sangat dilindungi dan untuk itu pula dilakukan perjanjian membawa kembali sampah yang kalian timbulkan saat berada di pantai tiga warna ini. pantai tiga warna ini berada di desa Sendang Biru kecamatan Sitiarjo kabupaten Malang Selatan Jawa Timur. Jika ingin lebih spesfiknya lagi kalian cukup memasuki wilayah konservasi Sendang Biru. Keindahan pantai ini sungguh luar biasa pasir yang putih, laut yang biru dengan berbagai lapis ditambah langit yang cerah membuat hati menjadi damai karena jauh dari polusi dan ramainya kepadatan kota apalagi ketiadaan sampah yang membuat tempat ini semakin terasa alami dan asri saja. Maka janganlah kalian hanya berada pada tempat yang memang mengharuskan kalian membawa sampah pulang, namun ke semua tempat wajib juga buat kalian membawa kembali sampah yang telah kalian timbulkan atau minimal jangan membuang secara sembarangan.

  1. Pantai Gatra

Pantai gatra salah satu pantai yang juga memasuki kawasan konservasi di malang bagian selatan ini. salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika kalian juga berada di pantai 3 warna. Menjadi satu kawasan pengelolahan yang sama membuat pantai tiga warna dan pantai gatra memiliki peraturan yang sama. Bedanya jika berada di pantai gatra tidak perlu melakukan reservasi dahulu. Namun surat perjanijan yang harus disepakati juga harus dijalankan yaitu tidak meninggalkan sampah saat berada di pantai ini. adapun sampah yang ada di pantai ini jikakalian mendapatinya sudah dipastikan bahwa sampah  tersebut dari pantai pantai lain yang terseret hingga pantai gatra bukan berasal dari wisatawan dan jika kalian mendapati sampah disana sebaiknya kalian pungut saja. Tapi jika kalian ketahuan telah membuang sampah sembarangan disana kalian akan mendapatkan hukuman serta denda sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan di awal. Sejarah pantai gatra ini pada jaman dahulu sebelum era revormasi pantai ini adalah sebuah hutan lebat mangrove yang kemudian menjadi lahan pertanian masyarakat. Perubahan yang begitu drastis itu membuat beberapa area tidak terurus dan tidak subur senghingga menjadi lahan tandus. Kesadaran masyarakat akan pentingnya masa depan membuat mereka akhirnya melakukan penyelamatan demi keberlangsungan hidup mereka sehingga kini pantai gatra telah masuk ke kawasan konservasi mangrove Malang selatan.

  1. Sendang biru

Pantai sendang biru merupakan pantai penghubung untuk menuju ke pulau sempu. Terletak di desa tambak rejo kecamatan sumber manjing wetan kota malang selatan dengan jarak kurang lebih 65 Km dari pusat kota malang hingga memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Agar dapat kesana belum terdapat angkutan umum yang mempunyai tujuan sana, pasti ada saja angkutan umum namun kalian harus oper beberapa kali agar kalian sampai disana. jika kalian menggunakan kendaraan pribadi mungkin akan menjadi terasa lebih menyenangkan karena hanya dalam satu kali perjalanan. Namun pada perjalanan tidak mulus begitu daja buh tenaga ekstra agar sampai di tempat tujuan. Dalam perjalanan kalian akan disuguhi tambang kapur yang masih beroperasi hingga yang sudah tak beroperasi lagi. Selain itu kalian juga harus melewati hutan yang memiliki banyak satwa liar antara lain kera yang tinggal di hutan tersebut. Walau pantai digunakan untuk parkir kapal tapi pantai ini masih bisa dinikmati kok dengan udara yang sejuk dan menikmati pasir putih di pantai. Selain bisa menikmati pantai, ada juga pasar ikan atau tempat pelelangan ikan yang cukup murah harganya. Namun harga harga yang dipatok pun juga menurut susah dan mudahnya mengambil ikan serta bahaya dan tidaknya ombak yang berdatangan. Adanya jenis ikan yang dijual disini adalah tongkol, kakap merah, kakap putih, bawal, layang, lobster, cucut pari dan masih banyak lagi.

  1. Pulau Sempu

Suatu pulau yang menjadi destinasi yang harus dikunjungi juga, dulunya mempunyai image pulau pribadi karena masih sepinya pengunijung dan termasuk surga dunia di bumi Malang Jawa Timur. Kini pulau sempu sudah terkenal hingga mancanegara. Pulau yang berbatasan dengan samudera hindia ini hanya dibatasi oleh danau alami yang terjadi karena kikisan ombak yang membuat pulau ini mempunyai keindahannya tersendiri dan tidak dimiliki oleh pulau pulau lain. Setelah melewati pantai sendang biru barulah kalian akan mendapati pulau sempu ini cukup membayar 150 ribu untuk kalian agar bisa menyebrangi pantai dan menuju pulau sempu ini. keindahan di pulau sembu tak berbatas dengan adanya danau alami itu sering kali pulau sempu ini di jadikan tempat berkemah bagi mereka yang  menyenagi alam. Karena memang butuh waktu agar kalian dapat menjelajahi pulau ini. untuk mendapati berbagai keindahan yang di suguhkan oleh pulau ini kalian tidak akan hanya berjalan santai kalian harus melewati bebatuan dan jalan setapak yang dipenuhi oleh batu batu karang dan membutuhkan tenga ekstra untuk kalian dapat menyelesaikan misi yang satu ini hehe. Perjalanan kalian nggak akan pernah sia sia karena pemandangan yang cukup eksotis membuat kalian sangat betah saat di pulau ini. ketika air surut dengan langit yang begitu cerah akan membuat kalian semakin termanjakan oleh indahnya tempat ini. siapkan diri kalian untuk menjelajahi indahnya pulau ini, takcukup hanya waktu stamina dan tubuh yang fit sangat dibutukan saat kalian berada disana. happy holiday.

  1. Pantai batu bekung

Pantai yang satu ini membuat kalian akan takjub dibuatnya, bagaimana tidak pantai ini masih sangat alami dan minim pengunjung. Pantai yang berhadapan langsung dengan samudera hindia ini dangat tidak aman jika kalian ingin berenang disini bahkan sangat tidak disarankan karena terdapat plakat bertuliskan No Swim pada area pantai. Menikmati deburan omak, sejuknya udara dan menantikan indahnya sunset di pantai ini pun sangat menggiurkan. Tapi dalam waktu tertentu kalian masih bisa bermain air kok karena pada sore hari pantai ini akan surut sama seperti matahari yang akan tenggelam. Tapi masih diwajibkan berhati hati yaa karena jarak laut dengan samudera mempunyai batas yang tidak terlihat. Jika ingin bercamping bangunlah tendamu pada batu bekung namun memang benar saja jika kalian ingin menaiki batu bekung haruslah berhati hati karena menaikinya tidak ada tangga yang dapat di lewati melainkan kalian harus menaikinya seperti menaiki bukut namun agak memanjat. Hati hati licin yak arena tak jarang batu bekung ini terciprat oleh ombak. Untuk dapat ke pantai batu bekung gunakan rute yang menuju sendang biru kemudian menujulah kearah pantai bajulmati karena pantai batu bekung ini hanya berjarak 2 km dari pantai bajul mati.

  1. Pantai bajulmati

Bajul mati dalam bahasa Indonesia berati buaya mati. Konon katanya pada jaman dahulu terdapat buaya yang mati disana sehingga tempat tersebut dinamakan bajul mati. Selain adanya buaya yang mati, disana juga terdapat batu karang yang besar dan berbentuk seperti buaya apalagi saat matahari tenggelam jika ada deburan ombak yang menyerbu bebatuan tersebut bebatuan itu seolah olah seperti buaya yang bergerak. Pantai ini dulunya tidak pernha terjamah hingga beberapa wisatawan berhasil membuat tempat ini menjadi tempat yang sering dikunjungi. Walaupun sudah menjadi tempat yang sering dikunjungi namun pantai masih menyuguhkan panorama panorama yang indah dengan udara sejuk dan pasir putih yang menggiurkan. Letak pantai ini berada di desa Gajahrejo kecamatan Gedangan Malang Jawa Timur. Pantai bajul mati ini berada 58 Km dari pusat kot Malang. Kurang lebih kalian akan menikmati perjalanan selama 3 jam dari pusat kota malang dengan arah ke sumbermanjing. untuk menemukan lokasi ini sangatlah mudah karena dimana kalian menemukan jembatan yang panjang seperti buaya yang mati berukuran 90 meter berbentuk setengah lingkaran maka dapat dipastikan kalian telah berada di pantai bajul mati. Jembatan ini dapat kalian digunakan untuk mengambil foto sebagai kenang kenangan bahwa kalian telahh berada di bajul mati. Perjalanan kalian akan menyenangkan karena dalam rute kalian akan disuguhkan banyak pemandangan dengan keekstriman jalan pegunungan yang membuat perjalanan semakin seru.

  1. Pantai Sipelot

Pantai ini termasuk pantai yang masih virgin lho, bagaimana tidak pantai ini masih sangat minim wisatawan, ya ada sih cuma hanya dari beberapa daerah sekitar saja itupun juga anak anak remaja yang nongkrong menghabiskan waktu. Asik banget kan ya nongkrongnya di pinggir pantai ala ala anak pantai gitu hehehe. Lokasi pantai ini terletak di desa pujiharjo kecamatan tirtoyudo kabupaten malang jawa timur. Salah satu pantai tercantik yang ada di malang jawa timur ini mempunyai pemandangan yang tiada duanya, pasir putih kecoklatan hingga garis pantai yang begitu panjang sehingga membentuk teluk benar benar menjadi panorama yang mengesankan. Nongkrong bareng sama anak anak yang ada disana menikmati indahnya pantai dengan melihat para nelayan yang lalu lalang menyusuri laut serta samudera membuat pemandangan semakin menyenangkan. Apalagi di sebelah timur pantai terdapat air payau yang hijau dengan berbagai tebing tebing bukit kapur yang ada disekitar membuat pandangan kita semakin luas untuk memandang. Oh iya konon nama sipeot ini berasal dari bahasa belanda yaitu spelot yang berarti persinggahan dan dulunya tempat ini adalah tempat singgah yang nyaman bagi para tentara tentara belanda. Tidak hanya itu ternyata disini juga terdapat air terjun yang bernama Coban Sipelot. Coban sipelot ini juga tidak terlalu tinggi hanya mencapai 10 meter saja namun arusnya sangat deras. Namun jika ingin ke air terjun kalian membutuhkan dana sekitar 50 ribu rupiah untuk perahu nelayan yang akan kalian tumpangi menuju air terjun sipelot.

  1. Pantai Wonogoro

Lagi lagi malang memiliki pantai yang masih minim pengunjung hingga pantai pantai tersebut bisah dibilang masih virgin karena masih sangat jarang untuk terjamah wisatawan. Dan lagi lagi pantai ini berada si malang bagian selatan waw, sungguh indah keagungan Tuhan YME karena diberikannya karunia bagi bumi bagian Malang ini. pantai ini tepat berada di desa Tulungrejo kecamatan Gedangan Kabupaten Malang Jawa Timur. Pantai wonogoro ini hampir sama dengan pantai pantai lain yang mempunyai ombak besar. Pantai ini hanya berisikan benar benar pasir putih sejauh 1 km dengan lautan lepas khas pantai selatan. Sayangnya di areal pantai ini terdapat perusahaan tambang pasir besi padahal keberadaan perusahaan ini sudah dtentang oleh warga sekitar karena warga juga takut bahwasanya perusahaan itu akan merusak alam sekitar pantai wonogoro ini. jika kalian berada di pantai wonogoro ini sebaiknya tidak berenang karena pantai dan laut ini merupakan pantai selatan. Apalagi disana masih sangat minim fasilitas hanya ada beberapa warung yang berdiri dan dikelolah warga setempat sendiri. Untuk menuju lokasi tidak terlalu sulit kok karena jalan menuju tempat ini sudah bagus hanya saja 2 km dari pantai memang masih rusak karena juga sering digunakan truk penambang besi melintas.

  1. Pantai Taman Ayu

Pantai kecil dengan sejuta kemegahan, ya ini adalah pantai taman ayu pantai yang masih menjadi satu pintun masuk dengan pantai nganteb tapi harus menyusuri bukit dengan jalan setapak menuju bawah selama tiga puluh menit untuk mendapati pantai ini. pantai eksotis dengan omak yang besar ditambah lagi pantai pasir putih kecoklatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalian yang sudah penat denga rutinitas pekerjaan selama sepekan, tempat ini pas banget menjadi wisata yang dapat menghilangkan stress kalian. Apalagi masih sangat amat jarang bagi para wisatawan datang ke tempat ini. jadi sunyinya tempat ini akan membuat kalian semakin relax saja. Fasilitas di tempat ini juga masih sangat minim menghingat yang kenal tempat ini juga masih sangat sedikit maka sebaiknya kalian jangan berenang di tempat ini. Di pantai manapun saat kita berkunjung baiknya selalu berhati hati apalagi pantai pantai tersebut merupakan pantai selatan. Karena angin yang bertiup sangatlah kenjang dan membuat ombak ombak yang datang sangat tinggi. Apalagi pantai selatan terkenal dengan mitos menjadi tempat tinggal nyi Roro Kidul. Tapi selepas ada atau tidaknya mitos berhati hati hati adalah satu hal yang wajib ya.

  1. Pantai Nganteb

Pantai ini lebih dulu terkenal dari pada pantai wonogoro dan pantai taman ayu. Untuk itu keindahannya tak kalah menarik dari kedua pantai tersebut. Pantai ini terletak di dusun Sukorejo desa Tumpakrejo Kecamatan Gedangan kabupaten Malang. Pantai ini sangat terkenal karena cocok buat kalian yang hobby surfing, gelombang yang besar dan tidak memiliki batu karang membuat tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan  mancanegara seperti Australia, kanada, amerika, dan inggris untuk berwisata serta mencoba surfing di tempat ini. ombak yang begitu besar memang sering sekali mampir di pantai ini untuk itu jika kalian sudah memasuki bibir pantai maka terdapat tulisan dilarang berenang. Bagi kalian warga Indonesia yang baik patuhilah setiap peraturan yang ada di tempat kalian berkunjung demi ke selamatan diri kalian masing masing. Tapi jangan khawatir bagi kalian yang ingin main air disini kalian bisa cobain muara sungai yang berada di sebelah timur pantai nganteb ini airnya bening juga kok sama seperti air di lautnya. Nikmati ombak di pantai nganteb ini serta pasir putih agak kecoklatan sudah membuat kalian merasa nyaman dan fresh ketika berada di pantai ini. jadi silahkan pilih ingin bersantai menikmati deburan angin dan ombak atau berendam di muara sungai yang tenang semuanya sama sama menyenangkan atau nikmati keduaanya sekaligus untuk menghabiskan waktu.

  1. Pantai Clungup

Pantai ini terletak di tepian samudra hindia dengan letak administrative di desa sitiarjo kecamatan sumbermanjing wetan kabupaten Malang Jawa Timur. Pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat luar biasa banyak orang dan wisatawan menyebut pantai ini sebagai pulau raja ampat ala malang. Maka jika kalian belum memiliki dana untuk pergi ke raja ampat yang ada di papua maka baiknya cobalah raja ampat ala malang ini terlebih dahulu. Lautan yang biru dengan pasir yang putih agak kecoklatan serta terdapat tebing tebing yang membentuk pulau kecil yang bertebaran di laut membuat tempat ini indah dengan kekhasannya. Suasana sepi dan nyaman dengan minimnya pengunjung membuat tempat ini semakin menjadi tempat idaman bagi para pecinta alam. Belum lagi murahnya akomodasi saat kita ingin menuju tempat ini karena hanya membutuhkan uang bensin saja maka kita dapat sampai ke tempat ini. oh ya sebaiknya menggukan kendaraan pribadi aja ya karena angkutan untuk kesana juga masih minim. Sedikitnya pengunjung yang kenal dengan pantai ini membuat pantai ini masih sedikit sampah. Alangkah baiknya jika kita berwisata kesana tidak meninggalkan jejak apapun kecuali langkah kaki kita. Menjaga kelestarian alam tanpa sampah sudah kewajiban kita untuk melakukannya dimanapun kita berada.

  1. Pantai Ngliyep

Pantai ngliyep berlokasi di kecamatan donomulyo tepatnya desa kedungsalam. Jika kalian berada di pusat kota malang maka jarak antara pusat kota ke tempat ini hanya sejauh 62 KM kearah Selatan kota Malang. Keindahan pantai ini masih sama seperti pantai pantai yang lain, merupakan pantai selatan dengan adanya batu batu karang yang besar. Bedanya dipantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang dinamakan Gunung Kombang dan konon di Gunung Kombang ini terdapat petilasan yang cukup sacral. Pantai ini juga dinamakan Teluk Putri, karena hamparan pasir putih yang ada di pantai ini putih dan sangat lembut bak seorang putri maka dinamakanlah teluk ini sebagai teluk putri. Pantai ngliyep ini masih tergolong pantai yang sunyi, sehingga kalian masih bisa mengeksplore tempat ini dengan sangat bebas untuk menghabiskan waktu menikmati keindahan yang ada di pantai ngliyep ini. merasakan pantai pribadi juka akan kalian rasakan jika berada di tempat ini. di pantai ngliyep ini kalian juga akan menemukan batu karang selain itu terdapat tebing yang cukup curam dengan adanya hutan lindung yang akan membentuk sebuah lanskap alami yang cukup indah dan sangat menakjubkan. Pada bulan Maulid tepatnya pada tanggal 15 di pantai ini akan digelar acara ritual yang berbentuk upacara. Upacara yang dilakukan dinamakan upacara Lapuhan. Upacara ini adalah bentuk dari sebuah upacara pengorbanan. Dimana diberikannya kepala hewan ternak untuk sesaji seperti kepala kambing dan juga sapi yang di larung di laut sebagai ritual. Konon upacara ini dilakukan untuk menghindarkan diri dari wabah penyakit.

  1. Pantai kondang merak

Pantai ini mempunyai letak yang tidak jauh dari balai kambang karena tempat ini memiliki arah yang sama dengan balai kambang jika dari pusat kota malang. Tepatnya berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini dinamakan kondang merak karena pantai ini memiliki kondang yaitu muara yang merupakan pertemuan air tawar dan air laut, dan pada jaman dahulu kondang tersebut banyak dihuni oleh merak. Namun ada tahun 1980an merak merak tersebut sudah punah karena adanya penangkapan liar yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab. Pantai kondang merak ini memiliki pasir pantai yang putih, garis pantai yang agak berlumut namun luas menjadi keindahan tersendiri di pantai ini. pantai ini pun sering sekali digunakan untuk snorkeling. Biota laut di pantai ini sangatlah bagus apalagi ombak yang melintasi pantai ini tidak banyak karena banyaknya tebing tebing yang mencegah ombak besar sampai ke pantai makanya sering kali wisatawan berenang dan melakukan snorkeling di pantai ini.

  1. Pantai Tamban

Pantai tamban ini merupakan bagian dari Desa wisata tamban. Tempat wisata pantai tamban yaitu pantai yang terletak di malang tepatnya di desa tambakrejo kecamatan sumbermanjingwetan Kabupaten Malang. Pantai ini dekat dengan sendang biru dan berada sejauh 65 Km dari pusat kota Malang. antai ini memiliki pasir berwarna putih yang terbentang sepanjang kurang lebih 1500 meter dengan sangat indah. Menikmati luasnya hamparan laut juga menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Berwisata di pantai ini tidak hanya sekedar menyusuri pantai dengan pasir lembut dan menikmati ombak di pinggirnya. Tapi ada lagi fasilitas yang di sediakan di pantai ini yaitu menaiki perahu. Dengan menaiki perahu kalian akan merasakan adrenalin dari ombak yang besar karena perahu seakan akan naik turun mengikuti deburan ombak yang menghantam. Di pantai ini juga disediakan fasilitas snorkeling buat kalian pecinta biota laut. Di sini juga sangat cocok buat para fotografer karena terdapat spot-spot obyek yang sangat indah, juga sangat cocok buat foto prewedding. Tertarik mengelilinginya sediakan buged yang cukup untuk kalian yang ingin menikmati semua fasilitas yang ada. Tapi dengan buged tipis kalian juga masih bisa kok menikmati indahnya pantai ini.

  1. Air Terjun Sumber Pitu

Destinasi satu ini merupakan salah satu lokasi yang masih jarang sekali diketahui wisatawan jadi masih sedikit pengunjungnya, namun memiliki pemandangan yang indah sekali, namanya sumber pitu atau dalam bahasa inggrisnya seven source dan dalam bahasa Indonesia tujuh sumber, Terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang, JawaTimur. Menurut beberapa sumber yang kami Tanya dan masyarakat setempat terdapat tujuh sumber yang berdekatan yang terletak di tebing sehingga memuncratkan air dan jadilah air terjun sumber pitu sekarang. Masih banyak yang percaya bahwa air terjun ini memiliki nilai magis bisa di bilang kepercayaan masyarakat tradisional, sehingga jangan heran jika masih ada orang yang sengaja datang melakukan ritual dan membawa air dari air terjun tersebut karena dianggap sebagai air suci. Namun meskipun masih memiliki nilai magis nan mistis air terjun ini cukup menawan jika di jadikan destinasi tujuan kalian. Air terjun Sumber Pitu ini terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Jika ingin menuju Sumber Pitu kalian harus menempuh tiga jalur yang cukup menantang, jalur pertama adalah offroad yang berlubang, berbatu, naik dan turun serta menanjak sejauh 2,5 km. untuk jalur yang kedua adalah jalur climbing atau mendaki kalian harus mendaki agar sampai ke jalur berikutnya tapi tenang saja pemandangan yang disuhguhkan sangat memanjakan kalian. jalur ketiga ini harus melewati jalan sempit dengan tebing curam di samping kanannya. lalu dilanjutkan dengan menembus tebing-tebing yang diselimuti oleh tumbuhan yang lebat. Bahkan pemandupun harus memakai sabit untuk membuka dan membersihkan jalan. Karena Jarak tempuh sampai Sumber Pitu masih sekitar 2,5 kilometer. Tertantang untuk melaluinya?

  1. Air Terjun Coban talun

Memiliki jarak yang tidak jauh dari selecta, yaitu sekitar 3,5 kilometer dan berada di DesaTulungrejo, Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu, Malang. Berada di lereng gunung Arjuna dengan ketinggian 950 Mdpl. Suhu udaranya sangat sejuk mencapai 18-23 C dengan topografi yang miring landai serta curah hujan 1.800 mm per tahun.  Air terjun ini mengalir dari ketinggian 75 m tak terbayangkan bagaimana keindahan dan keeksotisan dari air terjun ini. coban talun ini juga terkenal dengan adanya pelangi yang berada di sudut antara pepohonan hijau dengan tebing tebing yang sangat memukau. Setelah kalian tiba di parkiran pintu masuk coban talun anda masih harus berjalan kaki melawati hutan pinus yang sangat indah dengan udara sejuk, sebelum melewati hutanpinus juga harus melewati 2 aliran sungai jadi anda harus hati-hati ketika akan menyebrang. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena pengelola sudah memasang tanda-tanda petunjuk jalan menuju coban talun. Air terjun ini memiliki keindahan yang unik karena di bawahnya terdapat bebatuan yang besar-besar, dengan arus air yang jatuh sangat keras ditambah dengan hembusan angin yang kencang. Pemandangan disini memang cukup bagus tapi kami sarankan jangan terlalu dekat dengan batu-batu yang di aliran air ketika ingin selfie karena sangat licin.

  1. Wisata Sumber Air Krabyakan

Salah satu wisata air di malang adalah wisata sumber air krabyakan. Wisata berupa kolam dengan mata air alami yang sangat jernih dan begitu menyegarkan membuat wisata ini menjadi salah satu wisata yang menarik untuk kalian kunjungi. wisata air Sumber Krabyakan menyimpan berjuta pesona, terutama dengan keindahan panorama alamnya yang begitu eksotis serta mengagumkan dan sayang sekali untuk dilewatkan. Pertama kali kalian menginjakan kaki di tempat ini kalian akan berdecak kagum dengan kealamian tempat ini wisata Sumber Air Krabyakan berada di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, di kawasan hutan Perhutani petak 38F RPH Cowek, BKPH Lawang Timur, KPH Pasuruan. Wisata sumber air krabyakan ini berasal dari mata air pegunungan maka tak heran jika tempat ini serasa sejuk dan alami dengan panorama yang begitu memukau. Dengan bentuk, struktur dan juga kejernihan air yang menjadi kolam renang alami, kamu bakal jarang nemuin tempat yang sama. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk me-refresh tubuh dan melepas lelah setelah sepekan bekerja. Tapi objek wisata sumber mata air krabyakan ini masih perlu banyak pembenahan, dari segi fasilitas sampai sarana dan prasarana untuk pengunjung. Terutama untuk mereka yang berada luar kota.

  1. Masjid Agung Malang

Setiap wisatawan membutuhkan tempat peribadatan yang nyaman dan aman apa lagi seorang muslim mereka melakukan kewajiban beribadah secara 5 waktu., dan jika berlibur mereka dapat menjamak Ibadah mereka, walaupun dijamak pun mereka tetap membutuhkan waktu dan kesempatan untuk beribadah karena ketika berlibur pastinya kalian membutuhkan waktu seharian kan diluar rumah. Untuk itu bagi kalian yang beragama islam yaitu umat muslim masjid agung malang ini bisa menjadi salah satu destinasi kunjungan kalian yang ingin beribadah namun tetap bisa bersantai dan menikmati tempat peribadatan. Bangunan masjid agung ini cukup mempesona. Dibangun pada tahun 890 M di atas tanah Goepernemen atau tanah negara sekitar 3.000 m2. Menurut prasasti, masjid ini dibangun dengan dua tahap yaitu tahap pertama pada tahun 1890M dan tahap kedua tahun 1903. Bangunan masjid ini berbentuk bujurangkar berstruktur baja dengan atap tajug tumpang dua dan sampai saat ini bangunan asli itu masih dipertahankan keberadaannya. Bangunan Masjid ini di topang oleh empat sokoguru utama yang terbuat dari kayu jati dan 20 tiang yang bentuknya dibuat mirip dengan 4 kolom itu, dibangun dengan penuh tirakat dan keihlasan para pendirinya dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dikarenakan masjid ini merupakan satu satunya masjid terbesar yang ada di Malang maka dikenalah masjid ini sebagai Masjid Agung Jami’ Malang.

  1. Alun Alun Tugu Kota Malang

Setiap kota pasti mempunyai taman kota yang biasa menjadi ikonik kota masing masing. Tak luput juga dari imange kota yang mempunyai ikon Kota Malang ini juga memiliki Alun-Alun kota yang sangat terkenal dari masa kemasa. Dan seperti monument lainnya alun alun tugu ini juga memiliki sejarah dan keunikan sendiri. Didirikan dan dibangun pada masa pemerintahan colonial belanda bangunan ini masih berdiri kokoh dan tetap lestari hingga saat ini. Nama pertama Alun-Alun Tugu adalah JP Coen Plein sebagai penghormatan kepada Gubernur Jenderal Jaan Pieterzoen Coen (dikenal juga sebagai pendiri Batavia). Tujuan pembangunan dari taman JP Coen Plein ini sebagai pelengkap dari halaman gedung Kegubernuran Hindia-Belanda. Monument ini sempat runtuh saat agresi militer I karena belanda yang lagi sebel sama arek arek malang yang gigih dalam perjalanannya. Puncak dari monumen tugu yang berbentuk bambu tajam menjadi lambang bambu runcing sebagai senjata yang digunakan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah. Rantai menjadi lambang persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia yang tidak dapat dicerai beraikan oleh para penjajah. Bintang yang mempunyai 17 pondasi serta 8 tingkat dan juga tangga berbentuk 4 dan 5 sudut menjadi lambang hari kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 1945. Paduan antara taman, kolam teratai, air mancur, monumen tugu serta Balai Kota Malang membuat alun-alun Tugu menjadi buruan para pecinta foto. Bersepeda di alun-alun Tugu Malang juga merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan saat pagi maupun sore hari. Jadi buat kalian yang sedang berada di malang mampirlah ke alun alun ini agar dapat mengabadikan salah satu sejarah yang ada di Malang.

  1. Teluk Bidadari

Satu lagi destinasi yang paling kece dan hits cocok bangt buat kalian yang suka upload foto di instragram. Teluk bididri mungkin masih sedikit yang mengenal nama ini tapi sekali mengenal dan berkunjung di jamin deh kalian akan betah dan pengen balik lagi ketempat ini. teluk bidadari ini adalah sebuah genangan yang berbentuk lingkaran dengan air berwarna biru kehijauan. Teluk ini terletak di di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Malang. Tak perlu bingung mencarinya cukup menuju ke pantai Mbehi. Area ini masih dalam kawasan Hutan lindung di Bantur Lho makanya tempat ini masih sepi pengunjung. Nah, kalau kalian udah sampe di Pantai Mbehi, kalian harus melakukan tracking ke bukit di bagian timur untuk bisa sampai di Teluk Bidadari ini. Lama waktu tracking sekitar 30 sampai 40 menit cukup menguras tenaga tentunya. Untuk itu kalian wajib banget buat siapin mental dan fisik kalo ingin pergi ke teluk bidadari ini. gimanapun trackingnya dan sesulit apapun perjalanannya tapi kalian pasti menikmatinya karena setiap perjalanan akan menyuguhkan alam yang indah. Tapi disini punya aturan dimana kalian harus menggunakan guide jika ingin ke teluk bidadari ini biayanya cukup murah kok hanya 10 ribu rupiah per orang. Kenapa harus ada guidenya? Karena perjalanan tracking melewati hutan denganberbagai satwa yang dilindungi. Nah supaya perjalanan kalian tetap aman patuhi setiap aturan ya.

1 Komentar untuk 24 Tempat Wisata Malang Batu Yang Terbaru Gratis & Murah

  • Sara berkata:

    Berapa total 6 dewasa 2 kanak kanak
    Untuk ke bromo
    Malang
    Kota batu
    Kota surabaya

    Untuk sewa 4 hari siap dengan supir,petrol tol

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 24 Tempat Wisata Malang Batu Yang Terbaru Gratis & Murah

Obyek Tempat Wisata Semarang Romantis

24 Tempat Wisata Semarang dan Sekitarnya Yang Terbaru + Romantis

T 5 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata Semarang – Travelling Yuk Bos! Kalo udah jalan – jalan rasanya semua jadi menyenangkan, oiya ngomongin soal traveling ternyata sekarang ada banyak tempat wisata di kota Semarang Jawa Tengah dan sekitarnya yang terbaru, lagi hits, plus romantis pastinya. Ada... Selengkapnya

Objek Tempat Wisata Lombok Yang Wajib Dikunjungi dan Menarik

23 Tempat Wisata Lombok Yang Menarik & Wajib Dikunjungi

T 6 Juni 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata Lombok – Pulau ini merupakan salah satu surga wisata terindah yang ada di Indonesia, meskipun nama lombok island tidak se populer pulau tetangga (Bali) namun menurut saya destinasi wisata yang ada di Lombok lebih bagus daripada Bali karena masih... Selengkapnya

Tempat Wisata Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi & Lagi Hits 2017

20 Tempat Wisata Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi & Lagi Hits 2017

T 23 September 2017 F A iqbalazhari.com

Wisata Jogja Jawa Tengah – Selain terkenal dengan destinasi wisata kulinernya ternyata kota jogja / Daerah Khusus Yogyakarta juga memiliki segudang tempat wisata alam yang sangat banyak sekali mulai dari wisata pantai, wisata sejarah, wisata gunung, danau, wisata adrenalin dan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

About Us

Tentang Kami Balazha.com merupakan sebuah situs dari perusahaan Tour & Travel yang menyediakan Paket Wisata, Sewa Mobil, Sewa Bus, Sewa Motor, Sewa Penginapan, Catering dan berbagai hal yang berhubungan dengan Travelling (Liburan). Saat ini kantor pusat Balazha.com berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga & orang - orang terdekat silahkan hubungi team kami untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mempermudah proses liburan anda. Selengkapnya Tentang Kami.

Contact Us

Halo buat kamu yang ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak kami di bawah ini, untuk pemesanan berbagai layanan Balazha.com juga bisa melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Ada pertanyaan khusus seputar Kerjasama & layanan kami? Jangan pernah sungkan untuk kontak kami sekarang juga, karena team kami sangat senang sekali membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan Balazha Indonesia secara online. Lihat Kontak Kami.